Friday, September 7

Teh Hijau, Minuman Sederhana Tapi Manfaatnya Luarbiasa

Teh hijau atau dalam bahasa gaulnya adalah green tea sebenarnya lama populer terutama di Asia Tenggara seperti Korea, Cina, Jepang dan Hongkong.

Teh hijau telah dikonsumsi di seluruh Asia selama berabad-abad. Selama beberapa dekade terakhir ini, ada banyak penelitian yang menghubungkan teh hijau untuk segudang manfaat kesehatan, seperti menurunkan tekanan dan gula darah, serta mengurangi lemak perut.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan
Apakah kamu termasuk seseorang yang gemar minum teh hijau? Jika, iya beruntung sekali, pasalnya jenis teh ini banyak sekali menyimpan manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Bahkan di Jepang sendiri minum teh sudah menjadi tradisi yang dilakukan hampir setiap hari. Tak hanya dinikmati dengan cara diseduh, teh hijau juga sering kali digunakan sebagai campuran berbagai macam makanan.

Satu studi menemukan bahwa orang yang rutin minum teh hijau dapat menurunkan indeks massa tubuh dan persentase lemaknya hanya dalam 12 minggu.

Kandungan Dalam Teh Hijau

Teh hijau sama seperti dengan jenis teh lainnya, berasal dari tanaman Camellia sinensis yang kemudian diproses khusus agar daun teh tidak teroksidadi. Teh yang di Jepang dikenal dengan sebutan ryokucha dihasilkan dari proses pemanasan agar kandungan di dalam teh hijau tetap terjaga. Teh hijau memiliki berbagai kandungan di dalamnya, yang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan di dalam teh hijau diantaranya tinggi kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini manfaat teh hijau yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.
  • Melawan Radikal Bebas
  • Mencegah Penuaan Dini
  • Memperbaiki Sistem Pencernaan
  • Membantu Pembakaran Lemak
  • Menurunkan Berat Badan / Mengecilkan Perut Buncit
  • Menjadikan Tubuh Lebih Segar
  • Menghentikan Perkembangan Sel Kanker
  • Menurunkan Kadar Koleterol Dalam Tubuh
  • Mencegah Kerusakan DNA
  • Mencegah Karies Gigi
  • Mencegah Radang Gusi
  • Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah
  • Menambah Energi
  • Meningkatkan Daya Ingat
  • Mengurangi Rasa Stress
  • Melancarkan Sekresi
  • Membantu Proses Pembekuan Darah
  • Membantu Pembentukan Tulang
  • Mencegah Osteoporosis
  • Membantu Proses Metabolisme Tubuh
  • Membantu Kerja Syaraf
  • Menjaga Keseimbangan Elektrolit Tubuh
  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
  • Mencegah Masuk Angin
  • Menjaga Kesehatan Kulit
  • Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
  • Menjaga Kesehatan Sendi
  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam (mata panda)
  • Menjaga Kualitas Tidur
  • Mencegah Demensia
  • Membersihkan Wajah Dari Jerawat
  • Menjaga Kesehatan Organ Liver
  • Mencegah Terjadinya Flu
  • Mengatasi Asma
  • Sebagai Obat Herpes
  • Menurunkan risiko diabetes

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Minum Teh Hijau

Teh hijau yang dikenal dengan katekin dan antioksidannya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun, dalam praktiknya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi teh hijau , diantaranya:
  • Mengkonsumsi teh hijau sesuai dengan kebutuhan, yakni sekitar 2 atau 3 cangkir setiap harinya dan jangan berlebihan.
  • Idealnya, minumlah teh hijau 30 menit setelah makan. Bagi yang memiliki gangguan lambung, hindari meminum teh hijau sebelum makan.
  • Usahakan agar tidak meminum teh hijau pada larut malam karena malah dapat menyebabkan gangguan pola tidur.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan di dalam teh hijau secara maksimal, pastikan bahwa kamu menyeduhnya dengan benar serta tidak menambahkan gula ke dalam olahan teh hijau yang akan kamu minum.


EmoticonEmoticon