Thursday, August 30

Mengobati Asam Lambung / Maag dengan Bahan Alami

Mengobati Asam Lambung / Maag dengan Bahan Alami
Cara Mengobati Asam Lambung - Lambung bertugas memecah makanan yang masuk agar dapat diserap tubuh. Asam lambung sengaja dihasilkan oleh lambung untuk mempermudah pekerjaannya tersebut. Asam lambung merupakan cairan yang diproduksi dalam organ pencernaan yang mengandung asam klorida. Fungsinya mendukung sistem pencernaan, deteksi kuman atau bakteri dari makan dan minuman, serta membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12. Namun ketika jumlah asam yang dihasilkan malah terlalu banyak, maka dapat menyebabkan masalah lambung.

Asam lambung yang tinggi biasanya diiringi dengan sejumlah gejala. Di antaranya yakni: gangguan pernafasan dan bau nafas yang kurang sedap.

Seorang yang memiliki asam lambung tinggi juga sering bersendawa dan perut kembung, sering mengalami sakit pada bagian tenggorokan dan terkadang disertai batuk berdahak.

Asam lambung tinggi akan membuat tubuh menjadi lemah, tidak bersemangat dan mudah sakit. Kulit akan terlihat kusam, demam dan rambut rontok.

Untuk mengobati penyakit tersebut ada baiknya Anda memilih obat-obatan alami, karena obat yang mengandung bahan kimia cenderung memberikan efek kecanduan. Lalu obat alami apa saja yang bisa menyembuhkan penyakit asam lambung? Berikut ini ada beberapa cara alami menyembuhkan penyakit Asam Lambung.

Cara Mudah untuk Menurunkan Asam Lambung Naik Tanpa Obat

Pisang. 
Pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2. Hal ini membuatnya dapat menetralisir asam di lambung dan membantu meringankan gejala. Selain pisang buah no citrus lainnya seperti melon, apel, pepaya, dan pir juga jadi pilihan terbaik sebagai makanan untuk asam lambung.

Jahe
Mengobati Asam Lambung / Maag dengan Bahan Alami
Jahe merupakan rempah-rempah yang terkenal dengan khasiatnya untuk menghangatkan badan. Disamping khasiatnya yang mampu membuat suhu tubuh menjadi hangat, ternyata jahe memiliki khasiat lain yaitu dapat mengobati penyakit asam lambung. Dengan mengkonsumsi jahe  dapat menetralisirkan asam lambung sehingga asam lambung tidak akan naik.

Konsumsi jahe dengan jumlah 2 sampai 4 gram saja, jika melebihi itu dosis yang dikeluarkan cukup besar dan dampaknya justru akan memperparah penyakit magg tersebut.

Kunyit
Kunyit atau curcuma memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati penyakit asam lambung secara alami. Anda bisa membuat jamu atau obat magg dengan merebus kunyit yang sudah dicincang dengan 1,5 gelas air. Rebus sampai 15 menit. Tambahkan gula merah atau madu agar rasanya enak. Setelah itu saring rebusan kunyit tersebut dan minumlah.

Sayuran hijau. 
Sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, bayam, dan lainnya adalah pilihan makanan untuk asam lambung terbaik. Ini karena sayuran-sayuran tersebut rendah akan asam sehingga membuatnya baik dikonsumsi untuk meringakan gejala refluks yang sedang Anda alami.

Putih telur. 
Putih telur rebus adalah pilihan yang bagus sebagai makanan untuk asam lambung. Namun ingat, hindari kuning telur karena mengandung lemak tinggi yang justru dapat memperparah kondisi Anda yang sedang sakit asam lambung.

Lidah Buaya
Mengobati Asam Lambung / Maag dengan Bahan Alami
Tanaman lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami dan juga perawatan gangguan pencernaan, termasuk untuk GERD.

Caranya cukup mudah, dengan membuat jus lidah buaya dan dikonsumsi setelah bangun tidur, penyakit magg Anda akan berangsur sembuh. Kandungan lidah buaya bermanfaat untuk meredam inflamasi yang terjadi di lambung Anda.

Cara mengobati asam lambung naik dapat dilakukan secara mandiri dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Namun, bila cara-cara di atas tidak mempan, konsultasi dokter secara langsung disarankan untuk diagnosis tepat.


EmoticonEmoticon