Tuesday, April 3

Cara Menggunakan HP Android Sebagai Wifi Hotspot

Cara Aktifkan Tethering, Bikin Hotspot WiFi dengan Smartphone - Platform Android menerapkan sistem layanan data umum dimana untuk koneksi internet juga terbuka untuk umum. Hal ini berbanding terbalik dengan BlackBerry atau Apple yang menerapkan tarif khusus untuk koneksi internetnya. Dengan platform Android paket layanan data unlimited dapat dibeli dengan beberapa puluh ribu rupiah untuk masa satu bulan,kita dapat memanfaatkan koneksi internet tanpa batas melalui gadget Android tersebut, baik untuk dimanfaatkan sendiri, ataupun dibagi-bagi (tethering).

Cara Menggunakan HP Android Sebagai Wifi Hotspot
Anda bisa membagikan koneksi internet hanya melalui HP / Tablet Android anda. Tentu syaratnya adalah SmartPhone / Tablet Android anda juga memiliki paket layanan data (paket pulsa internet), dan sebaiknya paket datanya unlimited, karena jika layanan data anda dengan menggunakan kuota, maka kuotanya akan cepat habis tersedot oleh pengguna koneksi internet dari jaringan hotspot wifi anda. Metode ini berlaku untuk handphone / Tablet Android yang menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo keatas. Untuk Android 2.1 Eclair ke bawah, fitur ini tidak tersedia, kecuali dilakukan root terlebih dahulu.

Cara Setting HP Sebagai Hotspot WiFi

Samsung Galaxy S

  1. Masuk ke Setting (Setelan).
  2. Kemudian pilih Tab Connections
  3. Setelah itu pilih menu Mobile Hotspot and tethering (Hotspot Selluler & tethering).
  4. Kemudian pilih menu Mobile Hotspot (Hotspot Selluler).
  5. Pilih menu More (Lainnya) yang ada di pojok kanan atas, isi Network Name (Nama Jaringan) adalah nama WiFi yang anda inginkan, kemudian Security (Keamanan) WPA2-PSK, dan Password (Sandi) adalah kata sandi WiFi anda nantinya. Kemudian Simpan (Save).
  6. Langkah terakhir adalah mengaktifkan Hotspot dengan cara klik tombol OFF yang ada di pojok kanan atas di bawah menu More (Lainnya).
  7. Selesai.

Samsung Galaxy

  1. Masuk ke Setting (Setelan).
  2. Kemudian pilih menu Pengaturan Lainnya.
  3. Setelah itu pilih Tethering.
  4. Kemudian pilih Portable Wi-Fi Hotspot.
  5. Lihat ke bawah dan pilih menu Configure (Konfigurasi).
  6. Network SSID adalah nama WiFi anda nantinya, isi terserah anda. Kemudian pada bagian Security (Keamanan) pilih WPA2-PSK, kemudian password isi terserah anda. Kemudian Save (Simpan).
  7. Langkah terakhir mengaktifkan Hotspot dengan cara Tombol (0) yang ada di pojok kanan atas sebelah tulisan Portable Wi-Fi menjadi icon (|).
Cara Menggunakan HP Android Sebagai Wifi Hotspot

 Asus

  1. Masuk ke Setting (Setelan).
  2. Kemudian masuk ke menu Selengkapnya…
  3. Setelah itu pilih menu Menambatkan & Hotspot portabel.
  4. Kemudian pilih menu Siapkan Hotspot Wi-Fi, SSID adalah untuk mengatur nama WiFi, untuk Keamanan pilih WPA2-PSK, kemudian atur Sandi atau Password sesuai dengan keinginan anda. Kemudian Simpan.
  5. Langkah terakhir mengaktifkan Hotspot dengan cara mencentang menu Hotspot Wi-Fi portabel yang ada di sebelah kanan.
 Cara Menggunakan HP Android Sebagai Wifi Hotspot

HTC

  1. Masuk ke Setting (Setelan).
  2. Kemudian pilih menu Lainnya.
  3. Setelah itu pilih menu Berbagi jaringan seluler.
  4. Pilih menu Hotspot Wi-Fi portable, jangan di aktifkan terlebih dahulu tanda off yang ada di sebelah tulisan Hotspot Wi-Fi portable.
  5. Setelah anda memilih menu Hotspot Wi-Fi portable, akan muncul halaman pengaturan baru, jangan lupa untuk men setting NAMA HOTSPOT(SSID) sesuai yang anda inginkan, kemudian sandi Wi-Fi anda yang nanti di gunakan.
  6. Jika sudah, aktifkan Hotspot Wi-Fi portabel dengan cara ketuk menu OFF menjadi ON, letaknya ada di pojok kanan atas.

Xiaomi

  1. Masuk ke Setting (Setelan).
  2. Kemudian pilih More (Lainnya).
  3. Cari dan pilih menu Tethering & Portable Hotspot.
  4. Setelah itu pilih Set up portable hotspot, SSID adalah nama Wi-Fi, isi sesuai dengan keinginan anda, kemudian pada bagian Security (Keamanan) pilih WPA2-PSK, pada kolom Password adalah sandi WiFi anda nantinya, silahkan isi sesuai dengan keinginan anda. Kemudian OK.
  5. Langkah terakhir adalah mengaktifkan Hotspot dengan cara slide ke kiri icon bundar di sebelah tulisan Portable Hotspot.
  6. Selesai.

iPhone

  1. Masuk ke Pengaturan (Setting).
  2. Setelah itu masuk ke menu Selluler .
  3. Kemudian nyalakan Data Seluler dengan cara klik icon bundar yang ada di sebelahnya, jika sudah skip langkah ini.
  4. Setelah itu masuk ke Hotspot Pribadi.
  5. Jangan lupa untuk men – setting password WiFi anda di menu Kata Sandi Wi-Fi, setelah itu lihat ke atas dan aktifkan menu Hotspot Pribadi dengan cara slide icon bundar ke kanan.
  6. Selesai.
Demikian  Cara Membuat Android Menjadi Hotspot Wifi Untuk Berbagi Internet, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon