Thursday, March 8

3 Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon

Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Pada Printer Canon - Masalah Hasil Cetak Printer Canon Tidak Rata / Lurus ini biasanya terjadi karena beberapa kemungkinan diantaranya ialah Encoder print yang kotor, Rel Cartridge yang ngandat sehingga menggangu pergerakan Head Cartridge dan juga mekanik printer yang sudah aus atau goyang.

Untuk mengatasi Printer Canon yang Hasil Cetak-nya Tidak Rata / Lurus, anda bisa menerapkan beberapa tutorial cara service dibawah ini:

Membersihkan Encoder
Encoder adalah pita sensor yang terbuat dari plastik bening dengan kode baris di permukaannya. letaknya dibelakang head cartridge/rumah catridge.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon Dengan Cara Membersihkan Encoder

  • Buka cover atas printer
  • Cari pita transparan di belakang rumah cartridge
Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon
  • Cek apakah pita tersebut kotor terkena tinta ataupun benda asing lainnya seperti pelumas Caried Unit.
  • Bersihkan Encoder. Apabila kotorannya masih baru dan mudah hilang, anda bisa bersihkan menggunakan tissue basah / tissue yang dibasahi dengan alcohol atau air atau bisa juga menggunakan kain halus tanpa perlu melepas encoder-nya, tapi bila sudah mengering dan sulit dibersihkan, coba lepaskan dan rendam encoder dengan air panas lalu bersihkan dengan tissue atau lap lembut. Tapi ingat, jangan sampai baris kodenya hilang, Kalau sampai hilang berarti anda harus mengganti encoder yang masih bagus.
  • Bersihkan juga Timing disk letaknya ada di sebelah kiri printer (anda harus membongkar casing Printer?
timing Disk
  • Tutup kembali kemudian tes hasil cetak tabel.
Catatan :  Apabila garis Vertikal/atas bawah yang tidak lurus : bersihkan Encoder, apabila garis horisontal maka yang dibersihkan Timing Disk.
Jika dengan cara tersebut tidak berhasil, coba cara kedua, yaitu dengan melakukan setting alligment melalui printer properties.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon Dengan Setting Alligment
  • Buka printing preferences, caranya pencet tombol windows + S pada keyboard, kemudian ketikkan devices and printer. Buka Devices and Printer lalu pilih seri printer lalu Klik kanan, pilih printing preferences
  • Pilih tab Maintenance, siapkan kertas A4 pada printer lalu klik pilihan Print Head Alignment
Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus
  • Printer akan mencetak hasil nilai print head alignment secara otomatis. kemudian pilih Yes pada dialog box yang muncul
  • Lihat hasil print head alignment, lalu pilih hasil terbaik yang ditunjukkan pada masing-masing angka. Masukkan angka yang hasil cetaknya paling bagus, yang tidak ada garisnya/ yang paling tipis garis putihnya/ yang tidak ada garis putihnya. Contoh hasil print head alignment dari printer canon kami
Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus

Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon Dengan Mengganti Mekanik
Hasil Prin yang tidak lurus atau bergelombang juga bisa di sebabkan oleh mekanik printer atau gear yang sudah aus, sehingga saat menarik kertas dan mencetak jalannya tidak setabil yang menyebabkan hasil print bergelombang.

Yang terakhir Penyebab Cetak Tabel Garis Tidak Lurus pada printer Canon adalah Catrid, solusinya adalah ganti Catrid yang baru.😊

Insya Allah dengan cara tersebut hasil cetak tabel / garis pada printer Anda akan menjadi lurus kembali. Cukup sekian dulu sedikit tutorial tentang Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Garis Tidak Lurus Printer Canon. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon