Wednesday, August 15

Khasiat Kunyit Untuk Lambung Dan Penyakit Maag

Khasiat Kunyit Untuk Lambung Dan Penyakit Maag
Kunyit atau orang Jawa sering menyebutnya dengan Kunir adalah rimpang tanaman yang memiliki nama latin Curcuma longa Linn, merupakan satu dari banyak tanaman rempah yang diyakini memiliki khasiat pengobatan. Penyebaran tanaman kunyit hingga mulai dari Asia, Afrika, dan Australia. Kunyit populer di berbagai daerah dengan sebutan lokal seperti epertiturmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura). Menurut wikipedia,  produk obat-obatan yang  menggunakan kunyit sebagai bahan baku mampu bersaing dengan bermacami obat paten seperti obat peradangan sendi dan suplemen makanan.
Kunyit saat ini telah diakui dunia sebagai terapi pengobatan  alternatif untuk sakit maag, peradangan, dan sakit lambung.
Saking banyakannya kandungan yang baik pada kunyit kadang rempah-rempah ini juga digunakan untuk bahan dasar obat kecantikan pada kulit. Tapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini. Manfaat kunyit yang akan kita bahas adalah untuk mengobati asam lambung yang banyak diderita oleh manusia jaman now

Kuningnya kunyit ini juga seringkali dijadikan pewarna makanan yang alami dan juga bumbu dapur. Kunyit juga ngga jarang dijadikan sebagai minuman dan makanan ringan juga jamu sebagai pengobatan.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang ada pada Kunyit:
  • Natrium deklofenak
  • Piroksikam
  • Fenil butason
  • Antioksidan
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E
  • Lesitin
  • Amprotab
  • Mg- stearat
  • Nepagin

Manfaat Dari Kunyit Untuk Kesehatan Lambung


Khasiat Kunyit Untuk Menstabilkan Kadar Asam Lambung

Bagi anda yang memiliki masalah terhadap kondisi asam lambung, anda bisa mencoba cara tradisional untuk menstabilkan kadar asam lambung anda. Yaitu selain dengan mengontrol pola makan dan menu makanan anda sehari- hari, anda juga bisa mengkonsumsi kunyit. Untuk mengkonsumsinya bisa dijadikan sebagai bahan tambahan makanan ataupun minuman. Akan lebih mudah jika anda menjadikannya minuman seperti jamu. Selain rasanya yang enak dan segar cara mengolahnya pun sangat mudah dan praktis.

Khasiat Kunyit Untuk Meredakan Nyeri Lambung

Bagi anda yang sering mengalami nyeri di bagian perut terutama lambung, anda bisa mencoba salah satu resep minuman tradisional yang berbahan dasar kunyit. Caranya yaitu siapkan 2 jari kunyit lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan air hangat / panas dicampur dengan madu dan minum airnya. Kalo tidak mau panas, setelah terseduh dengan baik bisa tambahin es batu biar seger.

Khasiat Kunyit Untuk Menyembuhkan Penyakit Maag

Penyebab asam lambung naik sebelumnya adalah nyeri pada lambung yang biasa kita sebut sebagai maag. Kunyit bisa diparut lalu dicampur air sedikit dan diperas airnya serta diminum dengan campuran madu, coba lakukan itu selama 1 bulan setiap hari dijamin maag anda hilang selamanya :p (kalo ngga dijaga ya balik lagi sih).

Khasiat Kunyit Untuk Mencegah Tingginya Asam Lambung

Asam lambung awalnya dipicu oleh penyakit maag yang biasanya karena kita suka menunda makan atau menunggu sampai kelaparan baru makan. Coba konsumsi kunyit sebagai minuman atau makanan sebagai suplemen kesehatan lambung anda.

Khasiat Kunyit Untuk Jaga Agar Asam Lambung Tetap Stabil

Lagi-lagi tips untuk supaya asam lambung kita tetap terjaga. Siapin kunyit 2 ibu jari trus dibersihkan dan potong tipis, lalu seduh dengan air mendidih dan diemin selama 15 menit. Minum airnya sehari 2 gelas dan dijamin lambung anda sehat terus.

Nah gimana? tertarik untuk coba?


EmoticonEmoticon