Sunday, August 19

Siklus Haid Sista Kurang Teratur? Yuk, Rutin Minum Kunyit

Siklus Haid Sista Kurang Teratur? Yuk, Rutin Minum Kunyit

Manfaat Kunyit Untuk Melancarkan Haid - Kunir, atau nama latinnya Curcuma longa, adalah salah satu jenis rempah yang populer di Benua Asia. Orang-orang memanfaatkannya untuk berbagai macam hal, termasuk untuk bumbu masakan dan pengobatan herbal, salah satunya untuk masalah haid.

Haid, datang bulan, menstruasi, tamu bulanan, atau apapun sebutannya adalah keadaan yang pasti dirasakan dan dijalani oleh perempuan, mulai akil balik hingga umur 40an-50an. Hal tersebut merupakan keadaan rutin dalam proses perkembangan pada perempuan.Perempuan mengalami pendarahan dari vagina selama kira-kira 2-7 hari. Namun ada juga yang lebih dari itu. Hal ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan.

Ga nyaman kan rasanya kalau memiliki siklus haid yang kurang teratur ? Apalagi jika disertai rasa nyeri menstruasi yang pastinya bisa membuat sista merasa tidak nyaman, bahkan menderita.

Normalnya, setiap perempuan akan mengalami menstruasi setiap bulannya, kecuali pada masa hamil dan menopause.

Masa dari satu menstruasi ke menstruasi berikutnya, atau dikenal dengan nama siklus haid, pada setiap perempuan berbeda-beda, namun umumnya antara 28 sampai 40 hari.

Ada perempuan yang memiliki siklus haid tetap, artinya lama siklus haid setiap bulannya hampir sama, dan ada juga yang memiliki siklus haid kurang teratur.

Inilah yang kemudian menjadi masalah, saat datangnya haid kadang lebih lama, dan mungkin disertai rasa nyeri dan ketidaknyamanan, serta tidak normalnya volume haid, dimana darah haid yang keluar menjadi lebih sedikit atau lebih banyak.

Khasiat kunyit terbukti relevan untuk segala macam kondisi, mulai dari kesehatan organ pencernaan, daya tahan tubuh, hingga organ intim. Hal itu turut disampaikan oleh dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

“Ekstrak kunyit memiliki efek antioksidan, koleretik (menstimulasi aliran empedu), kolekinetik (menstimulasi kontraksi kantong empedu), antiradang, antikanker, antimikroba, dan antiradang,” ujarnya.

Khasiat Ampuh Kunyit Untuk Wanita Haid

Wanita yang sedang haid biasanya mengalami berbagai gejala yang kurang nyaman. Mulai dari sembelit, kram perut, pusing, sampai perubahan suasana hati. Untuk mengatasi berbagai gangguan yang dirasakan saat wanita menstruasi, kunyit bisa menjadi jawabannya.

Mengatasi PMS Atau Sindrom Pra-Menstruasi 

pms

Gejala PMS adalah beberapa gejala yang timbul baik secara fisik dan emosional  sebelum atau menjelang haid. PMS banyak dikenal dengan perubahan emosional pada wanita yaitu mereka menjadi mudah marah atau tersinggung, penurunan suasana hati,  hingga depresi; bahkan beberapa wanita hingga tidak bisa mengontrol emosional mereka.

Gejala PMS secara fisik dapat seperti rasa sakit kepala,  gejala mirip  flu, perut kembung, nyeri otot, dll.

Kesimpulan penelitian yang mempelajari efek kurkumin dari kunyit untuk wanita pramenstruasi mengatakan bahwa kurkumin dapat secara signifikan mengurangi keparahan PMS.

Curcumin adalah zat yang mengandung sifat anti peradangan, sehingga membantu mengatasi rasa sakit selama PMS, plus mempengaruhi neurotransmiter otak sehingga meringankan masalah emosional dan  depresi.

Mengurangi Mood Swing dan Depresi

mood swing
Perubahan hormon yang terjadi pada saat wanita mengalami menstruasi bisa menyebabkan perubahan emosi yang cukup drastis. Anda jadi mudah marah, sedih, atau tersentuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amsterdam, Belanda menunjukkan bahwa kunyit berkhasiat sebagai antidepresi alami yang mampu membantu Anda mengendalikan emosi saat haid. Kurkumin dalam kunyit akan menyeimbangkan berbagai zat kimia pada otak sehingga Anda pun terhindar dari mood swing, depresi, dan gangguan tidur yang kerap terjadi saat wanita mendapat haid.

Mengatur siklus Haid
Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit akan membantu melancarkan siklus haid. Umumnya siklus haid yang normal adalah sekitar 28 hari. Wanita yang siklus haidnya tidak teratur, yaitu lebih dari 35 hari biasanya akan mengalami nyeri yang lebih parah dari biasanya. Selain itu, aliran darah menstruasi pun bisa jadi lebih deras atau lebih sedikit. Kunyit pun akan memicu haid secara aman dan alamiah karena makanan super ini dikenal sebagai sumber estrogen yang baik bagi wanita haid.

Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Kram Perut
Kram perut saat haid terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim. Bagi beberapa wanita, kram perut yang terjadi saat menstruasi bisa terasa begitu menyakitkan. Sebagian orang bahkan kesulitan menjalani fungsi sehari-hari karena tak mampu menahan sakitnya.

Maka, jika sista termasuk orang yang sering mengalami kram perut saat haid, segera konsumsi kunyit. Kandungan aktif kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai agen anti peradangan yang mampu menenangkan kontraksi yang terjadi pada otot rahim dan usus.

Terhindar Dari Infeksi
Selama menstruasi, tubuh wanita cenderung rentan terhadap infeksi. Dengan mengonsumsi kunyit yang memiliki keunggulan sebagai agen antimikroba, tubuh akan terhindar dari segala macam infeksi akibat bakteri serta kuman kotor sekitar Anda.

Meredakan perut kembung dan sembelit
Kunyit untuk wanita haid juga ampuh meredakan kembung dan sembelit. Rempah favorit masyarakat Indonesia ini berkhasiat untuk melancarkan pencernaan Anda berkat fungsinya yaitu antimikroba, antioksidan, dan antiperadangan. Maka, jangan lupa untuk selalu menyediakan kunyit jika Anda sering mengalami masalah pencernaan saat menstruasi.

Jika dikonsumsi secara teratur, kunyit berkhasiat menjaga keseimbangan stamina dalam kondisi apa pun, termasuk menjelang haid. Untuk melancarkan menstruasi, mengatasi nyeri haid, keputihan dan bau badan, kunyit bisa menjadi salah satu jawabannya. Yuk, rutin minum kunyit!


EmoticonEmoticon