Wednesday, August 15

Cara Mencegah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat - Sehat tidaknya jantung amat bergantung dengan gaya hidup yang kamu jalani. Jangan main-main dengan penyakit  jantung, sebab serangannya amat mematikan, lho. Menjaga kesehatan jantung bisa kamu mulai dengan mengeleminasi faktor risikonya. Mulai dari tekanan darah tinggi, obesitas, kolesterol tinggi, merokok, hingga terlalu lama duduk.

Cara Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat
Perubahan kecil pada kebiasaan-kebiasaan hidup yang Anda jalani pada dasarnya berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung. Yang mungkin tidak Anda sadari adalah jantung merupakan organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja keras seumur hidup Anda. Karenanya, usahakan untuk selalu membuat jantung menjadi lebih sehat.

Cara Untuk Mencegah Terkena Penyakit Jantung!

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung

Hindari Makanan Cepat Saji
Saat ini manusia semakin dimudahkan dalam mengakses segala hal terutama dalam mengakses urusan perut. Terbukti dengan banyaknya restoran cepat saji yang bermunculan ditambah dengan layanan DO atau delivery order yang semakin diminati oleh masyarakat. Bagi anda yang ingin hidup sehat dan menjaga kesehatan jantungnya ada baiknya jika membatasi pengkonsumsian makanan cepat saji atau akan lebih baik menghindari makanan tersebut.

Jangan Duduk Terlalu Lama 
Pekerjaan yang membuat anda harus duduk terlalu lama harus di hindari.  Sebab duduk terlalu lama tidak sehat untuk jantung. Sebab, hasil penelitian menunjukkan duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 147 persen.

Kemungkinan lainnya adalah kematian akibat penyakit ini juga berlipat ganda. Jadi bisa meningkat kematian hingga 90 persen.

Rutin Berolahraga
Aktif secara fisik atau berolahraga secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Anda hanya perlu melakukan olahraga berintensitas sedang selama 150 menit tiap minggu. Berarti, tiap harinya Anda hanya perlu melakukan olahraga selama 30 menit, lima kali per minggu.

Menjaga Berat Badan
Banyak dari kita mencoba untuk mengurangi berat badan dengan asumsi bahwa kelebihan berat badan mengarah ke penyakit jantung. Tetapi pada kenyataannya, orang kurus juga cenderung menderita penyakit jantung. Yang harus Anda lakukan adalah tetap menjaga berat badan tetap stabil.

Hindari Menjadi Perokok Aktif dan Pasif 
Merokok tidak hanya merugikan paru-paru Anda, tetapi juga jantung Anda. Merokok dapat memicu tekanan darah tinggi dan pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung. Seperti halnya perokok aktif, perokok pasif juga rentan terhadap penyakit mematikan ini.

Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Jantung
Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan jantungnya bisa dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan untuk jantung. Makanan ini tidak diketahui oleh masyarakat luas sehingga masyarakat perlu tahu makanan apa saja yang bisa digunakan untuk menyehatkan jantungnya. Berikut ini adalah berbagai macam makanan yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan jantung anda :
  • Ikan salmon.
  • Kacang almon.
  • Ikan tuna.
  • Beras merah.
  • Wortel.
  • Oatmeal dan masih banyak lagi lainnya.
Kesehatan Mental
Tekanan mental harus dihindari dan sebaliknya orang harus belajar untuk mengelola stres. Kesehatan mental dianggap sebagai aspek paling penting yang menentukan kondisi jantung seseorang. Stres juga dianggap sebagai faktor yang paling signifikan sebagai pemicu penyakit jantung.

Mencukupi Waktu Tidur Sehari-Hari
Orang dewasa yang memiliki waktu tidur cukup di samping tidur yang berkualitas, memiliki kondisi arteri yang lebih baik daripada orang yang kurang tidur. Jika kondisi arteri baik, jantung pun dapat terbantu terhindar dari penyakit.

Dalam menjaga kesehatan jantung, tentu saja Anda tidak perlu menjalani semua tips ini secara bersamaan. Dua atau tiga di antaranya yang dilaksanakan secara rutin sudah sangat membantu mengurangi risiko datangnya penyakit jantung. Jadi, tunggu apa lagi, jangan tunda memiliki tubuh sehat mulai dari sekarang!


EmoticonEmoticon