Thursday, March 9

Error E05 Pada Printer Canon MP145, MP198, MP258, MP237 dan MP287

Pada posting ini saya akan share bagaimana cara mengatasi error E05 pada Printer Canon MP145, MP198, MP258, MP237, MP287 dan pada seri printer canon lain yang Blinking dan  muncul pesan "The following ink cartridge cannot be recognized"
Error E05 Pada Printer Canon
Sering kita dapatkan beberapa kasus dengan eror E05 pada printer canon seri MP145, MP198, MP258, MP237 dan MP287.  Pada code tersebut artinya catridge tidak terkoneksi dengan motherboard.

Berikut Cara Memperbaiki Printer Canon Error E05
Cek catridge
Pesan kesalahan ini terjadi ketika catridge tidak terpasang dengan benar atau kondisi catridge sudah mati, solusinya ambil catridge printer Anda bersihkan chip/ tembaga catridge dengan tisu yang dikasih cairan pembersih atau air.
apabila printer sudah menggunakan CISS atau sistem infus, biasanya pada catridge warna terhalangi oleh selang tinta atau knee yang menancap pada catridge sehingga chip catridge tidak menempel pada Cariage Unit atau rumahan catridge.
apabila masih terdapat error E05 coba ganti dengan cartridge yang baru

Cek Cariage Unit
Bersihkan Pin di dalam Cariage unit yang biasanya terkena cipratan tinta sehingga menghalangi chip catridge tidak terdeteksi oleh board printer.
Error E05 Pada Printer Canon

Kabel data
Error E05 pada Printer Canon MP145, MP198, MP258, MP237 dan MP287 dan pada printer seri canon yang lain bisa disebabkan oleh kabel data / kabel flexibel yang putus ataupun rusak terkena gesekan gerakan cariage unit pada saat proses mencetak.

Board
Dalam motherboard ada 3 konektor dan ketiga konektor mewakili catridge warna, catridge hitam dan sensor .
Sebelum kita cek jalur motherboard kita seharusnya cek konektor dengan kabel fleksible. biasanya kasus E05 itu kerusakan ada pada konektor nya
berikut gambar dari konektor yang sudah di lepas
Error E05 Pada Printer Canon
ketika kasus tersebut kita cek ternyata kerusakan hanya pada konektor catridge hitam saja.
Cara menggantinya
Gunakan Flux, blower dan timah kemudian angkat dengan pinset
setting di 420 jika anda menggunakan cellkit dan air pada 6
tunggu dan sambil di goyang konektornya dengan menggunakan pinset atau penjepit kertas, jika sudah mulai meleleh konektor dapat anda lepas.


EmoticonEmoticon