Thursday, September 6

Manfaat, Kandungan Gizi, Cara Konsumsi dan Efek Samping Daun Seledri

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan - Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dimanfaatkan di berbagai negara. Sajian sup tidak akan lengkap tanpa daun seledri. Tidak hanya dikonsumsi segar, seledri juga biasa digunakan sebagai bumbu yang dikeringkan.

Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi.

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Daun Seledri

Inilah kandungan nutrisi yang ada pada seledri, yaitu:
  • Asam amino esensial.
  • Vitamin. Daun seledri engandung beberapa macam vitamin, meliputi vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. 
  • Mineral. Daun seledri juga kaya akan mineral seperti potasium, kalsium, magnesium, natrium, zat besi, dan fosfor.
Apium graveolens atau daun seledri adalah sayuran dalam keluarga tanaman jenis apiaceae. Daun seledri telah digunakan dalam pengobatan herbal untuk mengobati:

  • Mengurangi tekanan darah
  • Nyeri sendi.
  • Rematik.
  • Asam urat.
  • Menurunkan kadar kolesterol tubuh sehingga baik untuk kesehatan jantung.
  • Menekan proses peradangan.
  • Melindungi lapisan lambung dan menekan produksi asam lambung.
  • Pengusir nyamuk dan pembunuh larva.
  • Menstabilkan gula darah
  • Mencegah dan Menyembuhkan anemia
  • Mengurangi penumpukan lemak di hati
  • Mengecilkan Perut Buncit
  • Mengobati sembelit
  • Menyuburkan rambut 
  • Mencegah pertumbuhan sel kanker
  • Menyehatkan jaringan empedu
  • Sebagai antiaging yang kuat
  • Menstabilkan kelebihan minyak pada wajah
  • Melindungi jaringan otak
  • Menyehatkan saluran usus
  • Mempercepat penyerapan kalsium

Cara Mengkonsumsi Daun Seledri


Untuk membuat jus seledri, Anda dapat melengkapinya dengan berbagai bahan seperti bayam, buah pir, perasan air lemon, dan lainnya.  Potong kecil-kecil seledri dan bayam kemudian masukkan ke dalam blender. Tambahkan perasan air lemon dan es batu. Saring jus yang sudah diblender sebelum diminum.

Selain sebagai campuran jus, seledri juga bisa disajikan sebagai minuman segar. Masukkan daun seledri dan daun ketumbar serta gula cair ke dalam gelas. Tambahkan perasan lemon atau soda sesuai selera, sebelum menambahkan es batu.

Tidak hanya sebagai pelengkap makanan atau campuran minuman, seledri pun dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat. Anda dapat menyiapkan batang seledri segar. Potong hingga ukuran sedang, kemudian belah menjadi dua. Lalu, tambahkan dua sendok selai kacang pada batang seledri. Camilan seledri pun siap untuk dinikmati.

Efek Samping Daun Seledri

Meski memiliki banyak manfaat, beberapa kondisi kesehatan tertentu dianjurkan tidak mengonsumsi seledri. Misalnya yang memiliki riwayat reaksi alergi, kelainan perdarahan, gangguan ginjal, penderita tekanan darah rendah, ataupun menjelang tindakan operasi. Selain itu, wanita hamil dan menyusui sebaiknya membatasi asupan seledri karena risiko kontraksi rahim yang dapat menyebabkan keguguran. Pada wanita menyusui, belum diketahui dengan jelas efek seledri pada ASI, maka sebaikya dihindari.

Melihat banyaknya manfaat untuk kesehatan tidak ada salahnya memasukkan daun seledri pada menu masakan harian Anda. Mendapatkan tubuh sehat ternyata tidak perlu merogok kocek yang cukup mahal, bukan?


EmoticonEmoticon