Wednesday, November 2

Kode Error Canon iR5000/IR6000 dan Penjelasannya

Ada beberapa yang perlu di ketahui oleh pengusaha penggandaan dokumen atau fotocopy tentang masalah-masalah apa saja yang dapat muncul pada mesin fotocopy, tentunya dengan meminimalisir error yang terjadi dapat mendongkrak profit usaha didunia per fotocopy-an.

Berikut akan di bagikan beberapa tips kode error yang dapat muncul pada mesin fotocopy iR5000 dan solusinya :

Kode Error Canon iR5000/IR6000

E000
Penyebab Utama          : thermistor utama (TH1) mengalami korsleting atau sirkuit ternal tidak terpasang dengan baik/terbuka. (TP1) cek sirkuit pemanas barang kali terbuka dan harus di perbaiki. RSK Faulty DC pengendali PCB Faulty dengan mode deteksi : 0000 setelah saklar daya utama dihidupkan, suhu yang terdeteksi oleh thermistor utama tidak mencapai 70ºC.

(kesalahan harus direset dalam modus layanan ( COPIER > FUNGSI > CLEAR > ERR )

E001
Penyebab Utama          : telah mendeteksi Overheating dan thermistor utama atau sub thermistor telah mendeteksi sekitar 230ºC atau lebih tinggi, selama 2 sec.

(kesalahan harus direset dalam modus layanan ( COPIER > FUNGSI > CLEAR > ERR )

E002
Penyebab Utama          : Suhu dari atas Fixing Roller tidak mencapai 100ºC dalam waktu 2 menit setelah itu tidak melampui 70ºC. (kesalahan harus direset dalam modus layanan ( COPIER > FUNGSI > CLEAR > ERR )

E003
Penyebab Utama          : suhu terdekteksi oleh thermistor utama adalah 70ºC selama 2 sec atau lebih setelah itu telah reaced 100ºC. (kesalahan harus direset dalam modus layanan ( COPIER > FUNGSI > CLEAR > ERR )

E004
Penyebab Utama          : RSK yang digunakan untuk memperbaiki drive pemanas yang ditemukan memiliki kesalahan pada sirkuit arus pendek ( mendeteksi sirkuit keras ). (kesalahan harus direset dalam modus layanan ( COPIER > FUNGSI > CLEAR > ERR )

E005
Penyebab Utama          : Kesalahan pada sensor web long ( PS45 ). Panajng web yang telah dikeluarkan lebih dari panjang yang ditentukan. Perhatian : Setelah mengganti Web, pastikan untuk me-reset dua counter web dalam modus layanan ( COPIER > COUNTER > MISC > FIX-WEB dan COPIER > COUNTER >> DRBL-1 > FX-WEB.

E010
Penyebab Utama          : Motor Utama ( M2 ) Rusak. DC Controller PCB Faulty. Pulsa clock yang tidak tiba selama 2 sec atau lebih setelah sinyal penggerak motor utama ( MMFG ) telah dihasilkan.

E012
Penyebab Utama          : Motor Drum ( M1 ) rusak. DC Controller PCB Faulty. Pulsa clock yang tidak tiba selama 2 sec atau lebih setelah sinyal motor drive drum ( DMFG ) telah dihasilkan.

E013
Penyebab Utama          : Feedscrew limbah toner rusak. Limbah toner jam (MSW2) rusak. Yang artinya rotasi dari feedscrew toner limbah keluar dari pesanan, dan saklar (MSW2) ditekan beberapa kali selama periode waktu tertentu.

E014
Penyebab utama          : Motor Drive (M19) rusak. Sinyal clock motor terdeteksi selama 2 sec atau lebih terus menerus setelah memperbaiki motor drive yang telah di hasilkan.

E020
Penyebab Utama          : konektor Hopper dibiarkan terputus. Saat mencetak, pasokan toner adalan “ 0 “ atau bisa di bilang tidak adanya toner selama 2 menit.

E032
Penyebab Utama          : penyalin data controller atau perangkan diagnostic remote rusak. Meskipun begitu terhubung, penyalin data controller perangkat diagnostic jarak jauh memungkinkan terputus.

E061
Penyebab Utama          : Rana Laser rusak, Unit Laser rusak, pengukur PCB berpotensial rusak. Sebagai hasil dari control potensial, potensi permukaan drum (VL2) dari latar belakang white adalah sekitar 200V.

