Monday, April 2

Cara Menghapus atau Logout Akun Google Di Android Semua Versi

Membahas tentang menghapus akun google atau menggantinya ini sangat penting, dikarenakan akun google ini adalah jalan untuk kita agar bisa menikmati berbagai layanan aplikasi google yang sangat bermanfaat dan juga berguna, seperti Play Store, gmail ataupun google maps.

Cara Menghapus Akun Google di Android
Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin menghapus akun google di Android, seperti untuk mengatasi masalah error DF-DLA-15, Authentication is required dan error 492. Namun alasan lain juga bisa terjadi, misalnya perpindahan smartphone Android dari tangan pertama ke tangan kedua (Jual Beli Smartphone Android Bekas) dan faktor lainnya. Yang jadi permasalahan kali ini adalah ada beberapa pengguna smartphone Android yang kesulitan untuk menghapus akun Google tersebut, entah itu karena tidak tahu menu untuk penghapusan akun Google atau faktor lainnya, lebih baik simak cara yang kami berikan di bawah ini untuk menghapusnya.

Cara Menghapus Akun Google di Android (Semua Versi)

# Lewat Menu Pengaturan atau Setting

Cara Menghapus Akun Google di Android

Android Nougat & Marshmallow

  1. Masuk ke Setelan / Pengaturan (Setting).
  2. Kemudian cari dan pilih menu Akun (Account).
  3. Kemudian pilih menu Google. Jika kalian memliki lebih dari satu akun Google, silahkan pilih akun yang ingin di hapus, kemudian lanjut cara berikutnya. Jika hanya memiliki satu akun lanjut ke cara berikutnya.
  4. Kemudian lihat pada bagian pojok kanan atas, kalian akan melihat 3 icon titik, silahkan klik menu tersebut, kemudian pilih Hapus Akun (Remove Account). Jika masih bingung seperti apa iconnya bisa di lihat di bawah ini.
    cara menghapus akun google di android icon_more_android
  5. Selesai.

Android Lollipop & KitKat

  1. Masuk ke Setelan atau Pengaturan (Setting).
  2. Pilih menu Akun (Account) / Sinkronisasi & Akun (Sync & Account).
  3. Kemudian pilih menu Google, jika kalian mempunyai lebih dari satu akun Google, pilih akun yang ingin di hapus, jika hanya mempunyai satu akun lanjut ke cara selanjutnya.
  4. Kemudian kalian akan melihat label Akun (Account) dan Privasi (Privacy), silahkan klik akun anda (contoh: [email protected]) yang berada di bawah label Akun.
  5. Setelah itu jika kalian melihat 3 icon titik di pojok kanan atas, klik icon tersebut, dan pilih menu Hapus Akun (Remove Account). Namun jika tidak ada icon 3 titik atau menu Hapus Account, silahkan tekan tombol menu yang ada di smartphone kalian bagian bawah (icon garis bertumpuk) (pada umumnya smartphone android mempunyai 3 tombol fisik di bawah, fungsi – fungsinya adalah tombol menu, tombol home, dan tombol back).
  6. Kemudian pilih Hapus Akun (Remove Account).

# Lewat Cara Clear Data
Cara menghapus akun gmail permanen dari hp android kamu yang selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini terbilang ekstrim ya dan saya sarankan jika kamu ingin menjual hp mu saja.

Melakukan cara clear data berarti anda akan menghapus semua data yang terkait dalam akun tersebut termasuk juga jika anda melakukan clear data pada aplikasi berarti data pada aplikasi tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Caranya sebagai berikut:
  • Buka menu pengaturan, setelan atau settingan di smartphone android kamu.
  • Pilih menu apl atau application.
  • Pilih google apl.
  • Kemudian anda pilih hapus data atau clear data yang ada di sana.
  • Setelah anda melakukan itu anda bisa melakukan restart pada smartphone android anda.
  • Lalu buka aplikasi google kemudian anda masukkan atau pilih akun google yang anda inginkan.
  • Selesai
Cara ini terbukti ampuh jika kalian mencoba dan setelah itu anda akan tau hasilnya dengan cara-cara yang saya sebutkan di atas, sekedar saran ketika anda ingin mengganti atau menghapus akun dan ingin digantikan akun baru, lebih baik anda harus ingat password tersebut hal ini juga sangat penting ketika ada pengguna yang mempunya banyak akun google dan salah satu akun mereka lupa akan passwordnya, lebih baik tulis di catatan, dan agar ketika ingin menaruh akun tersebut di perangkat lain lebih mudah dan gampang.

Nah, itu dia pembahasan kita mengenai cara menghapus akun google di android semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain jika artikel ini bermanfaat ya. Terima kasih.


EmoticonEmoticon