Friday, August 31

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal

Jahe bernama latin Zingiber officinale adalah tanaman rimpang yang termasuk temu-temuan dan biasa digunakan sebagai rempah-rempah atau bahan obat.  Rimpang atau rizoma jahe berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah, jahe juga memiliki rasa yang sedikit pedas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal
Jahe biasa digunakan untuk bahan masakan, obat-obatan, hingga minuman bahkan Manfaat Jahe untuk Kecantikan. Jahe bisa digunakan dalam berbagai bentuk, seperti bubuk, kering, segar, minyak, bahkan jus.

Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu merangsang fungsi pankreas dan sistem pencernaan.Tanaman ini juga berguna untuk mengobati penyakit pernapasan, seperti batuk atau flu, dan sebagai obat penenang untuk mengurangi rasa sakit tubuh. Kandungan Vitamin C dan B6 yang sangat baik, bersama dengan mineral seperti potassium, membuat jahe menjadi obat alami yang baik untuk berbagai penyakit. Jahe bahkan memiliki sifat antioksidan.

Jenis varietas jahe yang sangat populer dan sering di jadikan bahan makanan atau obat
  • Jahe gajah atau Jahe Badak adalah Jahe yang berbentuk besar dan rasanya tidak terlalu pedas. Daging rimpang berwarna kuning hingga putih. Jahe gajah yang paling diminati di pasaran Internasional.
  • Jahe kuning berukuran rimpang sedang dengan warna kuning. Rasa dan aromanya cukup tajam sehingga sering dipakai sebagai bumbu masakan, terutama untuk konsumsi masakan lokal.
  • Jahe merah memiliki rimpang yang paling kecil dengan kulit warna merah, serat lebih besar dibanding jahe biasa. Kandungan minyak atsiri yang tinggi dan rasa paling pedas membuat jahe merah sering digunakan sebagai bahan dasar farmasi, jamu atau obat tradisional.

Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan 


Menghangatkan Tubuh
Tanaman jahe yang telah dibersihkan sering di jadikan minuman yang digemari seperti bandrek, sekoteng, dan wedang jahe. Minuman tersebut mampu memberikan rasa hangat pada tubuh, terutama pada saat cuaca yang dingin di malam hari.

Meredakan Nyeri
Jahe memiliki khasiat untuk meredakan nyeri dan peradangan, termasuk nyeri otot akibat olahraga terlalu intens, sakit kram saat menstruasi, dan artritis.

Caranya, buatlah minuman yang terbuat dari jahe, kunyit, air perasan dari 2 buah jeruk lemon, satu sendok makan madu, dan air hangat.

Mencegah Perut Buncit
Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan Cara meratakan perut buncit.

Membantu Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit
Jahe merupakan salah satu jenis makanan yang disebut diaphoretic, ini berarti jahe memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat bermanfaat bagi Anda terutama saat Anda sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Menurunkan stres
Minum wedang jahe selain bisa menghangatkan tubuh, ternyata juga bisa mengurangi stres lho.
Aromanya dapat membantu menurunkan stres dan ketegangan dalam tubuh maupun pikiran. Bahkan, jahe mengandung zat bernama gingerol yang dapat membantu memberantas zat kimia berbahaya dalam tubuh. Zat kimia ini juga dapat meningkatkan stres.

Maka, kamu bisa mencoba meminum air panas yang dicampur jahe dan beberapa irisan jeruk lemon untuk mendapatkan khasiatnya.

Mengatasi mual dan muntah
Apakah kamu pernah merasa rileks begitu mencium aroma jahe? Menurut penelitian, salah satu manfaat jahe adalah memang untuk menenangkan dan mencegah mual atau muntah. Bahkan pasien kemoterapi yang biasanya sering mual akan diberikan terapi yang melibatkan jahe.

Mengatasi Morning Sickness
Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

Mengurangi rasa sakit
Suatu penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%. Jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang dikarenakan oleh menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

Menormalkan kembali komposisi dalam darah
Menurut penelitian, konsumsi jahe secara teratur dapat menormalkan kadar kolesterol dan gula darah.

Hal ini juga bisa mengurangi risiko komplikasi potensial. Apalagi jahe membantu mengurangi pembentukan gumpalan darah dan tekanan darah tinggi.

Caranya, rebus beberapa rimpang jahe dengan batang kayu manis, biarkan hingga dingin, dan minum 2-3 kali sehari.

Mengobati MIGRAIN
Pada sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

Mengatasi Mabuk Perjalanan
Dengan minum wedang jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual. Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung gunakan obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.

Mengatasi masalah pencernaan
Jahe memiliki sejarah panjang dalam mengatasi masalah terkait pencernaan. Dikenal dari generasi ke generasi, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

Memperlambat penuaan mental
Karena senyawa fenolik dan flavonoid cukup tinggi dalam jahe, sehingga jus jahe juga memiliki sifat perlindungan saraf.

Jus jahe secara khusus meningkatkan kadar protein di otak bersama dengan banyak bahan lain yang membantu menjaga otak tetap sehat. Ingat bahwa mengurangi jumlah protein, terutama di usia tua, mengarah ke penyakit seperti Alzheimer dan gangguan mental lainnya.

Pencegahan Timbulnya Kanker
Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker patu-paru.

Mengatasi Masalah Pernafasan
Masalah pernafasan yang paling umum diderita adalah batuk atau pilek. Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tubuh akan kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antiobodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.

Menyehatkan otak
Kamu ingin meningkatkan kesehatan otak? Konsumsilah jahe secara teratur. Menurut penelitian, jahe akan menghambat proses peradangan yang terjadi di otak. Sehingga fungsi otak akan meningkat, fungsi kognitif bertambah, dan stres oksidatif penyebab penyakit Demensia juga akan menurun.

Mencegah kanker usus
Manfaat jahe berikutnya adalah untuk mencegah kanker usus. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, ditemukan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi jahe memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker usus.

Membakar timbunan lemak
Manfaat jahe untuk tubuh lainnya adalah membakar lemak. Sebab jahe merupakan penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori, dan membantu dalam meningkatkan rasa kenyang.

Dalam penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition di Columbia University, orang yang rajin mengonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe larut di dalamnya lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang jarang minum air jahe.

Menurunkan berat badan
Konon jahe mampu mengurangi porsi makan. Jahe memicu rasa kenyang, yang berarti kita membutuhkan kalori lebih sedikit untuk merasa kenyang. Jahe juga membantu mempercepat metabolisme dan membakar lemak.

Membangkitkan gairah seks
Afrodisiak adalah zat kimia yang mampu membangkitkan gairah seksual. Jahe diyakini sebagai salah satu makanan afrodisiak yang kuat, yang mampu meningkatkan sensitivitas dan gairah seksual. Jadi, jangan lupa menyertakan jahe dalam menu makan malam ketika merencanakan malam romantis bersama pasangan.

Untuk mendapatkan manfaat jahe yang optimal, sebaiknya pilih jahe segar. Jahe segar memiliki rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jahe bubuk. Kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan juga masih banyak terdapat pada jahe segar. Untuk memanfaatkan jahe segar, Anda dapat mencampur jahe dengan masakan seperti masakan olahan seafood, topping salad, dan campuran smoothie atau jus Anda.

Namun jika memilih jahe dalam bentuk bubuk, pastikan Anda memilih bubuk jahe yang masih murni. Minuman bubuk jahe yang dijual di pasaran biasanya sudah mengandung tambahan gula. Simpan bubuk jahe dalam wadah tertutup rapat dan disimpan di tempat yang kering, gelap, serta tidak pengap atau panas.


EmoticonEmoticon