Thursday, August 30

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Flek Hitam dan Bopeng

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah Secara Alami - Jerawat adalah sejenis penyakit kulit yang seringkali timbul pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Munculnya jerawat biasanya juga diikuti dengan timbulnya bintik-bintik seperti komedo hitam dan komedo putih.

Salah satu cara menghilangkan jerawat yang sering dilakukan adalah dengan cara memencet jerawat, namun sayangnya tidakan ini justru dapat merusak jaringan kulit dan lapisan kulit, sehingga dapat meninggalkan bekas jerawat yang membandel.

Bekas jerawat memang bervariasi, dari yang mudah hilang, sampai ada yang bisa tinggal di wajah hingga berbulan-bulan. Tentu bisa disamarkan dengan concealer, tapi akan lebih baik jika bekas jerawat tersebut bisa pergi saja selamanya dari kulit, bukan? Sebenarnya, terdapat beragam pilihan produk untuk mengatasi bekas jerawat yang tersedia. Namun, jika kamu lebih memilih untuk menghilangkannya secara alami, ada beberapa pilihan bahan yang dapat kamu manfaatkan. Bahkan, sebagian bahan berikut mungkin sudah kamu miliki di rumah. Penasaran? Yuk, simak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami berikut!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam dengan Bahan Alami

Lidah Buaya atau Aloe Vera Gel
Tumbuhan ini sudah tidak asing lagi khasiatnya, selain banyak digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Anda dapat menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam bekas jerawat dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan lidah buaya :
  • Ambil daun lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulitnya.
  • Keluarkan dan ambil gel lidah buaya, haluskan dulu.
  • Lalu oleskan pada wajah Anda.
  • Diamkan selama 10-15 menit.
  • Bilas wajah dengan menggunakan air hangat.
  • Lakukan hal ini secara rutin setiap harinya, paling tidak 2-3kali sehari

Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Tomat
Selain baik untuk dikonsumsi, tomat juga bermanfaat sebagai masker wajah. Nggak hanya mampu menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat, tomat yang mengandung vitamin A, C, dan likopen juga memiliki efek mengencangkan kulit. Cukup tempelkan irisan tomat pada wajah. Atau kamu juga bisa menghaluskannya dan digunakan sebagai masker.

Lemon
Air perasan lemon adalah asam alfa-hidroksi alami yang dapat dimanfaatkan untuk memudarkan bekas luka, meningkatkan proses penyembuhan serta merevitalisasi kulit.
Anda bisa menggunakan air perasan buah lemon secara langsung atau dicampur dengan air bersih untuk kulit sensitif.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon:
  • Siapkan satu buah jeruk lemon segar dan bola kapas.
  • Peras buah lemon untuk mendapatkan airnya.
  • Campurkan dengan air secukupnya jika Anda memiliki kulit sensitif.
  • Oleskan larutan air perasan lemon pada bekas jerawat dan biarkan hingga kering.
  • Bilas wajah Anda dengan air dingin dan gunakan pelembab alami.
  • Coba ulangi perawatan setiap 2-3 hari sekali.
Penting!
Penerapan air lemon pada kulit akan membuatnya lebih sensitif terhadap sinar UV (sinar matahari).
Jadi hindari terpapar sinar UV beberapa jam setelah perawatan.

Menggunakan Madu dan Telur sebagai Masker
Madu dan telur juga dapat digunakan sebagai cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa dibilang cukup ampuh. Cara nya dengan mengunakan kedua bahan secara bersama-sama supaya hasilnya maksimal. Untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel pada wajah, Anda dapat membuat masker wajah alami dengan telur dan juga madu.

Tapi ingat, telur yang digunakan cukup putih telurnya saja. Penggunaan masker ini sebaiknya sebelum tidur sampai bangun lagi di pagi harinya, lakukan cara ini secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bawang Putih
Bawang putih, selain sebagai salah satu bahan pelengkap bumbu dapur. Juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Lakukan hal ini :
Siapkan bawang putih secukupnya
  • Masukkan bawang putih ke dalam blender dan haluskan
  • Oleskan pada bekas jerawat
  • Biarkan selama 2 menit
  • Bilas dengan air hangat

Dengan Menggunakan Air Jeruk Nipis
Jeruk nipis banyak sekali manfaatnya, selain untuk menghilangkan bau badan atau ketiak ternyata jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan menggunakan jeruk nipis cukuplah mudah, yaitu degan cara mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah yang terdapat jerawat secara merata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 sampai 18 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sambil dipijat secara halus.

Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Kunyit
Bukan hanya bisa dipakai sebagai bumbu masak, kunyit ternyata juga memiliki khasiat untuk kulit wajah. Kamu bisa menumbuk kunyit hingga halus atau bisa juga menggunakan bubuk kunyit yang dicampur dengan air, lalu gunakan sebagai masker. Kunyit yang memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi mampu mengenyahkan jerawat serta bekasnya jika digunakan secara rutin.

Mentimun
Cara menghilangkan bekas jerawat alami yang berikutnya adalah menggunakan mentimun. Buah yang sering digunakan untuk lalapan ini kaya akan kandungan vitamin A dan C sehingga sangat bermanfaat bagi kulit.

Selain kaya akan vitamin, mentimun juga kaya akan kandungan mineral, magnesium, dan kalium. Kandungan tersebut bagus untuk menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami tanpa efek samping ini sangat mudah. Iris tipis-tipis mentimun secukupnya, lalu letakkan di atas jerawat dan bekasnya.

Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas wajah hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, ulangi perawatan dengan mentimun ini setidaknya dua kali seminggu.

Minyak zaitun
Minyak zaitun juga menjadi salah satu penghilang bekas jerawat yang baik. Selain dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, ia juga akan memberi nutrisi pada kulit untuk membuatnya lebih lembut dan lentur.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun:
  • Siapkan 3-4 tetes minyak zaitun.
  • Oleskan ke wajah Anda sambil memberikan pijatan lembut.
  • Biarkan selama kurang lebih 2 jam lalu cuci wajah Anda hingga bersih.
Penting!
Sebelum melakukan perawatan ini, bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat lalu keringkan.

Lakukan salah satu Cara menghilangkan bekas jerawat membandel di wajah diatas yang menurut anda mudah dan bahan-bahan gampang untuk didapatkan, dan pastikan bahan-bahan tersebut tidak menimbulkan alergi terhadap kulit wajah.


EmoticonEmoticon