Wednesday, September 5

Sayuran Penambah Darah Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Anemia

Sayuran Penambah Darah Bagi Penderita Anemia - ANDA sering merasa lesu, malas, kurang semangat, mudah mengantuk, mungkin Anda mengalami kurang darah atau terkena penyakit anemia. Jika ya, Anda perlu memperbanyak konsumsi sayuran penambah darah. Ini sangat penting supaya Anda bebas dari sakit anemia atau kurang darah. Baca Juga: Anemia - Penyebab, Tanda, Gejala, dan Pencegahan

Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah (eritrosit) atau hemoglobin. Konon, mengonsumsi sayuran dapat membantu mengatasi anemia jenis terntentu. Namun jenis sayuran apa yang bisa membantu?. baca : Bagi Penderita Anemia, Inilah Buah Penambah Darah Dengan Cepat

Sayuran Penambah Darah Terbaik untuk Menyembuhkan Anemia

Berikut ini adalah daftar sayuran penambah darah yang paling cepat dan bisa dikonsumsi sehari-hari.

Bit
Sayuran Penambah Darah Bagi Penderita Anemia
Bit menjadi jenis sayuran yang mengandung zat besi cukup tinggi. Ada sekitar 1.1 mg zat besi yang ditemukan dalam setiap potong kecil bit segar. Zat besi dalam sayuran ini sangat baik untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin sehingga sel darah merah juga akan meningkat. Bit juga sangat baik untuk merangsang fungsi sel darah merah sehingga tubuh Anda mendapatkan kadar oksigen yang penuh. Untuk perawatan maka konsumsi bit bisa dilakukan selama 15 sampai 20 hari berturut-turut, namun untuk penderita diabetes maka harus selalu memeriksa kadar gula darah karena sayuran ini bisa menyebabkan penurunan kadar gula darah yang cepat.

Cara konsumsi: campurkan bit saat membuat jus atau salad dengan beberapa bahan seperti jambu merah, apel, wortel, paprika dan tomat.

Bayam (Sebaiknya Diolah Dulu)
Bayam termasuk sayuran penambah darah yang baik karena kandungan zat besinya tinggi, yaitu 0,91 mg untuk bayam 225 gram. Selain kaya zat besi, bayam juga mengandung kalsium, kalium, fee, serat, vitamin E, protein dan vitamin A.

Caranya mengonsumsinya bebas. Anda bisa memasak lebih dulu atau dikonsumsi dalam keadaan mentah. Tetapi, sebaiknya diolah dulu seperti ditumis atau direbut. Dengan dimasak dulu, tubuh akan mudah menyerapnya.

Tidak hanya bayam biasa. Bayam berduri juga sangat baik Anda konsumsi untuk mengatasi sakit anemia. Bisa dibuat jamu. Caranya, sejumlah daun bayam dilembutkan. Setelah itu, peras dengan diberi air matang. Anda bisa tambahkan kuning terlur dan madu sehingga terasa segar dikonsumsi.

Asparagus
Asparagus memiliki kandungan 2,87 mg zat besi. Tak hanya itu, sayuran ini juga kaya akan vitamin A dan asam folat.

Tomat
Tomat termasuk salah satu sayuran yang mengandung vitamin C tinggi dan juga likopen. Vitamin C dan likopen akan bekerjasama untuk membantu tubuh menyerap zat besi dengan baik. Beta karoten dan vitamin C dalam tomat juga bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat karena fungsinya yang meningkatkan enzim dalam metabolisme. Untuk melawan anemia maka Anda bisa mencoba minum jus tomat setiap hari atau makan tomat segar. Sementara mengkonsumsi tomat yang sudah dimasak juga bisa membuat penyerapan zat besi dalam tubuh menjadi lebih sempurna.

Kembang Kol
Kandungan zat besi dan gizinya cukup besar. Setara dengan sayuran brokoli sehingga sangat baik untuk mengatasi kurang darah atau sakit anemia. Ia akan meregenerasi sel darah merah Anda.

Jamur
Jamur memiliki kandungan zat besi tertinggi, yaitu 8,04 mg per mangkuk.

Kacang Kedelai
Kacang kedelai memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, yakni 4 mg dari 200 gram kacang kedelai.
Selain kaya zat besi yang membuat kacang ini sangat baik untuk penyembuh sakit anemia, kacang kedelai juga kaya mangan, tembaga, serat, protein, asam animo, dan berbagai vitamin lain. Kedelai rebus memiliki kandungan zat besi tinggi.

Kangkung
Sumber zat besi lainnya adalah kangkung. Ia juga kaya dengan vitami A, B dan C, kalsium serta kalium. Yang mengandung zat besi bukan hanya daunnya, tetapi hampir semua bagian dari sayur kangkung mengandung zat besi.

Yang terbesar memang ada pada daunnya yang berwarna hijau gelap. Anda bisa menemukan kangkung dengan mudah di penjual sayur atau swalayan. Sangat baik untuk meningkatkan kadar hb sekaligus mengatasi penyakit anemia Anda. Anda akan kembali sehat dan terbebas dari sakit anemia.

Daun Katuk
Sayuran terakhir yang dapat menambah darah adalah daun katuk. Daun katuk ini memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, daun katuk juga memiliki zat fosfor yang berguna untuk pertumbuhan tulang.

Di indonesia daun katuk biasanya digunakan untuk melancarkan ASI bagi para ibu yang sedang menyusui. Daun katuk ini juga dapat diolah menjadi masakan layaknya bayam dan kangkung. Namun Anda harus berhati-hati karena daun katuk dapat menjadi racun apabila tidak benar dalam pengolahannya.

Nah itulah dia berbagai macam sayuran penambah darah yang kaya akan kandungan zat besi. Kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya adalah 18 mg. Jadi pastikan Anda memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengkonsumsi berbagai sayuran di atas.


EmoticonEmoticon