Friday, April 27

Cara Reset Ink Level Printer EPSON l300 Tanpa Software

Cara Reset Manual Printer Epson L110, L210, L300, L350, L355 - Printer Epson model L300 adalah salah satu printer dari epson yang terkenal ekonomis karena menggunakan tinta yang dapat diisi ulang oleh kita sendiri yaitu kemasan botol yang memang asli dikeluarkan oleh Epson yang harganya relatif  murah jika dibanding dengan printer lain yang mengharuskan kita mengganti cartridge apabila  tintanya habis. Di spesifikasi Epson L300 ini bahkan disebutkan dapat mengeprint sampai 4000 halaman.

Kembali ke permasalahan. Printer Epson L300 berkedip indikator tintanya(blink) umumnya karena printer mendeteksi salah satu tinta atau tinta lainnya kosong, walaupun sebenarnya tinta tidak kosong karena sudah diisi ulang.
Pada Epson status monitor ada keterangan It is time to reset the ink levels seperti ditunjukkan pada capture berikut :

Cara Reset Ink Level Printer EPSON l300 Tanpa Software

Cara Mengatasi it is nearly time to reset the ink levels

Cara reset ink level printer EPSON l300 ini sebenarnya cukup mudah, tapi bagi yang bingung karena pertama kali memakai printer jenis ini pasti akan mencari utility atau alat reset atau program untuk mereset error dengan indikator lampu led merah menyala terus. Kalau kita perhatikan pada printer status monitornya tertulis pesan “Its time to reset the ink level”, harap dibedakan dengan waste ink pad, biar tidak keliru error nya. Apabila kita mengklik tombol “How To” kita akan disuruh untuk mengisi dengan tinta asli epson sampai dengan level ink yang sesuai pada tangki tintanya. Walaupun sudah diisi dengan tinta tapi lampu merah tetap menyala terus dan tidak bisa dipakai untuk mencetak / print.

Cara Reset Ink Run Out Epson L110,L210,L300,L350,L355

  • Hidupkan Printer maka printer akan menyala dengan lampu led hijau diam dan led merah (red) blink.
Cara Reset Ink Level Printer EPSON l300 Tanpa Software
  • Tekan tombol resume selama 5 detik kemudian lepaskan
  • Tekan lagi tombol resume selamat 3 detik dan lepaskan lagi
  • Terakhir tekan tombol Resume selama 1 detik dan lepaskan
  • Jika reset anda berhasil maka led merah akan mati dan tinggal menyala led hijau diam.
  • Matikan Printer anda dengan menekan tombol power dan hidupkan lagi printernya, jika menyala led hijau saja, selamat anda telah berhasil mereset Level ink Epson L300.

Demikianlah tutorial kali ini yang membahas Cara Cepat Reset Manual Indikator Tinta Epson, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.


EmoticonEmoticon