Tuesday, August 28

Manfaat dan Khasiat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Mahkota dewa atau Phaleria Macrocarpa dalam bahasa latin ialah salah satu jenis tanaman yang asli dari Papua, Indonesia.  Tanaman jenis gaharu-gaharuan ini memang sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, karena kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.
Manfaat dan Khasiat Buah Mahkota Dewa
Nama lain dari mahkota dewa sangatlah banyak seperti : Makuto Rojo, Obat Dewa, Pau, Simalakama, dan Boh Anggota Dewan.

Kandungan yang terdapat pada buah Mahkota Dewa seperti kandungan zat polifenol, zat flavonoid, zat alkaloid, zat saponin dan lain sebagainya .Untuk bagian daunnya terdapat kandungan senyawa alkaloid, saponin, serta polyfenol. Kandungan itulah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu apa saja manfaat dan khasiat buah mahkota dewa ini, berikut ini informasinya.

Manfaat dan Khasiat Buah Mahkota Dewa Untuk Obat Penyakit Berbahaya

Menangkal radikal bebas
Banyak timbulnya penyakit yang di sebabkan oleh adanya radikal bebas. Tubuh kita sangat rentan terkena radikal bebas buah ini dapat di gunakan untuk menangkal radikal bebas. Dikarenakan zat antioksidan yang ada di dalam kulit buah ini lah yang akan berperan untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh.

Sebagai Detoks Tubuh
Banyak orang yang mulai sadar pentingnya melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi sangat bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, detoksifikasi baru bisa dilakukan oleh masyarakat menengah ke atas saja dikarenakan harga sekali detox yang mahal dan menguras isi dompet. Berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan detoksifikasi :
  • Detok adalah proses pengeluaran racun yang mengendap di dalam tubuh.
  • Racun yang tidak dikeluarkan bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh.
  • Kebanyakan racun mengendap di dalam usus, oleh sebab itulah orang yang tidak sering melakukan detox bisa terkena berbagai macam penyakit usus. Yang paling mengerikan adalah terjadinya kanker usus.
  • Saat ini detok bisa dilakukan menggunakan tanaman mahkota dewa, kandungan alkaloidnya bermanfaat dalam detoksifikasi dalam tubuh.
Cara Penggunaan :
Caranya adalah merebus buah mahkota dewa tanpa biji kemudian meminum air rebusannya selama seminggu sekali. Racun akan dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat.

Melancarkan peredaran darah
Buah Mahkota Dewa berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Karena zat yang ada di dalam buah ini lah yang dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh, zat tersebut bisa disebut dengan zat flavonoid. Apabila peredaran darah dalam tubuh kita lancar maka kita dapat terhindar dari berbagai penyakit serta gangguan kesehatan lainnya.

Mengobati penyakit jantung koroner
Untuk saat ini, penyakit jantung koroner ialah salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan juga mematikan. Jantung koroner ini ialah penyakit dimana aliran darah tak bisa berjalan dengan lancar menuju jantung. Dan untuk pengobatannya ialah dengan memperlancar aliran darah menuju jantung namun pastinya hal itu bukanlah hal yang mudah. sangat di perlukan kehatian- hatian dalam mengonsumsi makanan, olah raga teratur dan lain sebagainya. Manfaat mahkota dewa bisa di gunakan untuk mengobati jantung coroner karena terdapat zat flavonoid yang bisa membantu memperlancar aliran darah di pembuluh darah.

Menurunkan Gula Darah
Manfaat mahkota dewa adalah bisa menurunkan kadar gula di dalam darah. Kandungan saponin yang ada di dalam mahkota dewa bisa menurunkan kadar gula darah. Air rebusan mahkota dewa cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes dengan kadar gula yang tinggi. Cara menurunkan kadar gula menggunakan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :
  • Siapkan 5 buah mahkota dewa, iris tipis-tipis.
  • Air bersih sebanyak 5 gelas.
  • Rebus mahkota dewa bersama air dan sisakan sampai setengahnya.
  • Minum tiga kali sehari.
Mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor
Sel kanker yang terus berkembang dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit kanker dan tumor yang berbahaya. Untuk mencegahnya agar tidak tumbuh dan berkembang luas, anda bisa memanfaatkan mahkota dewa. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menegah sel kanker dan tumor menyebar luas.

