Tuesday, August 28

Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Dipelihara Dalam atau Luar Rumah

Tanaman Pengusir Nyamuk Alami di Rumah - Di musim penghujan, banyak nyamuk yang berkembangbiak. Mereka masuk ke dalam rumah dan terkadang menularkan penyakit tertentu, seperti malaria, kaki gajah dan demam berdarah. Hal seperti ini tentunya perlu diwaspadai. Dewasa ini semakin banyak produk-produk pengusir nyamuk, mulai dari lotion anti nyamuk sampai obat nyamuk. Namun bahan kimianya bila digunakan dalam jangka panjang bisa juga beresiko untuk kesehatan manusia. Apalagi bila sampai tertelan atau terhirup dalam jumlah banyak.

Tanaman Pengusir Nyamuk
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk seperti fogging, mengunakan obat pengusir nyamuk dan menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk merupakan solusi alami yang paling aman dan tidak menimbulkan efek samping. Ya, terdapat jenis tanaman hias yang telah terbukti bisa mengusir nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk dalam rumah sejak dulu sudah banyak digunakan. Baik itu dengan ditanam, ataupun dipetik daunnya untuk kemudian digosokkan pada kulit tubuh.

Ada banyak sekali jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa dipelihara di dalam ataupun luar rumah (indoor dan outdoor). Beberapa mungkin sudah familiar di telinga Anda,

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Alami yang Paling Ampuh


Citrosa Mosquito
Citrosa Mosquito
Dari namanya saja kita sudah dapat menebak jika tumbuhan ini ada sangkut pautnya dengan nyamuk. Ya, Citrosa Mosquito merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik karena mampu mengeluarkan aroma lemon yang sangat kuat. Selain nyamuk, berbagai macam serangga juga tidak suka dengan aroma yang dikeluarkannya tersebut.

Serai Wangi (Sereh)
Seperti diketahui, sereh banyak digunakan sebagai campuran bumbu masakan, selain itu tanaman sereh dapat Anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Tanaman sereh mampu mengusir nyamuk karena mengandung tinggi geraniol dan sitronnellol.  Dimana kedua kandungan itu dapat menghasilkan aroma yang menyakiti nyamuk, bahkan dapat membunuh nyamuk.

Lemon Balm
lemon balm
Sama seperti serai, lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk. Meski begitu, Anda harus berhati-hati apabila ingin menanam daun ini di pekarangan rumah. Pasalnya, tanaman ini memiliki sifat invasif, atau memiliki pertumbuhan yang cepat.

Kemangi
Selain jadi lalapan yang sedap, kemangi juga mampu mengusir nyamuk bahkan serangga.
Anda bisa mengakali menanam tanaman tersebut di sekitar rumah agar membantu dalam mengusir nyamuk di rumah.

Lavender
Selain mengusir nyamuk, tanaman lavender juga dapat mengusir beberapa serangga terbang lainnya seperti nyamuk, lalat dan ngengat.

Bau bunganya yang terkenal seakan seperti parfum, sehingga manfaat lain dari memelihara tanaman lavender yaitu dapat mengharumkan udara di sekitar.

Kemampuan tanaman lavender ini tidak diragukan lagi, karena tanaman lavender sudah sangat sering dijadikan bahan utama produk-produk lotion anti-nyamuk.

Geranium
Geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin. Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Selain untuk mengusir nyamuk, geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik.

Kecombrang
Kecombrang
Kecombrang (torch ginger) dikenal baik oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran bumbu masakan dikarenakan rasanya yang enak, biasanya sebagai campuran bumbu sayur atau sup. Selain dijadikan bahan makanan, kecombrang bisa juga digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma yang dimiliki oleh kecombrang terasa asam sehingga para nyamuk akan menjauh dari rumah Anda.

Rosemary
Rosemary merupakan bunga yang memiliki aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Seperti kita ketahui, kedua minyak tersebut sering dioleskan pada bayi karena aromanya dapat mencegah gigitan nyamuk. Nah dengan aroma yang sama tersebut, maka bunga Rosemary juga ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk.

Bunga Rosemary ini dapat ditanam langsung di tanah ataupun di pot. Namun pastikan agar selalu mendapatkan cahaya matahari serta air yang cukup agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik. Selain bunganya, Anda juga dapat menggosokkan daunnya ke kulit agar terhindar dari gigitan nyamuk ketika pergi keluar rumah.

Selasih
Selasih merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan di indonesia. Selasih banyak digunakan sebagai bumbu masak atau lalapan. Namun tidak hanya itu, selasih juga ternyata dapat mengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. Tanaman selasih biasanya tumbuh liar di pekarangan tanpa perlu adanya perawatan khusus.

Bawang Putih
Rempah yang dapat dijumpai dengan mudah di Indonesia, bawang putih, juga merupakan tanaman pengusir nyamuk paling ampuh. Di India, ada minyak oles untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam yang di dalamnya terkandung 1% ekstrak minyak bawang putih. Belum sampai di situ, bawang putih ternyata juga bisa untuk membunuh larva nyamuk karena mengandung zat belerang.


EmoticonEmoticon