Friday, August 17

Khasiat dan Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Tanaman bernama latin Syzygium polyanthum merupakan salah satu herba yang paling sering dipakai dalam masakan Indonesia. Walaupun begitu kita lebih mengenalnya dengan nama daun salam. Tak hanya melezatkan panganan, ternyata manfaat daun salam juga merambah dunia kesehatan dan kecantikan.

Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap manfaat dari daun salam bagi kesehatan memang dapat dikatakan sebagai suatu kewajaran karena mereka memakai daun ini lebih untuk memasak. Akan tetapi, kini sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa daun salam mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, daun salam juga berpotensi untuk menangkal efek buruk dari penyakit kronis.

Berbagai manfaat daun salam untuk kesehatan di antaranya untuk mengatasi rematik, maag, telat haid, sakit perut, ramuan penyejuk serta pembasmi kecoa. Daun salam juga dapat digunakan sebagai salep “rubefacient”, yaitu zat penghangat yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Buah tanaman ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan fibroid rahim, sirosis dan nyeri sendi.

Manfaat daun salam lainnya adalah untuk menurunkan gula darah. Kandungan zat polifenol – semacam antioksidan dalam ekstrak daun tersebut dipercaya para peneliti dapat menurunkan jumlah gula darah bagi orang yang memiliki diabetes. Zat ini juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, sehingga mencegah komplikasi penyakit jantung yang sering kali menyerang pasien dengan diabetes.

Khasiat Dahsyat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tanpa Efek Samping


Manfaat Daun Salam Untuk Diet
Ternyata manfaat daun salam juga bisa dirasakan oleh mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan. Dilansir Times of India, Mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak.

Anda yang ingin mendapatkan manfaat daun salam untuk diet juga bisa mencoba resep rekomendasi Step to Health berikut. Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

Manfaat Daun Salam Untuk Diabetes
Daun salam efektif  mengobati diabetes tipe 2 karena bisa menyebabkan penurunan gula darah, kolesterol, dan trigliserida. Untuk bisa merasakan khasiatnya secara maksimal, bentuk bubuk daun salam harus dikonsumsi selama 1 bulan. Tak hanya menurunkan kadar gula darah, namun sekaligus mengatur fungsi jantung. Manfaat ini di berikan oleh zat antioksidan yang banyak terdapat dalam daun salam, yang memungkinkan tubuh untuk memproses insulin secara lebih efisien; dengan demikian sehingga membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes dan orang yang memiliki masalah dengan resistensi insulin.

Manfaat Daun Salam Untuk Mengatasi Masalah Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah momok bagi kesehatan tubuh. Tekanan darah yang terlalu tinggi tidak hanya akan membuat seseorang menjadi pusing, namun efek yang paling buruk adalah pecahnya kelenjar otak hingga menyebabkan kematian. Namun, tanpa pernah disangka, daun salam bisa diandalkan untuk masalah yang satu ini.

Ya, salah satu manfaat daun salam adalah dapat menjaga tekanan darah agar stabil. Kandungan antioksidan dalam daun salam berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga suplai darah ke tubuh senantiasa stabil. Untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, maka anda dapat meminum air rebusan daun salam hangat setidaknya sekali setiap hari.

Manfaat Daun Salam Untuk Asam Urat
Daun salam cukup efektif untuk mengobati asam urat. Rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air sampai airnya menyusut hingga separuh. Minum ramuan ini selagi hangat 2 kali dalam sehari.

Manfaat Daun Salam Untuk Menyingkirkan Kutu Rambut
Untuk menyingkirkan kutu rambut, rebus sekitar 50 gram daun salam dengan 400 ml air sampai 100 ml air. Saring air untuk menerapkan ramuan ini pada akar rambut. Biarkan selama 3 sampai 4 jam dan bersihkan, untuk menyingkirkan kutu kepala secara efektif.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan  Pencernaan 
Daun salam baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, bahkan bisa mengobati gangguan pencernaan seperti sakit maag dan perut kembung karena masuk angin. Teh daun salam dengan cara merebus daun salam segar dan diminum bisa  meringankan gangguan pencernaan umum seperti sembelit, asam lambung, dan BAB tidak teratur.   Untuk masalah gangguan pencernaan dan perut kembung, Anda dapat mengambil 5 gram daun salam, tambahkan sepotong jahe dan didihkan dengan 200 ml air sampai tinggal seperempatnya. Supaya enak bisa di tambahkan madu minum dua kali sehari. Hal ini juga bisa menambah nafsu makan, jika Anda baru saja sembuh dari sakit.

Manfaat Daun Salam Untuk Masalah Jantung Dan Stroke 
Fitonutrisi yang terkandung dalam daun salam bisa mencegah penyakit terkait kardiovaskular seperti  penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Hal ini karena daun salam mengandung asam salisilat, asam caffeic, dan zat aktif yang berperan meningkatkan kesehatan dan  fungsi jantung.

Manfaat Daun Salam Untuk Mengobati Masalah  Menstruasi 
Daun salam yang diminum bisa membuat menstruasi yang tidak teratur kembali menjadi teratur dan normal. Hal ini juga memiliki sifat dapat menyembuhkan keputihan seperti halnya daun sirih.

Manfaat Daun Salam Untuk Masalah Ginjal 
Daun salam bisa membantu pengobatan ginjal terutama infeksi ginjal dan  batu ginjal. Untuk pengobatan ini, rebus 5 gram daun salam dengan 200 ml air sampai tinggal seperempatnya; setelah itu saring dan minum sebanyak dua kali sehari. Hal ini akan menghentikan pembentukan batu ginjal.

Manfaat Daun Salam Untuk Pengobatan Flu Dan Demam 
Daun salam efektif meredakan gejala pilek, flu dan demam infeksi. Rebus 2 sampai 3 daun salam sampai mengeluarkan uap, lalu rendam kain kedalam air dan letakkan di dada  untuk meringankan flu, pilek, dan batuk. Untuk mengatasi demam, rebus daun salam 3 lembar daun salam dengan 200 ml air sampai tinggal seperempatnya; lalu saring dan minum .

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan. Perlu diingat pengobatan dengan herba alami seperti daun salam hanya bersifat alternatif. Normalnya hanya untuk mendampingi medikasi profesional.


EmoticonEmoticon