Thursday, August 9

Perawatan Tangan dan Kaki Menggunakan Jeruk Nipis

Khasiat jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi, sehingga dapat merusak email gigi kalau air buahnya tidak diencerkan dengan air mineral. Jeruk nipis sering digunakan oleh bangsa-bangsa di Asia Tenggara sebagai salah satu bahan ramuan obat tradisional (jamu) untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta dapat pula digunakan untuk perawatan kecantikan bagi kaum wanita.

Jeruk Nipis Untuk Mengobati Kapalan pada Kulit Kaki

Seperti yang kita ketahui pada umumnya terutama bagi anda yang biasanya bepergian dengan menggunakan sepatu atau sejenisnya, yang tanpa disadari maka lama kelamaan permukaan telapak kaki akan menebal atau yang biasa disebut dengan kapalan.

Kapalan terjadi disebabkan oleh penebalan zat tanduk pada kulit kaki, dan dapat dihilangkan dengan jeruk nipis. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan irisan jeruk nipis tersebut keseluruh bagian yang terkena kapalan. Lakukan cara tersebut di setiap malam hingga kapalan tersebut hilang dengan sendirinya.

Tegang Pada Otot Kaki
Ketegangan pada otot-otot kaki bisa dialami oleh orang-orang yang sering menempuh perjalanan jauh. Tegang pada otot kaki itu bisa dikendurkan dengan cara memasukkan kaki kita kedalam rendaman air hangat, kemudian menggosok-gosokkan bagian otot-otot kaki yang tegang tadi dengan irisan jeruk nipis.

Fungsi atau khasiat dari air hangat tersebut adalah untuk membuka pori-pori pada kulit, dan jeruk nipis memberikan efek menyejukkan dan nyaman. Lakukan cara tersebut pada saat malam hari ketika hendak tidur.

Memelihara Pori-Pori Pada Tangan dan Kaki
Apabila tangan atau kaki kita kotor karena sehabis melakukan pekerjaan baik itu didapur atau di luar ruangan dapat dibersihkan dengan cara merendam bagian tangan atau kaki kita dengan air hangat yang telah dicampur dengan air perasan jeruk nipis selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air biasa.

Jeruk Nipis Untuk Menghaluskan Jari Tangan dan Kaki
Kulit bekas perasan jeruk nipis dapat digunakan untuk membuat jari tangan dan kaki menjadi halus dan bersih. Dengan cara menggosok-gosokkan kulit jeruk nipis tersebut dan membiarkannya selama beberapa menit, kemudian cuci dengan air bersih. Cara ini juga dapat dilakukan pada bagian siku yang kasar.

Jeruk Nipis Untuk Melunakkan Kuku
Agar terlihat rapi dan bersih, kuku jari pada tangan dan kaki harus dipotong dan dirawat secara berkala. Agar kuku menjadi lunak ketika di potong, maka sebelumnya rendamlah kuku jari tangan dan kaki dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan air perasan jeruk nipis didalamnya selama beberapa menit, kemudian angkat lalu keringkan. Setelah kuku jari tangan dan kaki tersebut kering, maka lakukanlah pemotongan kuku-kuku tersebut dengan gunting yang tajam.

Jeruk Nipis Untuk Memutihkan dan Menguatkan Kuku
Bila kuku terlihat pucat dan buram, maka dapat di jadikan kilat cemerlang dengan cara merendamnya kedalam air yang bercampur dengan larutan air perasan jeruk nipis. Satu sendok makan air perasan jeruk nipis dicampur dengan satu gelas air hangat. Kemudian rendamkan kuku yang terlihat buram dan pucat tersebut sambil menggosok-gosokkan kulit jeruk nipis bekas yang sudah diperas tadi pada permukaan kuku.

Panas Pada Bagian Tumit
Penyebab tumit dan telapak kaki terasa panas atau terbakar terjadi dikarenakan adanya racun atau kuman yang menumpuk pada pori-pori telapak kaki. Dan untuk mengatasinya adalah dengan cara menggosok-gosokkan irisan jeruk nipis ke seluruh permukaan telapak kaki dan tumit untuk membersihkan kuman serta menetralkan racun yang berada pada telapak kaki dan tumit tersebut.

Demikian Khasiat jeruk nipis untuk kapalan pada kulit kaki, tegang pada otot kaki, memelihara Pori-Pori pada tangan dan kaki, menghaluskan jari tangan dan kaki, memutihkan dan menguatkan kuku, melunakkan kuku, dan panas pada bagian tumit.
Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon