Wednesday, July 18

Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar/Hasil Bergaris

Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair, cara kerja printer ini dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas yang dijadikan tempat pencetakan melalui lubang pipa yang kecil atau mulut semprot (nozzle). Hasil cetakan dengan menggunakan tinta cair ini butuh waktu beberapa detik sebelum tintanya menjadi kering dan tidak rusak jika disentuh.
Namun, printer ini juga sering mengalami kerusakan yaitu terjadinya penyumbatan pada saluran maupun tempat penyemprot tinta, biasanya akibat banyaknya penumpukan tinta yang mengering pada saluran tersebut yang membuat tinta tidak hanya keluar sedikit (putus-putus) bahkan tidak dapat keluar sama sekali (tidak ada tulisan yang tampil).

Solusi Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Melakukan Cleaning dan Deep Cleaning

Setiap printer biasanya dibekali fitur maintenance pada driver bawaannya termasuk Printer Canon. Salah satu fitur maintenance yang penting adalah cleaning dan deep cleaning, yang berfungsi membersihkan catridge dari sumbatan yang mungkin terjadi pada saluran atau pada kepala catridge. Namun cara ini hanya akan berhasil jika sumbatan yang terjadi tidak terlalu parah.

Cara Cleaning Printer Canon Dengan Sangat Mudah Dan Praktis

  • Pertama silahkan Klik Start > Devices and Printer di komputer anda 
  • Cari printer yang akan anda cleaning / printer bermasalah yang terpasang pada komputer anda
  • Setelah ketemu klik kanan pada printer lalu pilih “printer properties”
  • Pada kotak dialog printer properties pilih tab “maintenance” dan perhatikan ada dua jenis “cleaning” dan yang satu lagi “deep cleaning”
Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar
  • Untuk pertama kali saya sarankan pilih “cleaning” saja. Kemudian akan muncul pilihan cartrid warna atau hitam yang ingin anda clening. Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda kemudian klik “Exeute"
Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar
  • Tunggu proses cleaning selesai, pada saat proses berlangsung anda dilarang menggunakan printer.
  • Setelah selesai, anda akan diberi pilihan untuk mencetak hasil cleaning, atau tidak. Terserah anda, namun untuk melihat hasi perubahan, klik saja “print” dan lihat hasilnya
Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar
  • Samakan dengan gambar yang ditunjukan di layar, apabila hasilnya sudah sesuai, berarti cukup dan anda bisa “exit”, namun apabila dirasa kurang, anda bisa ulangi sekali lagi dengan mengeklik “Cleaning”,
Untuk deep cleaning, dilakukan apabila dengan mode cleaning beberapa kali hasilnya belum ada perubahan sama sekali. Deep cleaning ini sama saja pembersihan secara dalam, dapat dikatakan dua kali level cleaning. 

Cara Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar/Hasil Bergaris Dengan Alkohol atau Air Panas

sumbatan pada head catridge, akan menyebabkan tinta tidak dapat keluar, sehingga printer tidak dapat melakukan pencetakan, terutama pada printer canon yang lama tidak digunakan.
Berikut langkah-langkah membersihkan sumbatan pada head catridge:
  • Siapkan air hangat dalam sebuah wadah yang cukup besar untuk merendam catride. Sebaiknya jangan terlalu tinngi, dan gunakan bahan kaca agar bekas tinta dapat dibersihkan dengan mudah.
  • Siapkan tisyu/ kain drill
  • Lepaskan dan keluarkan catridge dari printer
  • Rendam head carridge pada air hanget selama beberapa menit. Hanya rendam head catridge, bukan seluruh catridge.
  • Setelah dirasa mencukupi, ambil kembali catridge. Sebagai indikator bahwa catridge sudah tidak lagi tersumbat, air akan berwarna – tercampur tinta yang kelaur dari catridge.
  • Bersihkan head catridge dengan perlahan dan hati-hati menggunakan tisu/ kain drill.
  • Angin anginkan hingga head benar-benar kering. Anda bisa mengoleskan alkohol untuk hasil lebih baik.
  • Pasang kembali catridge ke dalam printer dengan hati-hati.
Demikian Cara Mengatasi Tinta Printer Canon Tidak Keluar/Hasil Bergaris.

1 komentar so far

template nya keren ukhti :D
ana mau dong


EmoticonEmoticon