Menurunkan kolesterol
Kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan tubuh. Untuk mencegahnya, anda harus menurunkan kadar kolesterol tubuh anda, yaitu dengan memanfaatkan mahkota dewa. Kandungan zat flavonoid di dalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Manfaat Mahkota Dewa Untuk Vitalitas Pria

Manfaat lain dari buah mahkota dewa khususnya bagi pria yakni meningkatkan vitalitas. Buah mahkota dewa memiliki kandungan saponin yang sangat baik untuk meningkatkan vitalitas. Anda dapat mengkonsumsi buah mahkota dewa atau phaleria ini dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Jika Anda tidak memiliki tanaman mahkota dewa, Anda bisa membeli buah mahkota dewa kering di toko obat herbal. Setelah itu, rebus buah mahkota dewa kering sampai mendidih. Minumlah air rebusan mahkota kota dewa satu jam sebelum berhubungan badan dengan istri.

Baik sebagai anti peradangan
Zat flavonoid yang terkandung di dalam kandungan buah mahkota dewa ini sangat bermanfaat sebagai anti bakteri. Kita dapat mengonsumsi air rebusan dari buah ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal. Sehingga akan sangat menguntungkan bagi kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang di akibatkan inflamasi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
System imun itu memang sangat penting di dalam tubuh karena di dalam tubuh dan dengan adanya system kekebalan tubuh yang baik maka bisa menangkal berbagai macam penyakit yang timbul. Manfaat mahkota dewa juga bisa Anda dapatkan karena bisa meningkatkan system imun di dalam tubuh dengan cepat. hal ini dikarenakan di dalam buah ini terdapat zat saponin yang bisa membuat system kekebalan tubuh meningkat.

Obat asam urat
Kandungan flavonoid yang terdapat dalam buah mahkota dewa sangat baik untuk mengobati berbagai masalah kesehatan tubuh, salah satunya adalah masalah asam urat. Jika kadar asam urat bisa diturunkan, tentu tubuh anda akan terhindar dari penyakit asam urat.

Bisa Meningkatkan Metabolisme
Untuk memiliki tubuh yang fit, metabolisme yang baik dan lancar sangatlah dibutuhkan. Dari sekian banyak cara yang bisa Anda lakukan, memaksimalkan manfaat mahkota dewa yang satu ini bisa menjadi jalan terbaik. Hal ini disebabkan kandungan zat flavonoid yang cukup banyak di dalamnya, sehingga bisa sangat membantu untuk memperbaiki dan melancarkan sistem metabolisme tubuh,

Obat Disentri
Disentri adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Disentri bisa disembuhkan menggunakan mahkota dewa karena zat saponin di dalam mahkota dewa bersifat anti bakteri. Cara menyembuhkan disentri menggunakan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :
  • Siapkan kulit buah mahkota dewa kering sebanyak 6 gram.
  • Siapkan air bersih 5 gelas.
  • Rebus buah mahkota dewa menggunakan air. Biarkan sampai mendidih dan sisakan setengahnya.
  • Minum sebanyak tiga kali sehari.

Mengobati Hepatitis
Penyakir hepatitis disebabkan oleh virus. Penyakit ini tidak bisa dibiarkan. Untuk mengobati penyakit hepatitis, bisa menggunakan mahkota dewa. Zat saponin dalam mahkota dewa bermanfaat untuk mengobati penyakit hepatitis. Cara mengobati hepatitis menggunakan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :
  • Siapkan 5 gram daging mahkota dewa.
  • Pegagan sebanyak 15 gram.
  • Daun sambiloto kering sebanyak 10 gram.
  • Air bersih sebanyak 5 gelas.
  • Daun dewa sebanyak 15 gram.
  • Campur semua bahan dan kemudia rebus sampai tersisa tiga gelas saja.
  • Minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari.
dan masih banyak sekali manfat dari buah Mahkota Dewa

Nah, sekarang Anda sudah lebih tahu bukan mengenai manfaat mahkota dewa? Oleh karenanya, tidak ada salahnya mulai saat ini Anda menanam tanaman mahkota dewa demi berjaga-jaga siapa tahu akan membutuhkannya sebagai obat alami.


EmoticonEmoticon