Tuesday, September 11

Manfaat Pare yang Menakjubkan

Manfaat Pare yang Menakjubkan
Manfaat Pare Bagi Kesehatan - Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan namun permasalahannya, tidak banyak orang yang menyukainya karena rasanya yang pahit.

Pare biasanya diolah dengan ditumis, direbus, dibuat jus atau sebagai pelengkap masakan.  Buah pare gunakan secara luas sebagai sayuran di India dan Asia, sementara bijinya dapat digunakan sebagai bahan pembuat obat.

Karena memiliki riwayat dianggap sebagai penyembuh sejak lama, banyak penelitian dilakukan untuk membuktikan manfaat pare bagi kesehatan. Pare sendiri kaya akan berbagai senyawa kompleks. Aneka vitamin, mencakup A, vitamin B, folat, dan vitamin  C, serat, protein, karbohidrat, fosfor, serta zat-zat lain ada di dalam buah ini.

Beberapa manfaat dari pare adalah mengontrol gula darah dan membantu penyembuhan diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan wasir, mempertajam penglihatan, meringankan asma, menyehatkan kulit dan mengobati beberapa penyakit kulit, mencegah kanker, serta membantu penyembuhan HIV dan herpes.

Manfaat Pare, Dari Turunkan Gula Darah Sampai ASI Booster


Membantu Penyembuhan Diabetes dan Mengontrol Gula Darah
Pare baik diikonsumsi penderita diabetes tipe-2. Polipeptida-p, yang dapat ditemukan pada buah, biji, dan jaringan buah Momordica Charantia (atau pare melon), ternyata mengandung efek hipoglikemik. Efek hipoglikemik adalah kadar gula darah yang rendah. Bagi penderita diabetes tipe.-2 yang mengkonsumsinya menunjukkan kadar gula darah berkurang.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Daging buah dan biji pare memiliki kandungan antivirus yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda yang ingin memiliki tubuh yang senantiasa bugar, tak ada salahnya rutin mengonsumsi pare mulai sekarang.

Membersihkan batu ginjal
Menderita batu ginjal adalah kondisi ginjal yang sangat menyakitkan. Pare dapat membantu membersihkan tubuh dari batu ginjal yang membandel. Hal itu karena pare mengurangi tingginya asam, penghasil batu ginjal dari dalam tubuh. Air infus pare  dapat menjadi teh yang menyehatkan jika diminum secara teratur. Jangan terkejut jika rasanya akan terasa agak pedas, tapi jangan tambahkan pemanis.

Bersifat anti kanker
Salah satu manfaat kesehatan yang paling mengejutkan dari pare adalah bersifat anti kanker. Pare terbukti dapat menggangu produksi glukosa, yakni senyawa yang berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas. Jus pare juga dapat membuat kelaparan sel-sel kanker hati, usus besar, payudara dan kanker prostat. Satu-satunya hambatan mengonsumsi jus pare adalah rasanya yang pahit dan tidak enak bagi kebanyakan orang. Tetapi, kesulitan meminumnya sepadan dengan manfaatnya.

Antibakteri dan antivirus HIV
Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus mungkin bisa diatasi dengan mengonsumsi pare. Ekstrak pare memiliki kemampuan antibakteri, terutama infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti E. coli, Salmonella, Staphylococcus, Pseudomonas, dan Streptobaccilus. Ekstrak pare juga terlihat dapat mematikan virus salah satunya virus HIV. Akan tetapi, manfaat pare hingga saat ini belum dapat digunakan sebagai antibiotik atau antivirus secara klinis, mengingat masih minimnya penelitian yang mendukung data tersebut.

Meningkatkan Produksi ASI
Bunda sedang menjalani fase menyusui? Cobalah secara rutin mengonsumi pare. Sayuran yang di beberapa daerah disebut paria ini ternyata mengandung zat likopen, fitokimia, serta vitamin K yang sangat bagus untuk merangsang produksi air susu ibu.

Konsumsi pare secara teratur dalam bentuk apapun (buah segar, jus, atau serbuk) bisa memberikan berbagai efek tambahan jika dikonsumsi bersama dengan pengobatan konvensional.


EmoticonEmoticon