Friday, September 14

Softdrink Minuman Segar Yang Efeknya Mengerikan

Softdrink Minuman Segar Yang Efeknya Mengerikan
Soft Drink adalah minuman berkarbonasi (minuman bersoda), yang diberi bahan tambahan perasa, pemanis, dan zat lainnya. Softdrink atau minuman ringan bersoda mudah didapat, harga yang cukup terjangkau dan praktis, itu kenapa banyak orang menyukai minuman ini. Berbagai macam warna dan rasa yang diciptakan dan ditawarkan dari minuman bersoda atau softdrink untuk menarik pembeli. Memang minuman ringan bersoda atau softdrink ini rasanya enak dan menyegarkan, apalagi kalau di minum dalam keadaan masih dingin, namun dibalik kesegarannya, resiko besar menunggu lho, ngeri bukan ?

Kandungan Soft Drink :
Carbonated water (air soda)

Sekitar 85 % di dalam air soda, terdapat kandungan gas berupa karbon dioksida (CO2).
Bahan pemanis
Pemanis buatan yang sering dipakai dalam soft drink ialah aspartam. Aspartam dibentuk dari perpaduan asam aspartat dengan fenilalanin dan bersifat 200 kali lebih manis dari gula.
Bahan perasa
Bahan perasa terdiri dari bahan perasa alami dan bahan perasa buatan, misal rasa stroberi, ornge dll .
Asam
Asam berperan dalam menambah kesegaran dan kualitas pada soft drink. Asam yang dipergunakan yaitu asam sitrat dan asam fosfor.
Kafein
Kafein berperan dalam meningkatkan rasa yang terkandung dalam soft drink. Kafein yang terkandung dalam soft drink berjumlah ¼ sampai ⅓ dari jumlah kafein yang terkandung dalam kopi.
Pewarna
Pewarna bersamaan dengan gas CO2 merupakan bagian dari karakteristik
soft drink. Pewarna terdiri dari pewarna alami dan pewarna buatan yang dapat
digunakan.

Untuk menjaga kesehatan sejak sekarang, perlu tau tentang bahaya yang tersembunyi dari kenikmatan sebotol softdrink, diantaranya :
  • Tidak bisa menghilangkan rasa haus. Softdrink tidak bisa menghilangkan rasa haus dikarenakan softdrink bukanlah air yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan tetap tidak memasok air ke dalam tubuh kita terus-menerus maka akan menyebabkan dehidrasi seluler kronis.
  • Menguras kadar air dalam tubuh. Softdrink seperti diuretik yang akan menghisap kadar air  yang ada di dalam tubuh Anda. Pemrosesan gula  dalam softdrink dapat diatasi dengan meminum 8-12 gelas air untuk setipa botol softdrink yang diminum.
  • Softdrink dapat membersihkan karat pada mobil dan benda logam lainnya. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada fungsi pencernaan dan organ tubuh lainnya.
  • Mempengaruhi pencernaan. Kafein dan jumlah gula yang tinggi dapat mengentikan proses pencernaan. Ini berarti metabolism dalam tubuh bisa terhambat.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa lebih baik menghindari meminum minuman bersoda atau soft drink agar organ tubuh kita menjadi lebih sehat dan aman dari gangguan penyakit berbahaya. Pilihlah untuk sellau meminum air bening karena lebih bersahabat dengan tubuh kita.


EmoticonEmoticon