Wednesday, February 18

Error P10/B200 Pada Printer Canon MP287

Cara Service Printer Canon MP287 Error P10/B200

Permasalahannya Error P10 itu adalah error yang tidak spesifik, error yang dikarenakan kegagalan part secara umum, dan itu bisa karena power supply (kurang power / Lemah), mainboard (ada komponen pada board yang tidak bekerja seperti seharusnya), bisa karena bord pada carried unit (rumah catrid), dan bisa juga karena cartridge mengalamai short.

Cara Memperbaiki Error P10/B200 Pada Canon Mp287

Catrid
Coba cek cartrid apakah keduanya masih normal atau bermasalah, terutama pada bagian chip yang sering kotor karena terkena cipratan tinta, kemudian test di printer lain, jika tetap bermasalah maka harus ganti cartridge.

Carried Unit

  • Cek carried unit (tempat cartridge pada printer) biasanya pada bagian ini juga sering kotor karena tinta, sehingga menyebabkan konslet, coba bersihkan bagian chip dengan tisue dan cairan pembersih atau bisa juga dengan alkohol, 
  • Ganti Carried Unit yang sejenis yaitu ip2770, MP237, MP258, MP287 atau yang menggunakan seri cartrid 810/811

Power Supply/Adaptor
Permasalahan Error P10/B200 juga bisa terjadi karena adaptor sudah lemah, coba Ganti Power Supply Printer dengan power supply yang lain, bisa pinjem pada printer yang normal, untuk memastikan kerusakan.

Dinamo Mekanik
Permasalahan Error P10/B200 juga bisa terjadi karena Dinamo mekanik tidak bekerja secara maksimal, dinamo mekanik ini letaknya di sebelah kiri printer dekat dengan timing disk
Error P10/B200 Pada Printer Canon MP287

Mainboard
Error P10/B200 pada printer MP287 dikarenakan ada salah satu komponen mainboard yang rusak. Cek Jalur antara Fuse (F) sampai Ke (IC),  cek R301 dan R302 sampai ke IC cari bagian yang putus. Biasanya yang rusak atau yang putus adalah Resistornya. Cek R301 (R752) dan R302 pada bagian mainboard yang di kasih slotip hitam, bila terputus atau terbakar, maka printer akan mengalami kerusakan P10 atau B200. Silahkan di ganti dengan nilai yang sama
Cara Service Printer Canon MP287 Error P10/B200

Cara Mengatasi Eror P10 atau B200 ini dari pengalaman saya pribadi , mungkin dalam suatu kasus kerusakanya akan beda-beda, soalnya saya sudah mengalaminya semua, ada yang dengan cara pertama berhasil dan ada yang tidak, bahkan sampai mengganti motherboard saja ada yang berhasil dan ada yang tidak.
Karena kerusakan ini bisa komplikasi. Kalau sudah terkena power supply nya biasanya motherboard juga kena dampaknya bahkan sampai ke head printernya. sekian dan trimakasih, semoga bermanfaat.

Apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di komentar atau ada yang mau share pengalaman pribadi mengatasi eror P10 pada printer canon ini silahkan tulis di kolom komentar. Indahnya Berbagi sob.

2 komentar

kerusakan error p10 memang susah, pengecekannya dimulai dari yg gampang dulu aja mas, mulai dari catrid, tempat catrid, adaptor, scaner, trus ke mobonya


EmoticonEmoticon