Thursday, April 19

Cara Menutup Paksa Program Yang Tidak Bisa di Close / Hang atau Error (Not Responding)

Cara Menutup Paksa Sebuah Program (Windows) - Apakah sobat pernah mengalami kejadian ketika menjalankan sebuah program namun program tersebut macet atau not responding?, ya, saya rasa semua orang yang pernah mengalaminya. Hal ini biasanya terjadi karena Program atau software yang sedang sobat jalankan membutuhkan dukungan memori tinggi sedangkan sobat sedang membuka banyak aplikasi, hal ini membuat program tersebut susah berjalan sehingga terjadilah macet atau not responding.

Cara menutup Aplikasi yang tidak bisa di close atau Not responding

Penyebab program atau software yang menjadi error atau Not Responding sendiri juga bermacam-macam. Terdapat 2 faktor penyebab umum yaitu dari perangkat lunak tersebut maupun juga perangkat kerasnya. Penyebab error dari hardware misalnya kegagalan pembacaan media penyimpanan atau disk atau hardware yang mengalami kerusakan, hingga kekurangan memory atau resource. Dan penyebab program tidak merespon dari faktor perangkat lunak itu sendiri misalnya memang terdapat bug atau kesalahan pada program tersebut, virus dan program jahat lain, crash atau bentrok dengan software lainnya, atau juga gagal membaca data yang corrupt atau sudah rusak, serta penyebab-penyebab lainnya.

Jika mengalami Aplikasi atau software yang tidak merespon atau Not Responding maka biasanya diikuti dengan melambatnya respon sistem operasi Windows karena terjadi program yang tidak merespon tersebut akan terus-menerus berusaha dijalankan oleh sistem sehingga mengakibatkan proses yang harus dijalankan oleh Windows meningkat dan menghambat proses lain yang berjalan. Ditambah lagi program-program lain juga ikut-ikutan melambat bahkan juga tidak merespon.

Untungnya Windows dilengkapi dengan program Task manager yang mampu menutup paksa program yang sedang error tersebut. Jika program yang error atau Not Responding tersebut berhasil ditutup maka sistem operasi Windows dapat berjalan normal kembali tanpa kelebihan beban proses sehingga kinerja Windows dapat kembali seperti semula. Untuk menutup paksa prrogram atau software yang mengalami hang atau error atau Not Responding pada sistem operasi Windows dengan Task Manager tersebut bisa mengikuti langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Menutup Paksa Program yang Hang atau Error (Not Responding) pada Windows dengan Task Manager

  • Buka Task Manager dengan klik kanan pada Taskbar kemudian klik Start Task Manager. Atau juga bisa dengan langsung menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete kemudian klik Start Task Manager
Cara menutup Aplikasi yang tidak bisa di close atau Not responding
  • Akan tampil semua software atau Program yang sedang berjalan di laptop atau komputer sobat
  • Pilih Pogram yang sedang mengalami masalah / Not Responding > klik kanan pada pilihan program yang sedang macet  > lalu pilih End Task
Cara menutup Aplikasi yang tidak bisa di close atau Not responding
  • Biasanya akan muncul jendela baru, klik langsung saja Close the program
Demikianlah tutorial mengenai Cara menutup Aplikasi yang tidak bisa di close atau Not responding. Dengan cara di atas program yang sedang macet atau pun not responding dapat dengan mudah di tutup, cara ini aman untuk di gunakan dan terbukti mampu mengatasi Program yang tidak dapat di tutup. Jika sobat ada masalah atau sudah berhasil melakukan cara tersebut silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar di bawah ini, semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat.


EmoticonEmoticon