Thursday, March 29

Cara Memperbaiki Paper Jam (Blink Orange 3x) Printer Canon

Cara Mengatasi Paper Jam Printer Canon Dengan Mengganti Optocopler
Indikasi awal nya ketika kita menghidupkan printer canon, tiba-tiba printer mengalami blinking dan kalau printer kita hubungkan dengan komputer atau laptop maka di layar monitor atau lcd kan menampilkan pesan error support code : 1300 dengan keterangan 'Paper is jammed'. Kemudian ada perintah tekan resume, akan tetapi ketika kita menekan tombol resume kertas keluar cepat tapi tidak ada cetakan alias kertas kosong, atau bisa juga kertas tidak mau berjalan alias kertas macet.


Cara Mengatasi Paper Jam pada printer canon

  • Cek Mekanik bagian Sensor dan Roll printer. Lihat apakah disitu ada benda atau kotoran yang membuat mekanik tidak bekerja dengan sempurna. Bila ada silahkan ambil dan bersihakan.
  • Cek Tuas Sensor Kertas yang ada pegasnya bentuknya kecil warna hitam. Kalau sudah Aus atau patah ganti dengan yang baru.
  • Cek Karet Roll. Karet ini fungsinya untuk menarik kertas, jika Karet ini sudah tipis biasanya kerta sulit bahkan tidak bisa menarik kertas. Kalau sudah tipis silahkan ganti karetnya dengan yang baru.
  • Cek Sensor disk : Sensor disk juga dapat menyebabkan paperjam, ketika kotor pada titik tertentu
  • Cek sensor kertas : sensor ini sangat sering terjadi kerusakan, bahkan 90% dari kerusakan paperjam terjadi kerusakan pada sensor kertas.

Sensor kertas merupakan salah satu komponen utama dari sistem printing pada printer, tanpa sensor kertas printer tidak akan jalan atau keluar eror, biasanya kerusakan ini sering di tandai dengan paperjam, , kali ini saya akan membahas tentang sensor kertas. Sensor kertas memiliki 2 komponen utama yaitu resostor 221 dan optocopler. Pada komponen sensor kertas yang sering terjadi kerusakan adalah optocolpernya. Cara kerja optocopler adalah sebagai swicthing yang di kendalikan oleh pengungkit kertas.

Cara memperbaiki sensor kertas printer canon

Optocopler ini terdiri dari inframerah dan photo diode atau penerima cahaya dari inframerah. Komponen ini sering rusak, tetapi jangan khawatir, karena komponen ini sudah tersedia di pasaran. Anda tinggal lepas dan ganti dengan yang baru.



Demikianlah Tips dan Trik Cara mengatasi printer Canon Yang Mengalami masalah Paper Jamm dengan mengganti komponen Optocopler


EmoticonEmoticon