Friday, September 14

Manfaat Menakjubkan Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Menakjubkan Kayu Manis
Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak. Selain menambah rasa dan memiliki bau yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berbagai macam tanaman rempah seperti kayu manis ini digunakan bersamaan dengan bahan-bahan lain seperti manfaat kunyit dan manfaat jahe untuk dijadikan jamu. Hal ini dikarenakan kandungan alami yang kaya di dalamnya seperti minyak atsiri, eugenol, kalsium oksalat, sinamaldehide, tanin, damar dan zat penyamak.

Kayu manis dapat anda konsumsi dalam beberapa bentuk yaitu bentuk kulit kayu yang sudah dikeringkan, minyak atsiri, daun kayu manis, ekstrak cairan kayu manis, bubuk kayu manis dan sirup kayu manis. Untuk manfaat kayu manis bagi kesehatan secara lebih rinci akan di jelaskan berikut di bawah ini.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan


Manfaat kayu manis untuk diet
Manfaat kayu manis yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute menemukan bahwa kayu manis mengandung zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde. Zat ini berguna untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan kayu manis guna menurunkan berat badan, rebuslah kayu manis dan kemudian minum air rebusan tersebut dengan dicampur madu.

Manfaat Kayu Manis Untuk Penderita Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 
Manfaat kayu manis dalam mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, memanfaatkan banyak bahan atau ramuan-ramuan yang perlu anda sediakan. Bagi anda tentu bukanlah menjadi suatu masalah besar, karena manfaat yang ditawarkan untuk kesehatan anda. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 jari kayu manis, 10 gram kencur, 500 ml air, 10 gram asam trengguli, 20 gram daun saga dan 15 gram daun sena. Cara membuatnya pun sangatlah mudah yaitu dengan rebus semua bahan dan air hingga menjadi 200 ml. Saring dan minum saat hangat sebanyak 2 kali sehari sebanyak 1 gelas. (Dapat direbus ulang).

Mencegah Kanker
Penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat kayu manis adalah untuk mencegah kanker. Sebabnya kayu manis mengandung zat antioksidan yang bisa melindungi terhadap kerusakan DNA, mutasi sel, dan pertumbuhan tumor.

Kemudian, kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan tumor kanker dan melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas yang jadi cikal bakal kanker.

Menurunkan Kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

Manfaat Kayu Manis Untuk Diabetes
Beberapa penelitian mengungkap adanya hubungan antara penurunan kadar gula dengan mengonsumsi kayu manis. Salah satunya menemukan bahwa kayu manis mungkin dapat menurunkan kadar gula darah hingga 24 persen dan kadar kolesterol hingga 18 persen.

Penelitian lain mengungkapkan kayu manis yang dikonsumsi 2 gram setiap hari selama 12 minggu berturut-turut kemungkinan dapat mengontrol gula darah dan menurunkan tekanan darah pada pasien diabetes. Namun sayangnya, penelitian-penelitian lain tidak menemukan hasil yang sama.

Menyembuhkan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan
Kayu manis dapat membantu menyembuhkan gejala batuk, pilek, dan sakit tenggorokan, karena sifat anti-bakteri pada kayu manis, serta efek menghangatkan yang dihasilkannya pada tubuh. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda harus segera meminum teh kayu manis sesaat setelah gejala awal pilek dan sensasi gatal di tenggorokan terasa. Dengan begitu, kedua penyakit tersebut, ditambah batuk berdahak, tidak akan berkembang menjadi lebih parah.

Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Jerawat 
Ternyata kayu manis dapat digunakan sebagai resep kecantikan wajah anda yang mampu mengobati jerawat,. Manfaat kayu manis untuk jerawat sangat mudah didapatkan yaitu menyediakan batang kayu secukupnya dan madu secukupnya. Cara membuat manfaat kayu manis untuk wajah jerawat adalah haluskan batang kayu manis hingga menjadi bubuk, campur dengan madu lalu oleskan campuran tersebut ke wajah yang berjerawat pada waktu malam hari. Hingga keesokan harinya wajah dapat dibersihkan.

Meningkatkan imunitas
Air kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu air kayu manis juga memiliki sifat anti jamur, antibakteri, dan antivirus yang menurunkan risiko berbagai penyakit seperti masalah jantung atau penyakit pernapasan. 

Meringankan sakit pada penderita rematik
Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

Mengatasi nyeri haid. 
Karena mampu menyeimbangkan hormon reproduksi, batang kayu manis juga dapat memperlancar siklus haid. Hal ini juga berlaku untuk mempercepat peluruhan darah haid.

Mencukupi kebutuhan nutrisi. 
Kulit batang kayu manis juga mengandung serat, kalsium dan zat besi meskipun dalam jumlah kecil. Meski begitu, kayu manis cukup membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda jika dikonsumsi dalam takaran yang pas.

Khasiat dan Manfaat Kayu Manis Untuk Asam Urat 
Kayu manis sebagai obat asam urat bisa anda lakukan dengan menyiapkan bahan, 1 ibu jari kayu manis,  4 lembar sosor bebek, 5 gram biji pala, 5 butir cengkih, 3 gelas air (600 ml), 15 gram jahe merah, 5 butir kapulaga. Pembuatan obat asam urat sebagai manfaat kayu manis adalah rebus semua bahan hingga menjadi 300 ml. Saring, minum dua kali sehari sebanyak 150 ml masing-masingnya.


EmoticonEmoticon