Monday, February 2

Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Microsoft Word

Cara Mengetahui Jumlah Kata Paragraf Baris Data Microsoft Word

Banyak penulis (terutama pemula seperti saya) yang bertanya-tanya, bagaimana mengetahui jumlah karakter sebuah tulisan? Ada pula yang bertanya seperti ini, “Kira-kira berapa halaman sih 5.000 ribu karakter itu?” Hehehe…

Mengetahui jumlah persis karakter sebuah tulisan tidak bisa dikira-kira dengan jumlah halaman, karena itu tergantung berapa spasi dan font tulisan yang digunakan. Kalau dihitung manual, rasanya akan cape, Lalu bagaimana dong caranya? Berikut ini cara gampangnya:

Dalam Microsoft Word (MS Word) telah tersedia fasilitas atau fitur untuk menghitung jumlah kata, jumlah huruf/karakter, jumlah paragraf, dan jumlah baris. Fitur tersebut adalah Word Count. Dengan fitur tersebut, semua data tentang jumlah kata dan seterusnya itu akan kamu dapatkan secara cepat dan akurat, bahkan ada pilihan karakter dihitung dengan yang menggunakan spasi (Characters with space) atau yang tidak menggunakan spasi (Characters no space).

Kamu pun dapat menghitung kata atau huruf sesuai dengan kata atau kalimat tertentu saja di mana kalimat tersebut harus kamu blok atau kamu seleksi terlebih dahulu. Jika tidak ada yang diblok, berarti seluruh kalimat akan dihitung. Untuk memunculkan fasilitas Word Count di MS Word 2007, silahkan ikuti dua langkah berikut:

Buka ribbon Review kemudian pada group menu proofing klik Word Count
Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Microsoft Word

Maka jendela Word Count akan muncul dengan rincian jumlah yang diperlukan.
Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Microsoft Word

Demikian Cara mengetahui jumlah kata, huruf atau karakter di Ms word 2007/2010/2013

1 komentar so far


EmoticonEmoticon