Wednesday, April 18

Tutorial Cara Membuat Nomor Halaman Otomatis Microsoft Word

Setting Nomer Halaman Secara Otomatis di Office Word - Pada tutorial microsoft kali ini, saya akan share cara mudah membuat nomor halaman di word. jadi sobat tidak perlu menulis nomor halaman secara manual, belum lagi kalau ada pengeditan. nomor halaman yang sudah di susun cape-cape akan mendadak berantakan jika disusun secara manual. berbeda jika sobat menyusun nomor halaman dengan cara otomatis. hanya beberapa langka, nomor halaman akan langsung muncul di setiap halaman document microsoft word sobat.

Cara Membuat Nomor Halaman Otomatis Microsoft Word
Nomor halaman (Page Number) berfungsi untuk menambahkan nomor pada setiap page atau halaman dokumen microsoft word. Tujuannya yaitu untuk mempermudah kita untuk menyusun halaman satu dengan halaman lainnya atau bisa juga untuk mempermudah dalam pencarian bab maupun sub bab dalam sebuah karya tulis.

Coba kamu bayangkan bagaimana jadinya jika sebuah makalah atau buku tidak memiliki nomor halaman, tentu akan membingungkan kita untuk mengurutkannya. Bukan hanya kita sebagai penulis, pembaca pun juga akan kebingungan. Sebenarnya menambahkan nomor pada setiap halaman bisa saja menggunakan cara manual, tetapi tentu saja kurang efektif. Bayangkan jika jumlah halamannya mencapai ratusan lembar, selain memakan waktu yang lama kita juga bisa salah dalam mengurutkan nomor tersebut.

Cara Membuat Nomor Halaman (page number) Otomatis di Microsoft Word

Sebelum kita mulai untuk mempraktekkannya, tentu saja yang harus kita persiapkan adalah software atau aplikasi MS Word itu sendiri. Kebetulan saat ini admin menggunakan Microsoft Word 2013, kamu juga bisa menggunakan Microsoft Word 2003, 2007, 2010, atau 2016. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada langkah-langkahnya. Tetapi itu tidak masalah, admin yakin kamu pasti bisa melakukannya karena ini termasuk tutorial yang sangat mudah.
  • Buka dokumen yang akan kita kasih nomor halaman. Kamu bisa membuka semua pekerjaan kamu termasuk itu skripsi, makalah, buku, maupun karya tulis lainnya.
  • Klik menu Insert -> Page Number -> Pilih posisi atau model nomor yang kamu inginkan.

Cara Membuat Nomor Halaman Otomatis Microsoft Word
Keterangan Gambar :
Top Of Page Adalah Menampilkan Nomor Halaman Tepat Berada Diatas
Bottom Of Page Adalah Menampilkan Nomor Halaman Tepat Berada Dibawah
Page Margins Adalah Menampilkan Nomor Halaman Tepat Berada Disamping
Current Position Adalah Menampilkan Nomor Halaman Tepat Berada Didalam garis
Format Page Numbers Adalah untuk mengubah urutan Nomor (Mulai Dari Nomor yang ditentukan sendiri)
Remove Page Numbers Adalah untuk menghapus nomor halaman

Secara default jenis nomor yang digunakan adalah 1,2,3 dan seterusnya. Selain menggunakan angka kita juga menggunakan huruf untuk urutannya yang bisa kita atur melalui menu Insert -> Page Number -> Format Page Number, lalu silakan diatur sesuai dengan keinginan kamu.
Cara Membuat Nomor Halaman Otomatis Microsoft Word
Maka hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat Nomor Halaman Otomatis Microsoft Word
Selamat, sekarang kamu sudah bisa membuat nomor halaman otomatis di skripsi, makalah, atau karya tulis kamu lainnya dengan sangat mudah dan cepat. Dengan adanya fitur page number ini memberi nomor halaman jauh lebih cepat dan rapi dibandingkan dengan menulisnya satu per satu. Bagaimana, sangat mudah dan cepat, bukan?

Pada contoh di atas kita menampilkan nomor halaman berbentuk angka dan posisinya berada di tengah atas halaman dokumen. Jika kamu ingin merubahnya ke huruf dan mengatur posisinya di bawah, bisa diatur pada menu format page number. Itulah tutorial singkat dan sederhana tentang cara membuat nomor halaman otomatis di microsoft word untuk skripsi atau makalah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan silakan tulis pada kolom komentar yang tersedia di bawah ya.


EmoticonEmoticon