Yang artinya menghasilkan gambar hitam padat. 0,0002 output pengisian utama yang digunkan untuk output cetak dan potensial permukaan drum setelah output laser telah dibuat sekitar 200V

E100
Penyebab Utama          : BD PCB rusak atau Unit laser rusak. 0001 dalam 100 msec setelah sinyal hard laser telah dihasilkan, sinyal pada BD tidak terdeteksi dalam 50 kali atau lebih dalam 40 msec. 0002 sementara laser aktif, siklus sinyal BD di temukan berada di luar jangkauan aspecific 10 kali atau lebih.

E110
Penyebab Utama          : Scanner Laser Motor (M15) Rusak. Setelah laser scanner bermotor sinyal drive telah dihasilkan, sinyal motoric (LMRDY *) tidak datang untuk 15 sec atau lebih. ( berhenti – kecepatan penuh – setengah kecepatan – kecepatan penuh ) selamam periode kecepatan penuh – kecepatan setengah, sinyal motor yang dihasilkan tidak datang selama 60 sec atau lebih setelah sinyal mengubah kecepatan. Dengan interval 100msec

E121
Penyebab Utama          : pendingin fan controller rusak. Meskipun pendingin fan sedang di dorong, sinyal clock (FM4LCK) tidak datang selama 5 sec atau lebih. Dan ketika data di tulis ke EEPROM, data tidak match.

E202
Penyebab Utama          : sensor pemindai HP ( PS39 ) rusak, Motor pemindai (M3) rusak. Sensor pemindai HP tidak mematikan bahkan ketika pemindai telah di pindahkan 40 mm maju setelah saklar daya utama telah diaktifkan atau tombol start telah pressed. Pemindai sensor HP tidak menyala, bahkan ketika pemindai telah di pindahkan 450 mm kode reverse caoution tidak diindikasikan, dan tombol terkunci, kode tsb dapar diperiksa dalam Modus Layanan : ( COPIER > DISPLAY > ERR ).

E204
Penyebab Utama          : ADF PCB controller rusak. Saat mencetak, gambar permukaan tepi sinyal tidak datang dari kode ADF, Caution tidak diindikasi, dan tombol terkunci. kode tsb dapar diperiksa dalam Modus Layanan : ( COPIER > DISPLAY > ERR ).

E220
Penyebab Utama          : Lampu Inverter PCB rusak. Lampu Inverter PCB ditemukan memiliki kesalahan.

E225
Penyebab Utama          : Lampu pemindaian (xenon tabung)rusak. PCB inverter rusak. Sebuah level sinyal tertentu tidak dapat dicapai oleh koreksi mendapatkan CCD pada daya-On. Tepi koreksi nilai berubah lebih dari tigkatan tertentu dibandingkan dengan nilai koreksi digunakan untuk lembar sebelumnya.

E240
Penyebab Utama          : Controller PCB utama, sebuah kesalahan yang terjadi dalam komunikasi antara PCB pegendali utama dan CPU dari DC kontroler PCB.

E243
Penyebab Utama          : Panel control CPU PCB rusak. Sebuah kesalahan telah tejadi dalam komunikasi antara CPU dari panel control CPU PCB dan PCB pengendali utama.

E248
Penyebab Utama          : EEPROM pada pembaca PCB controller rusak.ID membaca ke EEPROM ketika saklar daya utama telah diaktifkan dan ID dalam ROM tidak match dan tidak ditemukan cocok.

E302
Penyebab Utama          : CCD / AP PCB rusak. Selama shading, pembaca PCB controller tidak berakhir shading dalam 1 sec, dan dalam membaca aliran akumulasi tepi putih ( pengolahan ) tidak berakhir setela jangka waktu 10 sec.

E601
Penyebab Utama          : Kabel drive hard disc rusak ( hubungan singkat, rangkaian terbuka ). Pengendali utama PCB telah mendeteksi kesalahan dalam control datawhile gambar itu ditrabsmisikan antara PCB dan pengendali utama hadr dsc controller utama drive.

