Friday, August 24

Cara Sederhana Mengatasi Sulit Tidur (Insomnia) Paling Efektif dan Alami

Cara Mengatasi Insomnia (Susah Tidur Malam) - Insomnia atau susah tidur kadang dianggap sebagai hal sepele. Padahal, masalah tersebut bisa berimplikasi pada kesehatan baik secara fisik maupun mental. Produktivitas kerja, dan berbagai kualitas hidup juga dapat terganggu. Untuk itu, sangat disarankan bagi penderita insomnia untuk segera mencari cara mengatasi susah tidur, baik secara alami maupun secara medis.

Cara Mengatasi Insomnia
Menurut para ahli kesehatan, insomnia bukanlah sebuah penyakit, tetapi merupakan suatu gejala atau gangguan yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik atau karena pemakaian obat-obatan. Gejala sulit tidur bukan hanya dialami oleh lansia saja, tetapi juga terjadi pada orang muda yang diikuti oleh berbagai gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Terkadang seseorang merasa sulit tidur terjadi karena badan dan otaknya tidak lelah.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Mudah dan Efektif

Matikan lampu
Cahaya diketahui dapat mempengaruhi kemampuan tubuh seseorang untuk memastikan malam, dari hari yang dapat mempengaruhi jam beraktivitas. Jadi, matikan semua lampu saat akan tidur. Kecuali memiliki masalah dengan tidur dalam gelap, dapat diganti dengan lampu redup yang berwarna.

Matikan alat elektronik
Matikan alat elektronik yang sering anda gunakan begitu hendak berbaring di ranjang dan tidurlah dengan lampu yang padam. Karena jika anda masih saja membawa alat elektronik seperti smartphone ketika hendak tidur, cahaya yang dihasilkan dari benda tersebut akan tertangkap oleh retina mata dan membingungkan otak membedakan antara siang dan malam yang membuat anda jadi tidak mengantuk.

Rileks kan pikiran
Tak dapat dipungkiri bahwa kerumitan pikiran bisa menjadikan seseorang mengalami insomnia atau sulit tidur. Karena itulah agar cepat tertidur pulas anda perlu merilekskan pikiran dan coba mengalihkan dari memikirkan hal-hal yang dapat memicu stress. Anda bisa juga membayangkan hal-hal indah yan pernah terjadi di hidup anda agar saraf otak lebih rileks dan anda pun merasa tenang serta mulai tertidur.

Hindari konsumsi kafein
Kopi sangatlah tidak baik bagi kualitas tidur Anda, sebab kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur. Terutama untuk jenis kopi hitam yang pekat. Oleh sebab itu, cara mengatasi insomnia sulit tidur yang terakhir ini saya sarankan Anda menghindari konsumsi kopi. Minimal hindari kopi sekitar 5 jam sebelum Anda tidur pada malam harinya.

Hindari Merokok terutama sebelum tidur
Hindari merokok sebelum tidur. Merokok dapat menyebabkan waktu malam dengan masalah pernapasan.

Olahraga Pagi
Meski dilakukan di pagi hari, olahraga ternyata tergolong sangat efektif sebagai cara mengatasi susah tidur. Selain jogging atau lari pagi, aerobik juga bisa menjadi pilihan lainnya. Pasalnya penelitian menunjukkan bahwa ternyata, olahraga mampu melepaskan hormon endorfin. Hormon ini merupakan pemicu rasa bahagia dan dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Mandi menggunakan air panas
Mandi air panas sebelum tidur diyakini mampu merilekskan pikiran. Hal ini akan membantu anda tidur pulas setelahnya. Agar lebih rilexs, tambahkan pula beberapa tetes minyak lavender yang akan memberikan keharuman di tubuh dan tidur menjadi lebih nyenyak dengan aroma bunga yang menenangkan.

Mengonsumsi Obat Tidur
Cara paling sederhana tentu dengan mengonsumsi obat tidur, namun sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal, karena tentunya obat-obatan kimia bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan jika di konsumsi untuk jangka panjang.
Jual Herba TDR, Obat Herbal Insomnia

Jual Obat Herba Susah Tidur HIU TDR (Herbal Indo Utama) Klik Disini


EmoticonEmoticon