Thursday, December 7

Cara Print Hitam Dengan Tinta Warna Pada Printer Canon

Cara Print Hanya Menggunakan Catrid Warna - Setelah pada postingan sebelumnya kita mengulas tentang tata cara "Cara Menyusun Hasil Print-Out Dari Halaman Belakang" pada Printer canon dan Epson sekarang menuju tutorial selanjutnya yaitu Cara Merubah Hasil Print Warna Menjadi Hitam Puti

Hal ini di lakukan karena tinta atau catrid hitam (810) mengalami error atau hasil tidak maksimal atau bergaris tetapi catrid warna (811) masih bagus, Kita masih bisa menggunakan Tinta warna tersebut untuk print Document berwarna hitam.

NOTES:
Saat kita menggunakan catridge Warna saja, Catridge Tinta Warna Hitam harus tetap terpasang kalau tidak terpasang Biasanya Printer akan menampilkan pesan error. Karena printer canon catrid harus sepasang tidak bisa sendirian  😅
Cara Mengubah Atau Menyetel Katrid Tinta Berwarna Menjadi Tinta Hitam
Nah, untuk menggunakan cara ini yaitu Print Hitam Dengan Tinta Warna Pada Printer Canon ada beberapa pengaturan yang harus kita tempuh terlebih dahulu, Berikut adalah caranya :
  • Klik menu start dan pilih "Devices and Printers" di sebelah kanan. (pada windows 7)
  • Atau bisa melalui pencarian di start menu (win 7) atau search (win 8+) dengan mengetikan "Devices And Printers"
  • Atau Bisa juga di akses dengan menuju ke "Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers"
  • Setelah halaman "Devices anda Printers" terbuka disana akan terdapat beberapa daftar perangkat (device) dan printer yang terinstall pada komputer. Langsung cari printer yang akan kita ubah pengaturannya, setelah ditemukan, klik kanan pada icon printer dan pilih "Printing Preferences".
  • Atau bisa langsung ctrl+p kemudian pilih "Properties"
Cara Print Hitam Dengan Tinta Warna
  • "Printing Preferences", disinilah kita akan memulai pengaturan untuk menggunakan satu catridge saja. Setelah terbuka halaman "Printing Preferences" kita akan disuguhkan banyak tab atau sub menu yang berjajar dari kiri ke kanan. 
  • Sekarang kita masuk ke pengaturan catridge pada tab "Maintenance" dan pilih pada icon catridge yang bertuliskan "Ink Catridge Setting". Setelah kita klik menu "Ink Catridge Setting" akan ada pop-up yang muncul tentang catridge yang akan digunakan, Pada settingan default printer canon catridge yang digunakan "Both Black and Color" atau menggunakan kedua catridge Hitam Dan Berwarna. silahkan pilih "Color Only" pada menu drop-down pada ink catridge
Cara Print Hitam Dengan Tinta Warna
Akan muncul tampilan Ink Cartridge Settings, agar supaya cartridge hanya memfungsinkan cartridge warnanya saja maka teman-teman memilih color Only pada Ink Cartridge. Setelah itu klik Ok, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.
Cara Print Hitam Dengan Tinta Warna
Setelah itu klik "Oke" maka jendela akan tertutup dan kembali pada laman Preferences. Klik Apply dan Oke.

Seteleh itu silahkan teman-teman untuk mencobanya, pada saat akan mengeprint akan muncul tampilan peringatan, tampilan ini hanya memperingatkan kita bahwa kita hanya menggunakan tinta warna saja, untuk melanjutkan, teman-teman klik ok saja. Perhatikan gambar berikut ini.
Cara Print Hitam Dengan Tinta Warna
Sekian dulu artikel kita pada kesempatan kali ini, nantikan artikel-artikel menarik lainnya dari kami selanjutnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pengunjung sekalian dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar berupa saran, kritik serta pertanyaan. Wassalam....

1 komentar so far


EmoticonEmoticon