E602
Penyebab Utama          : terdapat kabel yang rusak. Para is faulty hard drive disc bisa dikatakan pengendali PCB terdapat kesalahan. Sebuah kesalahan  terdeteksi ketika hard disc dimulai up dari boot ROM, bisa dikatakan sebuah kesalahan dalam pembacaan data dari hard disc saat hard disc mulai Boot ROM

E607
Penyebab Utama          : Kipas hard disc (FM7) rusak. Sementara kipas hard disc sedang didorong, sinyal clock tidak datang selama 5 sec atau lebih.

E677
Penyebab Utama          : terdapat berbagai printer ( aksesories ) yang rusak. Sebuah kesalahan komunikasi antara berbagai komponen pada pengendali utama PCB.

E710
Penyebab Utama          : DC PCB controller rusak. Ketika daya utama dihidupkan IPC pada PCB reader controller tidak dapat di initialized.

E711
Penyebab Utama          : konektor tidak terhubung dengan benar. Atau bisa juga terdapat kesalahan pada data salinan PCB kontroler ataupun bagian register.

E712
Penyebab Utama          : konektor tidak terhubung dengan benar. Data transmisi tidak di aktifkan setelah jangka waktu 10 sec pada pebaca PCB kontroller

E713
Penyebab Utama          : konketor tidak terhubung dengan benar. Powersuply PCB mengalami kerusakan. Dan IC komunikasi ( IPC ) pada kontroler finisher telah gone out.

E717
Penyebab Utama          : terdapat kerusakan kabel atau data salinan perangkat remot control diagnose lain rusak. Saat menyalin data kontroller NE rusak atau telah terdeteksi sirkuit yg telah terbuka. Kesalahan harus direst dalam Modus Layanan : ( COPIER > FUNGSI > CLEAR > ERR )

E719
Penyebab Utama          : kerusakan pada kabel vendor point. Bisa dikatakan komunikasi antara vendor koin dan kontroler PCB utama telah interrupted. Kesalahan harus direst dalam Modus Layanan : ( COPIER > FUNGSI > CLEAR > ERR )

E733
Penyebab Utama          : terjadi korsleting pada DC kontroler PCB. Dan PCB telah mendeteksi kesalahan dalam komunikasi sebelum DC kontroler PCB dan pengendali utama. Kesalahan harus direst dalam Modus Layanan : ( COPIER > FUNGSI > CLEAR > ERR )

E740
Penyebab Utama          : Kartu LAN rusak. Kesalahan terdeteksi pada kartu LAN di power ON. Bisa dikatakan kartu LAN yang didaftarkan atau dipasang tidak sesuai dan tidak dapat dibaca.

E741
Penyebab Utama          : koneksi bus PCI adalah tidak tepat. Sebuah kesalahan telah terjadi pada bus PCI.

E742
Penyebab Utama          : RIP1 rusak. Kesalahan telah dideteksi dan didiagnosa dari dewan RIPI.

E743
Penyebab Utama          : konektor mengalami korsleting. Pembaca kontroller PCB telah mendeteksi kesalahan dalam komunikasi sebelum pengendali utamaPCB dan kontroller PCB di hidupkan / dibaca.

E804
Penyebab Utama          : terdapat kerusakan kabel. Pasokan daya  DC fan (FM6) rusak. Sementara pasokan daya DC kipas yang didorong, sinyal clock (FM6CLK) tidak datang selama 5 sec atau lebih.

E805
Penyebab Utama          : terdapat kerusakan kabel pada kipas pakan ( FM1 ) dengan pembuangan kipas panas ( FM3 ) rusak. Sementara kipas pembuangan panas di dorong, sinyal clock (FM3CLK) tidak datang selama 5 sec atau lebih. 0002 sementara kipas pakan di dorong, sinyal clock (FM1CLK) tidak datang selama 5 sec atau lebih.

E824
Penyebab Utama          : terdapat kerusakan kabel dalam pengisian perakitan kipas pendingin utama (FM2) rusak.

E412
Penyebab Utama          : kipas pendingin (FM1) rusak.

E420
Penyebab Utama          : EEPROM rusak. Ketika tombol power mesin host diaktifkan, saat backup data dari EEPROM tidak dapat dibaca oleh data, jika pun membaca tetap akan memiliki kesalahan.

E421
Penyebab Utama          : EEPROM rusak, backup data tidak dapat di tulis ke EEPROM atau data jika di tulis memiliki sinyal clock error (FM2CLK) tidak datang selama 5 sec atau lebih.

