Friday, August 31

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan
Jahe Berasal dari Asia Tenggara, jahe kemudian menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah. Ya, manfaat jahe dalam bidang kesehatan memang sudah lama terbukti. Tapi tidak cuma itu saja lho. Jahe juga memiliki banyak khasiat bagi Kecantikan dan kulit wajah.

Ada beberapa kandungan yang tak bisa diabaikan dalam jahe, seperti sifat anti inflamasi, melawan radikal bebas hingga mencegah kanker. Untuk lebih jelasnya, ini manfaat jahe untuk kecantikan

Manfaat Jahe untuk Perawatan Kecantikan yang Murah Meriah


Mengatasi Kulit Berminyak
Bahan mineral alami pada jahe dapat dipercaya ampuh mengurangi kulit yang cenderung berminyak. Berikut ini cara-caranya :
  • Campur bahan-bahan yaitu jahe parut, garam laut, bubuk kayu manis dan pala bubuk
  • Haluskan dengan ditambah air, hingga wujudnya seperti pasta
  • Kemudian oleskan pada titik-titik wajah yang banyak menghasilkan minyak
  • Lalu diamkan selama 10 menit
  • Bilas kulit dengan air dingin
Mengatasi Jerawat
Masalah wajah yang paling sering dikeluhkan sebagian orang adalah jerawat. Pastinya mengganggu penampilan dan membuat kita tidak pede.

Daripada gonta-ganti produk obat jerawat, coba deh kamu pakai ramuan jahe yang bisa buat sendiri. Caranya gampang banget kok. Haluskan satu ruas jahe ukuran sedang, campur dengan 2 sendok makan madu, lalu dinginkan di dalam kulkas. Jika sudah dingin, kamu bisa mengolesnya pada wajahmu.

Menghilangkan Kantung Mata
Tidak perlu operasi untuk menghilangkan kantung mata yang mengganggu penampilan kamu. Kamu bisa mencoba cara alami dan murah meriah ini. Usap atau kompres kantung mata kamu menggunakan waslap dengan perasan air jahe yang sudah dibekukan. Lakukan secara rutin ya.

Scrub Jahe (Pencerah bibir)
Salah satu cara mendapatkan kulit yang cantik adalah dengan melakukan proses eksfoliasi. Jahe ini bisa jadi scrub yang sangat baik untuk perawatan ini. Parut jahe dan tambahkan gula dan minyak zaitun. Ini juga bisa jadi scrub yang sangat baik untuk bibir dan tubuh Anda.

Mengatasi Bintik Hitam di Wajah
Timbulnya noda atau bintik hitam di wajah tentu akan sangat menggangu penampilan. Ada baiknya masalah wajah tersebut dihilangkan dengan bahan alami.

Noda hitam atau bintik-bintik gelap pada kulit wajah dapat dihilangkan dengan menggunakan jahe sebagai masker wajah.

Caranya, buatlah parutan jahe secukupnya, kemudian masukan ke dalam wadah kecil yang berisikan air teh hijau. Setelah itu, basuhlah wajah dengan memberi sedikit gosokan lembut, lakukanlah secara di berulang hingga air habis.

Melawan Selulit
Karena jahe sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah, bahan ini sangat tepat untuk melawan selulit. Campurkan ¼ cangkir minyak zaitun, ½ cangkir gula, 2 sdm jahe parut, dan 1 buah air lemon. gunakan untuk memijat pada area yang berselulit secara rutin, dan selulit pun akan berkurang.

Mencegah Kebotakan
Rambutmu sering rontok dan mulai berujung pada kebotakan? Rajinlah untuk merawat rambut dengan jahe.
Tak banyak yang tahu bahwa manfaat jahe lainnya adalah mendukung proses pertumbuhan rambut. Sebab jahe akan merangsang folikel di kulit kepala, memelihara setiap helai rambut, dan menguatkan. Cara memanfaatkan jahe untuk kesehatan rambutmu adalah dengan menggunakannya sebagai masker rambut yang terbuat dari jahe yang dihancurkan dengan minyak kelapa murni. Kemudian diamkan selama 30 menit lalu keramaslah seperti biasa.

Membantu Menyamarkan Bekas Luka Berwarna Putih
Bekas luka terkadang berwarna lebih terang daripada warna kulit kita. Jahe ternyata mengandung bahan toning alami dan memiliki bahan antioksidan yang bisa mengurangi bekas luka yang berwarna lebih terang. Caranya, celupkan kapas ke dalam air jahe, dan aplikasikan pada bekas luka. Biarkan mengering dengan sendirinya. Lakukan sekali atau dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Menenangkan Kulit yang Terbakar dan Melepuh
Kulit melepuh adalah salah kondisi kulit yang tidak enak dipandang mata, apalagi oleh anak-anak muda dan kulit terbakar ini seringkali terjadi karena kecelakaan. Namun, kulit melepuh dan terbakar ini bisa disembuhkan dengan menggunakan sari jahe segar atau potongan jahe segar yang dilakukan 3 x sehari. Kulit pun bisa kembali pada bentuk semula dalam jangka waktu 6 – 12 minggu. Saat menggunakan jahe untuk kulit terbakar, pastikan Anda hanya memakai jahe saja setelah kulit terbakar tersebut mendingin.

Mengangkat Sel Kulit Mati
Selain melembabkan dan menghaluskan kulit, jahe juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Campuran irisan jahe, parutan kulit jeruk dan garam mineral merupakan kombinasi yang sempurna untuk mengangkat sel kulit mati. Gunaka campuran tersebut seperti menggunakan lulur sambil dipijat.

Nah, banyak kan khasiat jahe untuk kecantikan. Daripada mahal-mahal dengan proses dan zat kimia, tidak ada salahnya kita mencoba ramuan alami ini. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon