Sunday, August 19

Bagi Penderita Anemia, Inilah Buah Penambah Darah Dengan Cepat

Buah-Buahan Tinggi Zat Besi untuk Penambah Darah
Buah-Buahan Tinggi Zat Besi untuk Penambah Darah - Nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh untuk menambah darah tidak harus berasal dari berbagai produk hewani. Akan tetapi, banyak jenis buah yang tinggi akan kandungan zat besi dan juga nutrisi penting yang lain yang dibutuhkan tubuh untuk menambah darah. Saat kadar zat besi dalam tubuh tidak mencukupi, maka seseorang akan merasakan gejala darah rendah seperti lemas, pucat, pusing dan sistem imun tubuh yang semakin menurun. (baca juga : Anemia - Penyebab, Tanda, Gejala, dan Pencegahannya)

Akan tetapi untuk menambah asupan zat besi, tak semua orang mau mengandalkan obat-obatan dan multivitamin. Beberapa orang lebih suka memanfaatkan hasil alam untuk menambah darah dalam tubuh mereka. Lalu, kira-kira apa sajakah buah penambah darah yang dimaksud?

Buah-Buahan Yang Kaya Zat Besi Untuk Penambah Darah

Buah Kurma 
Buah asli timor tengah ini rasanya sangat manis, kaya akan energi dan zat gizi. Hal ini bebas kolesterol dan rendah lemak. Buah Kurma sangat dianjurkan untuk wanita hamil hingga akan melahirkan, karena kurma kaya nutrisi dan energi yang akan memberikan  stamina yang bagus bagi wanita hamil. Terutama kurma dalam hal ini adalah buah sumber zat besi yang patut diperhitungkan – yang akan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah Anda.

**Karena kurma tinggi gula, banyak ahli kesehatan menyarankan untuk menghindarinya bagi penderita diabetes.

Kismis 
Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan, umumnya dibuat sebagai topping roti atau ke basah lainnya. Kismis banyak mengandung nutrisi termasuk zat besi daripada banyak buah-buahan lainnya, sehingga sangat baik sebagai buah konsumsi untuk penambah darah.

Buah Delima 
Delima adalah buah yang paling direkomendasikan untuk semua penyakit yang berkaitan dengan darah, termasuk kekurangan zat besi  atau anemia

Zat bioaktif yang ditemukan dalam buah delima disebut  punicalagins,  telah diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Delima juga bermanfaat membantu melawan depresi dan merupakan makanan yang baik untuk diet sehat baik sedang kekurangan zat besi ataupun tidak.

Jeruk
Tidak hanya menjadi buah yang tinggi akan vitamin C, namun jeruk juga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan sel darah merah karena mengandung zat besi, magnesium, asam folat, tembaga, kalsium dan juga fosfor. Selain itu, ada banyak vitamin penting yang terkandung dalam jeruk seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 dan vitamin C. Buah jeruk ini juga menjadi makanan penambah darah untuk ibu hamil.

Semangka
Semang adalah buah buahan penambah darah yang mengandung zat besi tinggi tanpa perlu melewati proses pengeringan seperti aprikot kering, kurma dan juga kismis. Dalam 1 buah semangka berukuran sedang mengandung sekitar 1.5 gram zat besi yang lebih tinggi dari ikan yang hanya mengandung 1 gram zat besi. Selain itu, buah semangka juga mengandung vitamin C tinggi yang akan membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Jambu Biji Merah
Jambu biji merah juga menjadi jenis buah yang bisa meningkatkan produksi darah merah secara cepat. Dalam jambu biji mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan juga zat besi yang penting untuk mendukung pembentukan hemoglobin sehingga darah bisa bertambah dengan cepat sekaligus meningkatkan trombosit yang baik dikonsumsi penderita demam berdarah.

Terong Belanda 
Dalam 100 gram terong belanda ternyata terkandung zat besi sebesar 0.9 mg. Meski buah ini mungkin terlalu asam untuk dikonsumsi langsung, namun Anda bisa mengolahnya menjadi es buah atau jus. Lebih lanjut silahkan baca: 20 Khasiat Terong Belanda yang Tak Banyak Orang Tahu


EmoticonEmoticon