Tuesday, January 5

Mengatasi Blink/Error Pada Printer HP Deksjet (HP Deskjet D2566, 3535, 3420, 3920, 2466, D2666)

Mengatasi Blink/Error Pada Printer HP Deksjet
Dalam masalah error,,,sebenarnya semua printer itu sama, baik Printer Canon, Epson maupun HP ada saatnya akan mengalami error karena masalah yang bermacam macam.

Printer HP Deskjet terkadang memang mengalami eror atau blink (berkedip) pada lampu indikatornya, baik indikator cartridge maupun indikator power. Jika sudah blink maka printer tidak bisa di gunakan untuk mencetak.

Bagaimana Cara Mengatasi Blink (Kedap Kedip) Pada Printer HP Deskjet

Berikut tips cara mengatasi Blink pada printer HP deskjet, hampir berguna buat semua printer HP seri deskjet, misal HP Deskjet D2566, 3535, 3420, 3920, 2466, D2666, karena sistemnya hampir sama.

Apabila yang berkedip adalah lampu indikator powernya, maka bisa dipastikan ada salah satu atau kedua cartridge yang tidak berfungsi atau bisa jadi tidak terbaca oleh printer. cara mengetahuinya sebagai berikut :

  • Lepas salah satu cartridge printer, misalkan yang hitam terlebih dahulu
  • Printer tetap dalam keadaan menyala, dan tutup kembali cover printer
  • Perhatikan lampu indicator powernya, apabila lampu power sudah tidak berkedip (nyala penuh) maka dipastikan cartridge warna masih normal.
  • Ulangi langhkah di atas,cabut cartridge warna, dan pasang cartridge hitam, tutup kembali covernya
  • Perhatikan kembali lampu indikator powernya, apabila berkedip, maka dipastikan cartridge hitam bermasalah atau tidak terdeteksi oleh printer.
  • Bersihkan pin cartridge yang bermasalah menggunakan penghapus pensil, lap dengan tisu yang di olesi cairan pembersih / Alkohol dan coba pasangkan kembali cartridgenya
  • Jika lampu indikator masih berkedip, ganti cartridge yang bermasalah dengan yang baru.

Apabila lampu indicator power normal, tetapi lampu indikator cartridge/tinta yang berkedip atau menyala maka kemungkin yang rusak adalah sensornya (encoder). Encoder ini terletak di belakang head cartridge, dibuat dari bahan mika berbentuk persegi panjang membentang dari ujung kiri ke ujung kanan printer. Biasanya sensor ini terganggu/rusak karena terkena cipratan tinta atau pelumas pada printer. Solusinya sebagai berikut :

  • Periksa Encodernya, kotor terkena tinta atau tidak, atau bisa jadi karena pelumas berwarna putih yang menempel di encodernya.
  • Bersihkan encoder menggunakan tisu secara pelan pelan, jangan sampi sensor ini copot, karena kalau copot maka box printer harus di bongkar untuk memasangnya.
  • Coba nyalakan lagi printernya
  • Jika tetap tidak bisa, ganti sensor dengan yang baru, atau dengan sensor dari printer lain yang masih berfungsi.

Demikian solusi dalam memperbaiki printer HP deskjet blinking, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon