Wednesday, August 9

Manfaat Minyak Zaitun : Turunkan Tekanan Darah

Peran Minyak Zaitun Dalam Mengontrol Hipertensi
Peran Minyak Zaitun Dalam Mengontrol Hipertensi - Hipertensi merupakan suatu keadaan ketika tekanan darah di pembuluh darah meningkat secara kronis yang terjadi akibat jantung bekerja lebih keras memompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi tubuh. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat mengganggu fungsi organ-organ tubuh lainnya, terutama organ vital seperti jantung dan ginjal. Menilik hasil Riset Kesehatan Dasar 2013 ditemukan bahwa sekitar 25,8 persen penduduk Indonesia mengalami Hipertensi yang berisiko pada gangguan fungsi organ lainnya.

Seseorang bisa dikatakan Hipertensi apabila tekanan darah Sistolik dan tekanan darah Diastoliknya lebih dari 140/90 mmHg setelah dua kali melakukan pengukuran tekanan darah. Penderita Hipertensi umumnya tidak menyebabkan gejala tertentu, tidak terdeteksi sampai tekanan darah seseorang diukur oleh dokter atau sampai menyebabkan komplikasi seperti Stroke atau Serangan Jantung.

Berbagai studi menunjukkan bahwa Hipertensi meningkatkan risiko kematian dan penyakit. Bila tidak dilakukan penanganan. Sekitar 70% pasien Hipertensi Kronis akan meninggal karena jantung koroner atau gagal jantung, 15% terkena kerusakan jaringan otak, dan 10% mengalami gagal ginjal. Untungnya, peningkatan kesadaran dan kontrol atas Hipertensi telah berhasil menekan risikonya hingga 50%.
Hipertensi Primer/Esensial di mana tidak ada hal spesifik yang menjadi penyebabnya. Sekitar 90-95% hipertensi adalah jenis ini.
Hipertensi Sekunder yaitu hipertensi yang disebabkan oleh kelainan atau penyakit lain, misalnya karena stress, sakit ginjal, preeklamsia, atau apnea (sesak napas saat tidur).

Faktor Resiko Terkena Hipertensi :

  • Keturunan.
  • Usia
  • Jenis Kelamin
  • Pola Makan
  • Kurang gerak
  • Berat Badan Berlebih
  • Stress
  • Minuman Beralkohol ( meningkat Trigliserid )

Dalam minyak zaitun terkandung asam lemak/ lemak sehat.

Dari penelitian terbarukan menyebutkan bahwa asam lameka dapat mengatur tekanan darah tinggi dimana dalam asam lemak terdapat kandungan nitro yang di temukan mengandung enzim yang memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian ini telah di publiskan lewat jurnal berjudul Proceedings Of The National Acedemy Of Sciences yang melakukan penelitian dengan menggunakan tikus.

Penelitian ini pun seolah membuktikan kembali penelitian terdahulu yang menyebutkan bahwa diet mediterania seperti mengkonsumsi kacang kacangan dan minyak zaitun dapat mengurangi gangguan pada jantung, stroke dan serangan jantung.

Mengkonsums ikan yang digoreng dengan minyak zaitun, mengkonsumsi sayur yang diolah dengan minyak zaitun dan kacang kacangan yang di olah dengan minyak zaitun banyak di rekomendasikan oleh para ahli.

Ahli lainnya pun berpendapat bahwa dengan secara rutin mengkonsumsi minyak zaitun dapat mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke, penyembutaan pembuluh darah dan kolesterol.

Selain bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi minyak zaitun pun bagus untuk kulit, kulit kepala dan rambut.


EmoticonEmoticon