Tuesday, September 4

Mengatasi & Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Cepat, dan Permanen

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel
Cara Menghilangkan Ketombe Membandel - Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering hingga mengelupas. Ketombe bisa memberikan sensasi rasa gatal sehingga membuatnya makin tersebar. Apalagi ketika kamu harus berada di tempat yang panas, biasanya ketombe ikut-ikutan kumat rasa gatalnya.

Walaupun banyak sekali sampo anti ketombe yang dijual di pasaran, masih banyak yang merasa belum puas dengan hasil yang diberikan oleh sampo anti ketombe karena masih banyak ketombe yang tersisa. Apalagi jika sampo tidak cocok dengan kulit kepala kita, malah akan semakin membuat ketombe menjadi lebih banyak. Maka dari itu penggunaan bahan alami menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda.

Penyebab Munculnya Ketombe


  • Jarang keramas. Jarang keramas atau mencuci rambut tentu akan membuat kulit kepala yang mati dan kering menumpuk dan menyebabkan ketombe.
  • Terlalu sering keramas. terlalu sering keramas atau mencuci rambut akan membuat rambut tidak memiliki waktu untuk memproduksi minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.
  • Kebiasaan mengikat rambut saat masih basah
  • Kulit kering. Hal ini menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa pada kulit tangan dan kaki.
  • Produk shampoo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala. Memilih produk shampoo dan conditioner yang tepat bagi kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.
  • Infeksi jamur malassezia. Jamur malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamur ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga berketombe.


Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami Tanpa Shampo


Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun
Sebelum mencuci rambut, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun di bagian kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Menggunakan minyak zaitun sebelum mencuci rambut juga dipercaya dapat menghilangkan ketombe.

Ketombe Hilang Dengan Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki karakteristik bersifat dingin yang dapat menyegarkan kulit kepala. Haluskan daging lidah buaya secukupnya, kemudian ratakan pada permukaan kulit kepala. Pijat untuk memudahkan lidah buaya sampai pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Jeruk Nipis dan santan
Jika Anda sering mencari cara menghilangkan ketombe secara alami pasti sudah sering mendengar bahwa jeruk nipis ampuh untuk menghilangkannya. Anda bisa menghilangkan ketombe dengan mengoleskan kedua bahan ini di kulit kepala. Lalu diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

Minyak Kemiri
Kamu mungkin lebih mengetahui minyak kemiri digunakan sebagai minyak penyubur rambut. Namun ternyata, minyak dari biji kemiri ini bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut.

Penggunaannya bahkan sangat sederhana dan mudah. Cukup dengan menggunakan minyak kemiri sebelum keramas. Biarkan selama 30 menit sambil update status di media sosialmu, lalu bilas dengan air bersih.

Gunakan Lemon
Asam yang terkandung di dalam lemon dipercaya efektif untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan mengatasi serpihan ketombe. Caranya, campurkan 250 ml air dengan satu sendok teh perasan jeruk lemon.

Setelah itu, oleskan ke bagian kulit kepala dan diamkan selama tidak lebih dari 2 menit. Membiarkan campuran lemon lebih lama di kulit kepalamu dapat merubah warna rambut.

Minyak Kelapa
Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan Vitamin E yang sangat ampuh digunakan sebagai cara mengatasi ketombe dan rambut rontok sekaligus. Gunakan minyak kelapa ini sebagai minyak rambut sambil memijatnya secara lembut. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Daun Sirsak
Di dalam daun sirsak, ada sebuah kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan yang bernama Acetogenin. Kandungan ini merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik atau membunuh racun di dalam tubuh.

Oleh karenanya, ada banyak sekali kegunaan daun sirsak ini bagi kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan, tapi bisa juga digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe secara alami menggunakan daun sirsak ini juga sangat mudah dan cepat. Siapkan beberapa helai daun sirsak dan tumbuk sampai halus lalu tambahkan sedikit air.

Gunakan campuran tersebut sebagai masker pada rambut dan oleskan hingga merata. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Demikian tips dan cara mengatasi ketombe membandel secara alami. Bahan-bahan alami di atas tidak hanya membantu kamu mengatasi ketombe saja, namun juga memberikan perawatan pada rambut dan kulit kepala.


EmoticonEmoticon