Friday, August 24

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan Herbal

Sirih Merah, Obat Beragam Penyakit - Indonesia memang kaya dengan berbagai tanaman herbal yang sangat bermanfaat baik untuk pengobatan, kecantikan dan berbagai macam kegunaan lainya.

Sirih merah adalah tumbuhan yang merambat dan hampir mirip dengan tanaman sirih biasa, yang membedakanya hanyalah pada warna daunnya. Sirih merah banyak ditanam sebagai tanaman hias maupun untuk digunakan sebagai tanaman obat.

Manfaat Daun Sirih Merah
Daun sirih dikenal akan sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit. Khasiatnya tak terbatas di permukaan tubuh. Jika dimakan atau diminum air rebusannya, manfaat daun sirih juga akan terasa untuk organ-organ tubuh.

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Selain itu, kandungan daun sirih lainnya adalah:
  • Protein: 3 persen per 100 gram
  • Iodin: 3,4 mcg per 100 gram
  • Sodium: 1,1-4,6% per 100 gram
  • Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram
  • Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gram
  • Vitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram
  • Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Menghentikan mimisan.
Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.

Daun Sirih Mengurangi Keputihan Pada Wanita
Keputihan bukan masalah yang jarang terjadi pada wanita dan hampir semua wanita juga pernah mengalaminya. Sebelum langsung mencoba obat-obatan maupun sabun kimiawi yang bisa saja kurang cocok untuk miss v kamu, cobalah perawatan menggunakan daun sirih merah ini terlebih dahulu karena manfaat daun sirih merah untuk miss v sangat efektif. Sifat antibakteri dari daun sirih merah akan membunuh bakteri Candida yang berperan dalam menyebabkan keputihan.

Ikuti prosedur ini untuk membuat ramuan obat alami bagi miss v. Siapkan 5 sampai dengan 10 lembar daun sirih merah terlebih dahulu. Selanjutnya, rebus seluruh lembar daun sirih merah tersebut ke dalam sekitar 250 ml air. Tunggu sampai mendidih. Jika sudah mendidih, saring air rebusan dari daun yang telah terebus dan gunakan air tersebut setelah agak dingin untuk membilas daerah miss v. Dijamin keputihan akan hilang hanya dalam beberapa hari saja.

Mengobati Luka Bakar Ringan
Manfaat daun sirih lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Hal ini masih dikaitkan dengan kandungan antioksidannya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka.

Daun sirih adalah antiseptik yang luar biasa, yang juga mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.

Cara pembuatannya cukup mudah :
  • Tumbuk 3-5 daun sirih merah
  • Campur dengan 2 sendok teh madu
  • Oleskan di area luka 2 kali sehari
Mengobati Sariawan
Sariawan merupakan salah satu infeksi pada mulut, infeksi ini bisa disebabkan kuman dan bakteri. Jika sudah mengalami sariawan, maka Anda akan mengatasi permasalahan seperti makan tak enak, minum tak enak dan segalanya terasa tak enak.

Dengan menggunakan daun sirih, maka berbagai permasalahan mulut seperti sariawan akan kabur. Sebab, daun sirih memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan memiliki kandungan antiseptik yang bisa digunakan untuk membasmi kuman penyebab sariawan.

Daun Sirih Merah Dapat Mengobati Mata Merah Karena Iritasi
Mata merah karena iritasi di beberapa kesempatan sangat sulit dihindari. Jika kita takut menggunakan obat-obatan kimiawi yang belum terpercaya, cara alami yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun sirih merah karena manfaat daun sirih merah untuk mata sudah terbukti baik.

Hal ini disebabkan alkaloid di dalam daun sirih merah yang berperan sebagai anti radang maupun anti bakteri. Pengolahan daun ini pun sama sekali tidak sulit, berikut ini prosedurnya. Pertama, siapkan sekitar 20 lembar daun sirih merah atau sesuaikan dengan kebutuhan. Masukkan daun sirih merah tersebut bersama air ke dalam panci lalu rebus hingga mendidih.

Selanjutnya, saring air rebusan tersebut dari daun yang sudah direbus dan gunakan air untuk mengompres mata. Celupkan handuk bersih ke dalam air daun sirih merah dan tempelkan sesekali ke mata yang merah. Bisa juga digunakan untuk membasuh mata merah karena iritasi selama 10 sampai dengan 15 menit.

Mengatasi Bau Mulut. 
Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.

Daun Sirih Merah Sebagai Obat Batuk
Rebusan daun sirih merah dipercaya mampu meringankan batuk. Pasalnya, sirih merah mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal.

Untuk mengobati batuk, Anda bisa mengolah daun sirih merah dengan cara:
  • Siapkan 5 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih
  • Rebus dengan 300 ml air selama 15-20 menit
  • Minum 1 kali dalam sehari
Menurunkan Tekanan Darah
Memiliki tekanan darah yang tinggi membuat sebagian penderitanya merasa menderita. Sebab, tekanan darah tinggi membuat kepala menjadi pusing dan pundak terasa kamu. Bahkan, tekanan darah tinggi juga menyebabkan Anda tidak bis mengonsumsi makanan berminyak dan lainnya.

Untuk mengatasi tekanan arah tinggi, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih dua kali sehari. Sebab daun sirih memiliki kandungan fenol dan minyak atsiri yang bisa menstabilkan tekanan darah.

Sebagai salah satu tanaman tradisonal, manfaat sirih merah sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu. Dengan rajin mengonsumsi rebusan daun sirih ini, maka Anda akan miliki tubuh yang sehat dan bugar. Jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat yang berbahaya yang menimbulkan efek samping, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan ramuan mujarab dari daun sirih.


EmoticonEmoticon