Thursday, May 3

Cara install Driver Printer Epson LX 800 , LX 300 dan LX 300+ Di windows 7

Cara Instal Printer LX 800 dan LX 300 di windows 7 - Epson LX-800 adalah printer dotmatrik milik epson yang sedikit berbeda dengan printer pada umumnya. Printer jenis ini tidak perlu di install pada Windows 7, karena tidak memiliki driver.

Dan Ternyata printer Epson LX (apapun jenisnya) secara genetik menggunakan driver yang sama. anda bisa menginstall drivernya menggunakan Epson LX tipe 80 atau 136 yang sudah ada dibawaan windows. tidak perlu repot-repot mencari kesana kemari drivernya karena sudah tersedia di windows XP keatas.

Kemudian yang menjadi masalah saat ini adalah perkembangan teknologi komputer atau laptop yang telah meniadakan port LPT dan hanya menyediakan Port USB, serta dukungan driver yang ada di windows seri terbaru.

Agar kita bisa mengoperasikan Printer Epson LX 800 , dan LX 300 maka telah dibuatlah sebuah kabel data converter USB to LPT atau LPT to USB. Dengan menggunakan kabel ini kita masih bisa memanfaatkan printer ini untuk bisa mencetak di Windows Xp dan Windows 7 ke atas dengan menggunakan perangkat komputer yang tidak ada port LPTnya.

Install Printer LX 800 dan LX 300 Dotmatrik Di Windows 7

Berikut dibawah ini Langkah-langkah Install Driver Printer Epson LX-800 dan LX 300 di Windows 7.
  • Nyalakan Printer dengan menghubungkan Kabel data LPT to USB.
  • Klik Start  Menu Windows 7
  • Klik Devices and Printers
  • Klik Add Printer di tab atas
  • Pilih Add a Local Printer
  • Pilih Port Yang anda Gunakan : use an existing port
Cara install Driver Printer Epson LX 800

#Jika menggunakan Kabel LPT-LPT (Kabel Ori Bawaan LX 800) pilih LPT1
#Jika menggunakan Kabel LPT To USB  pilih Port USB001 tau USB002
Cara install Driver Printer Epson LX 800
note : karena disini saya menggunakan lpt to usb di USB 2, maka yang keluar adalah port USB002 #sesuaikan dengan port yang ada jika memakai USB-LPT
  • Pilih Driver pada tab menu tersebut, Epson - Lalu Pilih Epson LX series 1 (80)
Cara install Driver Printer Epson LX 800
  • Kemudian pilih Opsi pertama Use driver currently instaled
  • Berilah nama sesuai yang anda kehendaki ex: Epson LX 800
  • Klik NEXT tunggu sampai proses instaling berhasil
  • Pilih Do not Dhare jika ingin digunakan hanya di komputer itu saja atau share public jika printer akan dijadikan layanan print cloud seperti lewat wifi,LAN atau lewat IP
Sampai disini printer LX 800 anda berhasil di instal di windows 7 untuk pengecekannya  saat di menu terakhir penginstalan ada menu TEST PRINT klik untuk melihat apakah printer bekerja dengan baik. Hasil printer berupa Print TEST yang berlogo WINDOWS.

Jika proses penginstalan tidak ada masalah test print berjalan lancar dan anda akan melihat icon Printer dengan tanda Ceklist Hijau

Demikian postingan saya di kali ini tentang 'Cara Install Driver Epson LX-800 dan LX-300 di Windows 7'. Sekali lagi semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi temen-temen sekalian.


EmoticonEmoticon