Wednesday, February 4

Printer Canon MX397 Support Code 5100 (Printer Error Occurred)

Berikut pesan yang muncul pada dekstop komputer "a printer error has occurred. Turn the printer off. Then check that there are no foreign objects in the printer and that the ink catridges are installed properly. After that, turn the printer on again". Maksudnya adalah "Sebuah error terjadi. Matikan printer. Kemudian, periksa apakah ada benda asing pada printer dan apakah katridge sudah dipasang dengan benar".

Printer Error 5100 pada Printer MX397 disebabkan oleh adanya kertas yang terjepit. Kertas ini bisa terjepit pada cover belakang ataupun cover depan printer, atau juga bisa disebabkan karena ada sesuatu yang menghambat pergerakan dari Cariage Unit terutama yang menggunakan sitem infus atau CISS.


Pesan error serupa juga ditampilkan pada panel LED di Printer MX397. Pesan itu menyatakan bahwa “Printer Error Occurred. Support Code 5100”.
Printer Canon MX397 Support Code 5100

Mengatasi Error 5100 Printer Pixma MX397 

Kertas Yang Terjepit
Kertas dapat terjepit pada cover bagian belakang maupun cover bagian depan. Untuk mengeluarkan kertas yang terjepit silahkan buka cover belakang dengan mengangkat sedikit printernya dan menggeser covernya sesuai arah tanda panah. perhatikan tanda panah pada penutup belakang tersebut. Kemudian tarik pelan-pelan kertasnya.
Untuk mengeluarkan kertas yang terjepit pada cover depan, silahkan tarik saja covernya seperti saat kita akan membuka katridge dari tempatnya. Kemudian tarik pelan-pelan kertasnya. Hati-hati jangan sampai sobek.

Rapikan Selang Infus / CISS
Apabila printer sudah menggunakan sistem infus / CISS coba cek selang infus apakah menghambat cartridge atau tidak, bisa dibuka cover printernya kemudian cek apakah gerakan cartridge ke kanan dan kekiri lancar, karena selang infus yang tidak tertata dengan rapi akan menghambat pergerakan dari cariage unit sehingga memunculkan error 5100, jika masih sering eror coba beri pelumas pada rollernya.

Motor Mekanik
Cek mekanik dengan menggerak-gerakan adakah keanehan yang terjadi. Kemungkinan juga terjadi kerusakan pada motor penggerak mekanik di dekat sensor timing disk. Motor mekanik yang karatan menyebabkan seluruh mekanik bermasalah.

Gear Mekanik Patah
Gear mekanik yang patah atau aus juga bisa menyebabkan printer mengalami error 5100 atau kegagalan dalam mencetak

Demikian Cara mengatasi atau memperbaiki Printer Canon MX397 Support Code 5100 semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon