Tuesday, September 11

Manfaat Daun Sirsak Untuk Obat dan Cara Membuatnya

Manfaat Daun Sirsak Untuk Obat dan Cara Membuatnya
Sirsak merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Buah sirsak tidak hanya kaya akan serat, akan tetapi buah sirsak juga mengandung berbagai macam nutrisi lainnya seperti vitamin C, B1, B2 serta karbohidrat termasuk frukstosa. selain buahnya yang kaya akan manfaat, daun dari buah sirsak juga kaya akan manfaatnya.

Manfaat Daun Sirsak untuk Obati Penyakit dan Kesehatan


Daun Sirsak Mengobati Kanker

Salah satu manfaat daun sirsak yang utama dan membuat daun sirsak menjadi terkenal adalah kemampuannya untuk mengobati kanker. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Karena acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin.

Fungsi Acetogenin adalah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya:
Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Tunggu hingga airnya hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Daun Sirsak untuk Obat Rematik
Rematik adalah gangguan persendian dan tulang yang sering menimpa orang dewasa dan manula. Daun sirsak yang telah ditumbuk halus dapat menjadi obat mujarab untuk mengurangi rematik atau nyeri atritis. Tempelkan pasta daun sirsak pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Lakukan secara rutin dua kali sehari hingga efek sakit rematik menjadi berkurang dan hilang.

Obat Diabetes
Kadar gula normal dalam darah kita berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal diabetes alami.

Caranya:
Ambil 2-5 helai daun sirsak kemudian bersihkan dengan air bersih mengalir. Rebus daun sirsak dengan 3 gelas air dan biarkan hingga tinggal 1 gelas. Minum secara rutin pagi hari dan malam hari.

Membantu Mengobati Kolestrol
kadar kolestrol yang tinggi didalam tubuh merupakan suatu ancaman bagi kesehatan Anda. Tingginya kadar kolestrol dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh Anda. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolestrol jahat adalah dengan mengonsumsi daun sirsak. Untuk  bisa medapatkan manfaat daun sirsak ini Anda cukup merebus 10 lembar daun sirsak yang sudah agak tua dengan 3 gelas air, rebuslah hingga menjadi 1 gelas saja.

Meningkatkan System Kekebalan Tubuh
Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh manusia. Rebus daun sirsak 4-5 lembar di 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat. Senyawa antioksidan dalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Manfaat Lain yang Bisa Diperoleh dari Daun Sirsak
Selain yang sudah disebutkan di atas, kandungan senyawa dan nutrisi pada daun sirsak juga memiliki peran penting lainnya, di antaranya:
  • Anti Malaria: untuk mencegah malaria.
  • Diuretik: daun sirsak memiliki zat untuk mempromosikan diuresis.
  • Vermifuge: obat anthelmintik, zat yang dapat membunuh cacing usus
  • Astringent: untuk meminimalkan kulit kering.
  • Antimutagenik: zat untuk mencegah gen mutasi.
  • Hipotensi: membantu penyembuhan darah rendah.
  • Antibakteri: daun sirsak adalah sumber alami untuk membunuh bakteri pada tubuh.
  • Antivirus: daun sirsak memiliki kemampuan mencegah virus tumbuh.
  • Anti tumor: daun sirsak untuk mencegah tumor.
  • Anti parasit: perlawanan parasit agar tidak tumbuh.
  • Analgesik: untuk menurunkan rasa sakit.
  • Nervin: untuk memperkuat saraf.
  • Anti peradangan (inflamasi): untuk menurunkan rasa sakit akibat peradangan.
  • Hipoglikemik: daun sirsak memiliki zat untuk menurunkan glukosa.
  • Galactogogue: untuk menghasilkan lebih banyak ASI bagi ibu.
  • Cardio-depressant: memperkuat aktivitas jantung.
  • Stomakik: zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
  • Vasogilator: zat baik untuk pembuluh darah.
  • Antispasmodic: zat yang dapat merelaksasikan otot polos.
  • Obat penurun panas: zat yang dapat menurunkan panas demam badan.

Cara Buat Teh Herbal Daun Sirsak

Air rebusan daun sirsak memang terasa paahit dan kecut. Namun khasiatnya yang banyak, maka daun sirsak bisa dijadikan minuman teh herbal. Teh sirsak ini sangat penting untuk diminum jika Anda ingin melindungi diri dari segala jenis kanker. Inilah langkah bagaimana cara membuat teh sirsak yang sehat. Pertama, Anda perlu merebus secangkir air. Ambil sekitar 3 sampai 5 daun sirsak segar yang sudah agak tua (hijau pekat), lalu potong kecil – kecil. Selanjutnya masukkan potongan daun sirsak itu ke dalam air mendidih, lalu tunggu sekitar 30 menit agar mendidih pada suhu sedang. Setelah 30 menit, saring tehnya. Teh sirsak yang panas dan sehat siap untuk disajikan. Anda mungkin perlu menambahkan sedikit gula atau madu, jadi tidak akan terasa terlalu pahit.

Daun sirsak juga memiliki efek samping diantaranya dehidrasi, sembelit dan gangguan asam lambung.

Semoga bermanfaat….


EmoticonEmoticon