Friday, August 17

Manfaat Daun Kelor Terbukti Ampuh Melawan Penyakit Ganas

Manfaat Daun Kelor Terbukti Ampuh Melawan Penyakit Ganas

Manfaat Daun Kelor | Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan — Daun Kelor tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, kalau dipedesaan kelor menjadi salah satu sayuran favorit sebagian besar masyarakat, sementara jika diperkotaan sudah sangat sulit ditemukan.

Menilik lebih jauh ke dalam kandungannya, berdasarkan dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, didapatkan fakta yang cukup mencengangkan. Bagaimana tidak, di dalam daun kelor ternyata terkandung potasium yang jumlahnya 3 kali lebih besar dari pisang, vitamin A yang 4 kali lebih melimpah dibandingkan wortel, vitamin C yang 7 kali lebih besar dari jeruk dan kadar kalsium yang 4 kali lebih banyak dari susu.

Itu pun belum di tambah lagi dengan berbagai jenis asam amino essensial, vitamin lain dan berbagai senyawa antioksidan yang manfaatnya tentu sudah diakui oleh para ilmuwan. Melihat fakta ini, pantaslah daun kelor mendapat julukan ‘Miracle Tree’ .

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Daun Kelor Membantu Mengusir Berbagai Jenis Kanker 
Daun Kelor juga mengandung banyak zat bioaktif yang bersifat anti-kanker. Selain mengandung tinggi zat antioksidan dan vitamin A, C, dan E, kelor juga mengandung zat kaempferol, quercetin, dan rhamnetin. Tes laboratorium telah menunjukkan bahwa kelor bermanfaat mencegah kanker akibat radikal bebas pada tingkat sel termasuk kanker hati, kanker paru-paru, kanker ovarium dan kanker kulit. Walaupun studi lebih lanjut masih diperlukan untuk semakin meyakinkan temuan ini, namun tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kelor yang tinggi nutrisi ini sebagai bagian dari diet sehat.

Daun Kelor Bisa Meningkatkan Fungsi Ginjal 
Konsentrasi Zat aktif yang ditemukan dalam daun kelor lebih tinggi pada akarnya, sehingga banyak digunakan untuk tujuan pengobatan. Sifat diuretik dan detoksifikasi dari akar pohon kelor bisa membantu meningkatkan fungsi ginjal dan mengatasi infeksi pada saluran kemih. Ekstrak akar pohon kelor digunakan untuk mengobati masalah batu ginjal karena bisa membantu membersihkan kelebihan kalsium dari ginjal.

Kelor Mengatur Fungsi Tiroid 
Moringa terlihat memiliki sifat mengatur kelenjar tiroid. Orang yang memiliki masalah kelenjar tiroid yang terlalu aktif menemukan pengurangan gejala yang signifikan ketika rutin mengonsumsi suplemen kelor. Masalah peradangan karena tiroid bisa diatas tanpa obat jika mengonsumsi ekstrak kelor secara teratur.

Memperlambat Efek Penuaan Dini 
Senyawa zeatin yang terkandung dalam daun kelor terbukti mampu memperlambat efek penuaan dini. Selain itu, berbagai kandungan mineral dan asam amino pada daun kelor juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan keratin, yang berperan penting bagi kesehatan seluruh jaringan kulit.

Daun Kelor Mempertahankan Kesehatan Tulang 
Kadar kalsium yang 4 kali lebih besar dari susu, di tambah dengan vitamin K dan protein yang begitu besar, membuat manfaat daun kelor semakin mengagumkan. Kalsium, vitamin K dan protein sendiri merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan tulang. Memastikan pertumbuhan tulang tetap sehat sekaligus mencegah dari berbagai jenis gangguan fungsi tulang, seperti osteoporois.

Daun Kelor Sebagai Obat Herbal Diabetes 
Menurut satu studi ilmiah yang baru-baru ini dilakukan, daun kelor terbukti dapat dijadikan sebagai obat herbal diabetes karena mampu menurunkan kadar gula dalam darah.
Penelitian lebih lanjut juga telah mengonfirmasi, bahwa konsumsi makanan kaya protein nabati dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2. Para ahli mengatakan, hanya dengan mengganti 5 gram konsumsi protein dari daging dengan protein nabati, sudah mampu mengurangi risiko onset diabetes tipe 2 sebesar 18%.
Untuk diketahui, dalam satu cangkir sari daun kelor terkandung protein yang sama besarnya dengan jumlah protein di dalam 100 gram daging.

Daun Kelor Meningkatkan Jumlah Dan Kualitas ASI
Daun kelor adalah suplemen tradisional yang bisa melancarkan produksi ASI Ibu menyusui, masyarakat sudah banyak yang tahu akan khasiat ini, tentunya akan sangat bermanfaat bila dalam seminggu disempatkan untuk makan sayur daun kelor, jus daun kelor atau ekstral suplemen.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan 
Daun kelor merupakan sumber kalsium dan serat yang berkontribusi besar terhadap kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat tinggi di dalam daun kelor juga mampu membantu mengontrol berat badan dengan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan mendukung proses metabolisme tubuh yang optimal.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh 
Sistem kekebalan tubuh memegang peranan teramat penting, guna mencegah kedatangan berbagai infeksi virus maupun bakteri pembawa penyakit. Agar sistem kekebalan tubuh selalu berada dalam kondisi yang optimal, dibutuhkan asupan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan mengonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor ini hadir berkat kandungan vitamin A, vitamin C dan zat besi didalamnya yang mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan sel darah merah, sehingga secara langsung dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Daun Kelor Membantu Pengobatan Rematik (Rheumatoid Arthritis) 
Moringa memiliki sifat modulator kekebalan, yang sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, skleroderma, dan psoriasis. Banyak obat herbal yang dibuat untuk mengatasi arthritis yang menggunakan bahan daun kelor. Efek anti-inflamasi dari keolor akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada persendian akibat rematik.

Daun Kelor Membantu Mengatasi Insomnia 
Daun kelor dan buahnya jika di konsumsi sebagai bagian dari diet diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur. Mengonsumsi daun kelor dalam bentuk ekstrak atau bubuk mungkin efektif. Triptofan yang banyak ditemukan dalam kelor bisa menjadi faktor yang berperan untuk mengatasi gangguan tidur ini, karena protein ini penting untuk memproduksi serotonin dan melatonin , hormon pengatur siklus tidur. Vitamin B6 adalah nutrisi lain yang juga berperan penting dalam produksi serotonin yang juga banyak terdapat dalam kelor.

Efek Samping Daun Kelor

Daun kelor aman dikonsumsi selama digunakan dengan tepat. Namun, penting untuk tidak mengonsumsi akar juga batangnya, karena dicurigai mengandung zat beracun yang dapat membahayakan tubuh.


EmoticonEmoticon