Tuesday, August 14

Apakah Anda Perokok Berat? Inilah 7 Makanan dan Minuman Alami Pembersih Paru - Paru

7 Makanan dan Minuman Alami Pembersih Paru - Paru
Sudah bukan rahasia lagi, jika rokok bisa membuat paru-paru menghitam dan rusak. Asap nikotin yang masuk ke dalam paru-paru bisa menumpuk dan menyebabkan masalah kesehatan yang berkepanjangan, hingga kematian.

Bagi kamu yang punya kebiasaan merokok, butuh waktu yang relatif tidak singkat untuk berhenti. Harus perlahan dan tidak bisa langsung.

Sembari mengurangi rokok, kamu bisa mengkonsumsi makanan dan minuman berikut supaya membantu perawatan paru-paru. Wajib banget kamu perhatikan agar kinerja paru-parumu tetap baik dan sehat.

Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Paru-paru yang Lebih Sehat


Jahe
Jahe sering menjadi bahan dasar sehari-hari makanan yang kita konsumsi selama ini. Kandungan zat antiseptik serta antibakteri pada jahe dapat melancarkan saluran bronkial pada paru paru, sehingga lebih mudah menghilangkan radikal bebas yang menempel di paru-paru kita.

Rongga pernapasan terasa lebih lega saat mengkonsumsi jahe. Biasanya, jahe dimasukkan sebagai bahan dasar masakan atau diminum dengan air hangat. Namun, lebih baik jika disantap langsung dengan cara mengunyahnya.

Teh Hijau.
Dengan minum teh hijau secara teratur setiap pagi setelah bangun tidur dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di paru-paru. Teh hijau termasuk minuman yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri berguna sekali melawan radikal bebas, racun dan zat berbahaya yang menyerang tubuh.

Bawang putih
Tidak percaya bawang putih bisa membersihkan paru-paru?

Berdasarkan penelitian di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention, Tiongkok, bila rajin mengonsumsi bawang putih minimal 2 kali seminggu, bisa menurunkan resiko kanker paru-paru sampai 44 persen.

Itu karena bawang putih mengandung allicin yang bekerja sebagai antibiotik dan yang bisa mengatasi infeksi pernafasan yang menyumbat paru-paru.

Bawang putih juga bisa dikonsumsi oleh penderita asma untuk meminimalisir kambuhnya asma.

Jadi, jangan lupa pakai bawang putih pada makanan, ya.

Kunyit
Salah satu rempah asal Indonesia adalah kunyit. Rempah yang mirip jahe mampu meringankan peradangan pada paru-paru. Kunyit mengandung zat curcumin yang berfungsi untuk menghilangkan zat penyebab kanker paru-paru.

Nanas
Nanas dipercaya mampu membersihkan nikotin karena mengandung enzim blomerain yang bisa jadi penangkal segala penyakit akibat pengatuh nikotin.

Untuk membersihkan paru-paru kamu dari racun rokok. Kamu dapat mengolahnya menjadi jus segar. Jus nanas ini tidak hanya membersihkan racun saja, melainkan bisa menyehatkan sistem pencernaan.

Lemon.
Kamu bisa menggunakan air lemon setiap pagi dan malam hari. Lemon tinggi akan kandungan Vitamin C yang juga sangat berguna untuk mengusir racun yang mengendap dalam tubuh, termasuk racun yang ada di paru-paru kamu.

Susu Murni.
Kamu juga bisa meminum susu sebagai pembersih racun di paru-parumu. Susu murni sangat baik untuk kesehatan tubuh, beragam kandungan penting pada susu bisa menetralkan racun dalam tubuh.

Nah itulah beberapa bahan makanan dan minuman alami yang dapat membantu membersihkan endapan racun rokok didalam tubuh, khususnya paru-paru. Namun alangkah lebih baik lagi jika kamu bisa mengurangi atau berhenti untuk merokok, agar racun rokok tak kembali menumpuk di dalam tubuhmu.


EmoticonEmoticon