E422
Penyebab Utama          : komunikasi IPC terdapat kesalahan dan garis komunikasi telah open sirkuit. Sementara mesin berada dalam siaga, komunikasi dengan hostmachine telah terganggu selama 5 sec atau lebih, ataupun waktu sedang dalam operasi.

E500
Penyebab utama          : finisher PCB control rusak. Komunikasi antara hostmachine dan has been finisher terputus dan kesalahan ini terdeteksi oleh mesin host.

E503
Penyebab Utama          : pelana stitcher PCB kontroler rusak. Komunikasi antar sadel stitcher kontroler PCB dan finisher kontroler PCB telah terganggu.

E504
Penyebab Utama          : sensor tunggu (PS1) rusak. Komunikasi antar sensor ketinggian dan kontroller PCB mengalami kesalahan. Atau data komunikasi memiliki error.

E505
Penyebab Utama          : EEPROM rusak. Ketika saklar power dihidupkan, jumpal cek di EEPROM pada kontroller finisher PCB ditemukan memiliki error.

E512
Penyebab Utama          : jam sensor (PI10) rusak. Pengiriman motor (M2) rusak. Ketika operasi dimulai, sebagai lompatan yang diperlukan tidak datang dari pengiriman motor lompatan sensor.

E530
Penyebab Utama          : pelat keselarasan rumah sensor posisi (PI6) rusak. Pelat kesesejajaran tidak kembali ke posisi asal ketika motor telah didorong untuk 2 sec.

E531
Penyebab Utama          : rumah stapler mendeteksi posisi switch (MS7) rusak. Motor stapler (M6) rusak. Mode stapler tidak meninggalkan posisi rumah ketika motor stapler telah di dorong untuk 0,5 sec atau sebalik nya.

E532
Penyebab Utama          : pergeseran stapler rumah sensor posisi (PI7) rusak atau pergeseran motor stapler (M4) rusak. Unit stapler tidak meninggalkan posisi rumah atau sebalik nya ketika pergantian motor stapler terlah di dorong untuk 4 sec.

E535
Penyebab Utama          : Motor ayunan jam sensor (PI20) rusak atau panduan ayunan sensor terbuka (PI18), switch (MS3) rusak. Ayunan guide mendeteksi saklar yg korslet (MS6) rusak. Panduan ayunan yang menutup mendeteksi 2 switch tidak menyala pada motor ayunan walau telah diputar CCW selama 1 sec.

E540
Penyebab Utama          : rumah baki sensor posisi (PI8) rusak. Baki pengangkat motor clocksensor ½ (PI9/PI19) rusak. Batas atas nampan terjadi kerusakan (MS5). Pendakian ini tidak berakhir dalam 15 sec. ketika mengangkat nampan drive motoric atau posisi rumah nampan tidak terdeteksi.

E584
Penyebab Utama          : Sensor Rana terbuka (PI5) rusak. Area keamanan beralih mendeteksi (MS3) rusak. Rana yang tertutup mendeteksi switch (MS4). Rana yang tertutup mendeteksi switch tidak menyala saat motor pakan no. 2 telah di putar CCW selama 1 sec atau lebih.

E590
Penyebab Utama          : posisi rumah pukulan sensor (PI3P) / (M1P) rusak. Pons tidak meninggalkan posisi rumah ketika punch motor telah didorong untuk 2msec atau sebalik nya.

E593
Penyebab Utama          : posisi horizontal rumah pendaftaran sensor (PI1P) / (M4S) rusak. Pons tidak meinggalkan posisi rumah ketika motor registrasi horizontal  telah didorong untu 4 sec, atau sebaliknya.

Nah itu dia beberapa kode error yang mungkin akan muncul pada mesin foto copy anda jika terjadi error dan layar LCD menjadi blank.

Beberapa di antara kode error ada yang dapat diselesaikan melalu software nya, dengan membuka modus layanan.

Bagaimana cara membuka modus layanan ?
Bagi yang belum tahu, berikut cara nya :
CARA MEMBUKA MODUS LAYANAN : Tekan tombol * ( INTERUPT ) > tekan secara bersamaan angka 2 dan 8 > lalu tekan sekali lagi tombol * ( INTERUPT )


EmoticonEmoticon