Monday, August 13

4 Kebiasaan Buruk Ini, Bisa Membuat Ginjal Kamu Rusak

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal
Setiap masing-masing dari kalian pasti mempunyai kebiasaan buruk bukan? Akan tetapi, bagaimana
jadinya jika kebiasaan buruk yang kamu lakukan tersebut berakibat fatal bagi kesehatan organ tubuhmu?

ginjal adalah satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Di dalam tubuh terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada di daerah dekat pinggang. Ukuran panjang satu organ ginjal manusia adalah sekitar 10 cm dan memiliki kisaran berat lebih dari 200 gram.

Selain sebagai sistem ekskresi, ginjal juga memiliki banyak fungsi lainnya. Diantaranya yaitu menyaring partikel-partikel kotor pada darah dan cairan tubuh, serta menjaga tekanan darah.

Organ ginjal merupakan organ yang rentan mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena ginjal  bekerja sebagai pengolah limbah atau racun dalam tubuh. Namun, ada kebiasaan-kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari yang juga dapat merusak ginjal. Beberapa diantaranya pasti pernah atau mungkin sering kamu lakukan.

Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal


Konsumsi Minuman Berenergi Dapat Merusak Ginjal

Minuman energi merupakan minuman yang berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu sering. selain minuman berenergi, ternyata ada beberapa minuman lainnya yang juga sangat membahayakan kesehatan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Yaitu kopi, teh dan soda.

Hindarilah kebiasaan buruk ini dan utamakan minum-minuman alami saja ya gaes, air putih misalnya.

Air putih sangat baik untuk ginjal selain bisa menjaga cairan tubuh tetap seimbang, air putih juga dapat membantu melancarkan fungsi ginjal saat melarutkan racun.

Begadang Salah Satu Faktor Penyebab Ginjal Rusak

Kebiasaan begadang merupakan kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Begadang berpotensi merusak tekanan darah dalam tubuh, ginjal merupakan organ penting yang sangat erat kaitannya dengan tekanan darah.

Jika tekanan darah tubuh tidak stabil, maka bisa memengaruhi fungsi ginjal. Untuk itu, sebisa mungkin jangan pernah begadang lagi ya gaes, kecuali memang ada perlunya.

Menahan Buang Air Besar dan Kecil Menyebabkan Ginjal Rusak.

Kebiasaan sepele ini secara tidak sadar seringkali dilakukan oleh banyak orang. Nah, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk menahan buang air besar dan kecil, karena kebiasaan ini sangat berpotensi merusakan kesehatan ginjal.

Jika kamu menahan buang air kecil, maka itu sama saja halnya menahan bakteri dalam tubuh lebih lama. Bakteri yang tertahan di kantung kemih tersebut berpotensi berkembang biak lebih banyak dan masuk ke ginjal. Inilah yang nantinya bisa merusak ginjal kamu gaes, sepele tapi sangat fatal bukan?

Konsumsi Narkotika.
Kalian semua pasti sudah tahu bahwa narkotika sangat tidak baik bagi kesehatan, tanpa terkecuali ginjal. Zat kimia pada narkotika yang masuk kedalam tubuh, sangat berpotensi sekali merusak sistem di ginjal. Jangan dilakukan ya gaes !

Itulah beberapa kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari yang dapat merusak ginjal. Mulai sekarang, cobalah untuk membiasakan atau menerapkan gaya hidup sehat, terutama hindari penggunaan narkotika.

Oh iya, berikut ini juga kami berikan langkah yang bisa kamu lakukan agar ginjal kamu tetap berfungsi dengan maksimal. Diantaranya yaitu mengatur pola makan, aktif bergerak, menjaga berat badan, jauhi alkohol, hindari rokok, rajin berolahraga, serta menghindari beberapa obat antibiotic dan antinyeri.


EmoticonEmoticon