Monday, October 3

Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi

Semakin sering dan lama digunakan printer akan semakin rewel dan ini memang sebuah kewajaran. Letak masalah yang paling sering muncul adalah pada bagian Cartridge. Berikut ini saya akan mencoba berbagi mengenai printer epson Epson C90, T10, T11, T20, dan mungkin jenis TX yang tidak mendeteksi catridge. Cirinya walaupun printer epson sudah direset, tapi tetep saja lampu merah menyala terus. dan itu menandakan bahwa Catridge tidak terdeteksi.
Memang ada beberapa kemungkinan, Epson Catrdige Tidak Terdeteksi :

  • Catridge tidak pas terpasang di rumah catridge, caranya Lepas catridge dan pasang kembali
  • Pin catridge kotor. caranya : coba bersihkan dengan penghapus pensil di bagian yang saya kasih panah. Kalau diperlukan bersihkan dengan menggunakan amplas halus atau cutter.
Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi
  • Catridge Epson memang rusak, berarti harus diganti
  • Konsletnya rumah catridge karena tinta yang bocor, Kotoran dan debu yang lembab.
  • Board Printer Epson rusak.

Cara Servis Printer Epson C90, T10, T11, T20 Catrdige Tidak Terdeteksi

  • Bongkar printer dan ambil boardnya.
Cara Bongkar Printer Epson T20
Lepas 2 buah skrup pada bagian belakang printer.
Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi
Lepaskan pengunci casing pada sisi kanan dan kiri body printer, dengan menggunakan obeng minus kecil, di cungkil ke arah luar.
Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi
Tekan ke arah luar, casing yang mengunci di belakang tempat kertas (paper feeder). Terdapat 4 buah pengunci. Hati2 jangan sampai patah. Kemudian geser ke arah depan printer, utuk melepas pengunci bagian depan casing printer.
Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi
setelah casing bisa dibuka, tinggal melepas boardnya.

  • Perhatikan gambar berikut ini, dibagian yang saya lingkari itu adalah “fuse atau sekring ” kecil. simbolnya F, apabila sekringnya putus itulah yang menyebabkan kenapa catridge epson tidak terdeksi walaupun sudah diganti dengan catridge yang baru. Untuk dapat mengetahui atau mengecek apakah sekring putus atau tidak dengan menggunakan Multitester dengan OHMmeternya, kalo tidak menunjuk angka nol berarti sekring putus.

Printer Epson T20 Cartridge Tidak Terdeteksi

  • Ganti sekring yang putus itu dengan sekring yang masih OK anda dapat mencarinya di board komputer yang rusak. Atau kalau anda susah mencari, diakali saja dengan menggantinya pakai kabel satu serabut saja (langsung dihubungkan / di jumper ). Tapi cara ini beresiko kalo terjadi konslet ulang.
  • Pasang kembali boardnya dan silahkan dicoba.

Demikian cara memperbaiki Printer Epson C90, T10, T11, T20 yang Catridnya Tidak Terdeteksi.
semoga bermanfaat....


EmoticonEmoticon