Wednesday, August 29

Daftar Makanan, Sayuran dan Buah Penyebab Asam Urat

Daftar Makanan, Sayuran dan Buah Penyebab Asam Urat
Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat - Meskipun ada beberapa penyebab asam urat, namun tak bisa dipungkiri kalau makanan adalah penyebab asam urat paling utama. Hal ini bisa dijelaskan melalui sebuah siklus antara zat purin dan asam urat alami yang dihasilkan tubuh.

Asam urat sebenarnya bukanlah penyakit. Asam urat adalah mekanisme alami yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengurai zat purin yang memang ada di hampir setiap makanan. Masalahnya, terdapat makanan yang kandungan purinnya tinggi. Jika makanan ini dikonsumsi, tubuh akan menghasilkan asam urat secara berlebihan. Hal ini yang memicu penyakit asam urat muncul.

Jadi, makanan penyebab asam urat sejatinya merupakan makanan yang tinggi purin. Berikut klasifikasinya.

Jenis Makanan yang Berbahaya bagi Penderita Asam Urat

Makanan penyebab asam urat dengan kandungan purin tinggi:
  • Jerohan (otak, hati, usus, limpa, dll)
  • Ekstrak daging atau kaldu daging
  • Daging bebek
  • Ikan sarden
  • Ikan Makarel
  • Kerang
Makanan penyebab asam urat dengan kandungan purin sedang:
  • Daging sapi
  • Ikan laut (kecuali sarden dan makarel)
  • Daging Ayam
  • Udang
  • Tahu dan Tempe

Sayuran Penyebab Asam Urat

Dikenal sebagai bahan makanan yang sehat, ternyata ada beberapa sayuran yang justru bisa jadi penyebab asam urat. Sebenarnya, sayur tetap merupakan bahan makanan kaya serat dan juga memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Hanya saja beberapa sayuran memang memiliki kadar purin tinggi yang bisa jadi penyebab asam urat. Berikut deretan sayuran penyebab asam urat.

Bayam
Bayam adalah sayuran yang tinggi zat besi serta flavonoid, namun kandungan purinnya juga sangat tinggi. Bagaimana tidak, menurut data dari AcuMedico, terdapat lebih dari 50 gram purin untuk setiap 100 gram bayam. Tak heran bayam adalah salah satu sayuran yang jadi penyebab asam urat.

Asparagus
Asparagus pun punya kemiripan dengan bayam untuk soal kandungan purin yang luar biasa tinggi. Untungnya sayuran penyebab asam urat ini kurang lazim dipergunakan di hidangan-hidangan khas Indonesia sehingga mudah dihindari.

Kembang kol
Kembang kol atau cauliflower adalah sayuran sehat yang kini sudah mulai jadi bahan sehat pengganti nasi. Namun dibalik kandungan sehat dari kembang kol, kandungan purinnya bisa jadi penyebab asam urat. Bagaimana tidak, menurut AcuMedico, terdapat 51 gram purin dalam 100 gram kembang kol.

Kacang-kacangan
Pantangan paling umum bagi penderita asam urat adalah kacang-kacangan. Bahkan, tempe dan tahu yang merupakan olahan sehat dari kedelai pun memiliki kadar purin sedang. Namun pada dasarnya, tumbuhan bertunas seperti kacang akan secara otomatis memiliki kadar purin yang tinggi dan jadi penyebab asam urat. Jadi, hindarilah snack-snack kacang, bahan makanan seperti kacang polong, terlebih lagi petai dan jengkol.

Jamur
Jamur-jamuran adalah alternatif asupan protein tinggi bagi mereka yang memiliki preferensi konsumsi nabati. Namun meski sehat, jamur memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dan membuatnya jadi penyebab asam urat.

Buah Penyebab Asam Urat

Sama seperti yang terjadi pada sayuran, buah adalah bahan makanan yang menyehatkan. Namun ada beberapa buah yang memiliki kandungan zat purin tinggi sehingga bisa jadi penyebab asam urat. Berikut beberapa buah yang bisa jadi penyebab asam urat.

Durian
Di tengah masyarakat Indonesia yang menggilai durian karena rasanya yang unik, buah yang memiliki julukan sebagai rajanya buah-buahan ini punya kandungan kolesterol yang luar biasa tinggi. Kandungan kolesterol dari durian ini tak pelak bisa jadi penyebab asam urat. Jadi, sebisa mungkin jauhi durian jika Anda memiliki asam urat.

Nangka
Seperti durian, nangka juga merupakan buah unik khas Asia Tenggara yang digilai masyarakat. Namun dibalik manis dan aromanya yang memikat, nangka punya kandungan purin yang tinggi sehingga bisa jadi penyebab asam urat. Hindarilah jika Anda sedang diet asam urat.
Sumber:liputan6.com


EmoticonEmoticon