Monday, August 20

Jangan Malas Gerak!... Karena Berkeringat itu Sehat Loh

Keringat pada tubuh manusia diproduksi oleh kelenjar keringat sebagai usaha tubuh dalam menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan sekitar. Normalnya, keringat keluar ketika tubuh melakukan kegiatan yang cukup menguras tenaga, makan makanan yang pedas atau sedang dilanda kegugupan.

Manfaat berkeringat
Banyak orang yang menghindari berlama-lama beraktivitas di luar ruangan karena tidak suka berkeringat. memang sih, keringat itu bikin badan lengket dan bau apek. Tidak sedap dipandang mata. Tapi jangan jadikan ini alasan untuk Anda seharian malas-malasan di ruangan ber-AC. Entah itu keringat karena jalan kaki ke kantor, keringatan di gym, atau keringatan karena makan pedas.

Manfaat berkeringat untuk kesehatan dan Kecantikan

Mendinginkan Tubuh
Keringat bermanfaat bagi tubuh lantaran membantu mendinginkan panas tubuh. Ini merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan uap dan menjaga suhu nyaman. Itu makanya saat cuaca terik atau makan yang panas-panas, tubuh Anda akan berkeringat.

Membersihkan racun dari tubuh
Fungsi keringat lain yang sering dilupakan adalah keringat membantu tubuh secara alami membuang racun. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa keringat mengandung berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam yang berpotensi beracun, seperti kadmium, aluminium, dan mangan.

Ini adalah alasan utama mengapa berkeringat dianggap sebagai detoxicant (penetralisir zat beracun). Perlu diketahui, 2 hingga 5 juta kelenjar keringat di kulit manusia dapat memainkan peran penting dalam menghilangkan banyak zat beracun yang ada di tubuh.

Mempercantik Kulit
Pada saat Anda berkeringat, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar. Itu sebabnya banyak yang bilang bahwa berolahraga bisa bikin Anda tambah cantik.

Namun manfaat ini hanya bisa didapatkan bila Anda berkeringat dengan tidak berlebihan. Jika keringat keluar secara berlebihan atau disebut sebagai hiperhidrosis, kondisi ini justru dapat memicu tumbuhnya jamur dan munculnya eksim. Untuk itu, hindari kafein yang dapat memicu keringat berlebih.

Membantu Menurunkan Berat Badan 
Anda mungkin sering mendengar bahwa jika ingin menurunkan berat badan, maka harus banyak keringat yang keluar. Ketika Anda berkeringat karena latihan, artinya Anda benar-benar membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Memperlancar sirkulasi darah
Fungsi keringat lain yang juga tidak kalah penting adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.

Menurunkan risiko batu ginjal
Berkeringat bisa menjadi cara yang efektif untuk mengeluarkan garam dan mempertahankan kalsium di tulang Anda. Hal ini dapat membatasi akumulasi garam dan kalsium di ginjal dan urin yang merupakan asal dari batu ginjal. Bukan kebetulan jika orang yang berkeringat cenderung minum lebih banyak air dan cairan, yang merupakan metode pencegahan lain untuk batu ginjal.

Sebuah penelitian pada konferensi American Urological Association, menemukan bahwa berjalan selama beberapa jam dalam seminggu dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Berkeringat membantu membersihkan sistem lebih efisien karena menuntut tubuh untuk minum lebih banyak.

Menurunkan stres
Meski tidak terkait secara langsung, fungsi keringat adalah dapat menurunkan stres atau memperbaiki suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna memiliki efek positif. Endorfin dan bahan kimia lainnya yang dilepaskan saat berolahraga secara alamiah memperbaiki mood dan menurunkan stres.

Namun perlu dipahami juga bahwa saat Anda berkeringat, Anda mengurangi jumlah cairan di tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, Anda perlu sesuaikan kemampuan tubuh Anda sendiri sampai sejauh mana Anda mampu berkeringat tanpa harus merasa kehausan amat sangat. Minum juga air yang banyak sebelum berolahraga dan terus mengisi cairan tubuh yang hilang secara berkala saat berolahraga.


EmoticonEmoticon