Monday, September 10

Manfaat Kolang Kaling Untuk Obat dan Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Kolang Kaling Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Kolang-Kaling adalah Buah yang dihasilkan oleh pohon Aren (Arengan Pinnata). Buahnya berbentuk bulat pipih berwarna putih bening, rasanya yang cenderung hambar, bertekstur kenyal.

Kolang kaling sendiri dibuat dari biji pohon aren yang direbus selama beberapa waktu, dan setelahnya direndam dengan larutan air hingga mengalami proses fermentasi. Nah, hasil dari proses tersebutlah yang kemudian diperdagangkan di pusat-pusat perbelanjaan.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Obat dan Kecantikan

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kolang Kaling

Kolang kaling ternyata mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya, di dalam 100 gram kolang kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. Dengan kandungan nutrisi tersebut, kolang kaling dipercaya dapat memberikan manfaat untuk tubuh.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan

Memperlancar sistem pencernaan
Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, kolang kaling dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Dengan begitu, terjadinya sulit buang air besar atau konstipasi juga dapat dihindari. Selain itu, mengonsumsi kolang kaling juga diketahui dapat membantu proses pengeluaran zat beracun dari saluran pencernaan.

Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis
Osteoporosis atau keropos tulang dapat dicegah dengan mengkonsumsi kalsium yang cukup. Bagi beberapa orang, meminum susu sebagai sumber utama kalsium justru dikhawatirkan dapat menambah berat tubuh. Kolang kaling memiliki kadar kalsium hingga 91 mg yang cukup untuk dijadikan pengganti susu sebagai sumber kalsium.

Mencegah dehidrasi
Kandungan air dan serat yang tinggi, ditambah dengan sederet vitamin dan mineral yang dimilikinya, membuat kolang kaling baik untuk membantu mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Dengan makan kolang kaling yang menyegarkan, hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Mengobati radang sendi dan nyeri.
Terdapat salah satu zat penting di dalam Kolang-kaling, yaitu zat galaktoman. Zat ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi. Bahkan untuk masa penyembuhan radang sendi, kabarnya obat paling mujarab adalah 100 gram Kolang-kaling yang direbus tanpa garam.

Baik untuk jantung
Selain mampu melancarkan sistim pencernaan, kandungan serat yang tinggi pada kolang-kaling juga dapat menjaga kesehatan jantung. Serat tersebut dapat membantu membersihkan pembuluh darah dari endapan kolesterol dan dapat memicu timbulnya penyakit arterioclerosis, yang disebabkan karena terhalangnya sistem kardiovaskular.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Kecantikan

Membantu Menurunkan Berat Badan
Menurut penelitian, dalam 100 gram kolang-kaling terkandung 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram, dan serat kasar 0,95 gram. Kadar air kolang-kaling relatif sangat tinggi mencapai 94%, sehingga kolang-kaling terasa segar saat dikonsumsi. Kadar gelatin yang dimiliki juga cukup tinggi sehingga memiliki manfaat membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan menurun sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Menstabilkan keremajaan Kulit
Buah kenyal ini ternyata mempunyai khasiat dan manfaat dalam menstabilkan keremajaan kulit. Dengan begitu, kulit akan menjadi tetap awet muda dan cantik alami. Hal ini dikerenakan adanya kandungan gelatin yang terkandung dalam kolang kaling.


EmoticonEmoticon