Tuesday, August 28

Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Menjaga Kesehatan

Buah manggis mempunyai nama Latin Gracinia Mangostana yang pohonnya merupakan pohon yang hijau alami dan abadi yang biasanya pohon manggis ini bisa tumbuh didaerah yang beriklim tropis. Banyak sekali masyarakat yang percaya bahwa pohon manggis ini berasal dari kepulauan Nusantara yang mempunyai ketinggian pohon sampai 25 meter. Pada saat sudah masak, kulitnya berwarna merah keunguan dan kadang berwarna kecokelatan serta daging buahnya berwarna putih.

Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Menjaga Kesehatan
Sudah banyak riset untuk mengetahui manfaat buah manggis baik daging buahnya maupun kulit luarnya. Hal ini terjadi karena hampir semua bagian dari buah manggis bisa dimanfaatkan dan sangat baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa riset yang dilakukan oleh para ahli untuk menemukan manfaat buah manggis.

Buah yang bernama latin garcinia mangostana ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mencegah perkembangan penyakit jantung serta diabetes pada pasien penderita obesitas. Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh BioMed Central Akses, menggambarkan bagaimana jus dari buah eksotis ini mampu menurunkan tingkat protein C-reaktif.

Kandungan Buah Manggis
Selain zat super yang kita namakan xanthones, manggis juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi.
  • Vitamin C, BI & B2
  • Zat besi, niasin,  protein, serat fiber,  kalsium, dan lainnya.

Manfaat Luar Biasa Buah Manggis Untuk Menjaga Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Mencegah Kanker
Buah manggis kaya senyawa Antioksidan alami (senyawa xanthones) yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghancurkan sel-sel jahat, salah satunya adalah sel kanker. Studi terbaru menunjukkan bahwa xanthones memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri dan anti-kanker.

Sel kanker dipicu oleh pola hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, junk food dan pengolahan makanan yang belum matang sempurna atau makanan yang dibakar. Maka tak heran jika orang yang sering mengonsumsi makanan tersebut cenderung berpotensi mengidap kanker di kemudian hari.

Namun tidak bagi Anda yang rutin mengonsumsi buah yang satu ini karena sudah terbukti dalam penelitian bahwa buah manggis tinggi antioksidan. Sementara itu, di bagian kulit manggis mengandung zat Antioksidan lebih tinggi dibanding buahnya.

Menurunkan kolesterol
Mengonsumsi manggis secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat. Gamma mangostin yang terdapat di dalam manggis dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat.

Sedangkan polifenol yang juga terdapat pada manggis dapat menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan di dalam tubuh. Dengan terjaganya kadar kolesterol, Anda akan terhindar dari stroke maupun serangan jantung.

Membantu mengendalikan diabetes
Mengonsumsi manggis secara teratur dapat membantu mengendalikan penyakit diabetes. Antioksidan di dalam manggis dapat mengendalikan metabolisme glukosa di dalam darah, mengurangi resistensi insulin, dan membantu pankreas memproduksi insulin secara efektif.

Mencegah Batu Ginjal
Mengkonsumsi buah manggis akan memberikan efek buang air kecil secara rutin. Maka dari itu dapat disimpulkan dengan mengkonsumsi buah manggis tentu dapat membantu menghindari penyakit batu ginjal.

Melancarkan Peredaran Darah
Senyawa di dalam manggis juga terbukti mampu melancarkan peredaran darah, sehingga risiko terkena darah mengental semakin kecil. Bukan hanya itu saja, peredaran darah yang lancar dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, obesitas, stroke hingga katarak.

Menjaga kesehatan kulit
Manggis dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Ini karena manggis memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antialergi, serta mengandung antioksidan tinggi untuk membantu mengurangi risiko berbagai kondisi, seperti peradangan dan penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri.

Mengatasi Alergi dan Peradangan
Sebuah penelitian dari Nakatani mengatakan jika manfaat buah manggis salah satunya adalah untuk mengurangi alergi terhadap sesuatu. Senyawa dalam manggis mampu menghambat hormon histamin yang menyebabkan seseorang merasakan gatal akbiat alergi. Dalam penelitian lain juga mengatakan bahwa konsumsi buah manggis dapat mengobati alergi.

Sementara itu pada peradangan sendi biasanya dialami pula oleh lansia, sakit yang ditimbulkan dari radang ini kerap menimbulkan rasa linu. Namun dengan makan manggis, peradangan yang terjadi berangsur-angsur membaik. Hal ini karena kandungan gamma dan alfa mangostin pada manggis dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Obat Awet Muda
Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis sangat baik untuk kesehatan dan mampu menghambat penuaan. Karena zat ini mampu memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusah dan menggantinya dengan yang baru, sehingga anda akan nampak awet muda jika rajin mengkonsumsi buah ini. Ada juga buah lain yang mengandung banyak antioksidan yaitu manfaat mahkota dewa.

Melancarkan Proses Pencernaan
Manggis juga kaya serat sebanyak 13% dari kebutuhan manusia setiap 100 gram buah. Konsumsi rutin buah ini dapat meningkatkan metabolisme serta mencegah penyakit di saluran pencernaan seperti diare, ambeien, konstipasi, kanker usus, kanker perut dan masih banyak lagi.

Mengolah Kulit Manggis

Untuk memperoleh manfaat buah manggis secara maksimal kita bisa memnyeduh potongan kulit manggis takarannya adalah 1 kulit manggis dipotong-potong lalu direbus menggunakan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas saja. Kemudian saring air rebusan dan konsumsi secara teratur 2-3 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat buah manggis yang perlu kita ketahui. Tapi bagaimanapun juga anda harus berhati-hati saat mengolah buah menggins, karena kulit manggis tersebut tidak higienis dan bisa saja mengandung pestisida yang disemprotkan petani untuk mengusir hama dari pohon manggis.


EmoticonEmoticon