Error Code 000041 Pada Printer Epson

Printer Epson L3110 Kode Error 000041

Kode Error / Error Code : 000041 Pada Printer Epson L3110 L1110 L3150 - Printer Epson diakui sebagai salah satu merek printer terbaik yang tersedia di seluruh dunia. Printer ini populer karena memberikan layanan pencetakan terbaik untuk penggunaan pribadi dan profesional. Pengguna dapat menggunakan layanan pencetakan Epson untuk mencetak, memindai, mengirim faks, dan menyalin dokumen. Saat Anda bekerja dengan printer, masalah cukup jelas terjadi seperti halnya dengan perangkat teknis lainnya.

Saat menggunakan layanan pencetakan Epson, masalah paling umum yang dialami pengguna adalah kode error printer Epson 000041. Masalah ini dapat terjadi karena masalah dengan driver printer dan kartrid tinta. Dalam posting ini, kami akan membagikan beberapa langkah pemecahan masalah sederhana yang dapat membantu Anda menangani Error code printer Epson 000041 sehingga Anda dapat terus menjalankan operasi pencetakan tanpa kerumitan. Baca semua instruksi yang disebutkan dengan hati-hati dan ikuti langkah demi langkah untuk menangani Kode Kesalahan 00041 di Printer Epson.

Baca Juga : Cara Reset Epson L3110 Service Required Lampu Tinta dan Kertas Berkedip 

Cara Memperbaiki Error Code : 000041 Pada Printer Epson


Cara Mengatasi kode error 000041 yang disebabkan oleh Paper Jam atau kertas macet pada Printer Epson L3110 L1110 L3150 terdapat beberapa cara, tergantung dari penyebab kerusakannya, berikut ini kami sampaikan beberapa kerusakan serta cara memperbaiki printer tersebut :

Jalur / tempat masuknya kertas terhalang sesuatu benda, misalnya steples, paper klip, karet gelang, uang koin, ballpoint, pensil, dan yang lainya. Benda sebesar ukuran 2 mm saja sudah dapat menyebabkan kertas tidak dapat masuk kearea pencetakan sehingga menyebabkan paper jam. Solusinya adalah bersihkan jalur masuknya kertas kalau perlu bongkar dahulu printernya agar area tersebut benar-benar bersih dari kotoran.

Karet ASF Roller penarik kertas sudah tipis atau aus, hal tersebut dikarenakan penggunaan printer yang sudah lama atau bisa juga disebabkan karena pemakaian printer yang memang sudah banyak, misalkan sudah mengeprint sampai 2000 lembar (4 rim). Solusinya adalah : ganti karet ASF roller dengan yang baru.

ASF Roller penarik kertas macet / mengunci, hal ini bisa diakibatkan karena pada bagian tertentu sudah mengalami kerusakan atau mungkin patah bahkan bisa sampai mengunci dari pergerakan dinamo motor penggerak mekanik sehingga menyebabkan general error pada printer epson. Komponen yang sering mengalami kerusakan adalah pada bagian roller bawah terutama pada per bagian dalam, apabila "per" tersebut patah kertas yang masuk juga bisa lebih dari satu. Solusinya : ganti ASF yang baru.

Gigi gear ASF Roller Rontok / patah atau rusak pada beberapa giginya, kerusakan tersebut lebih diakibatkan karena kesalahan pemakian (human error) dan penggunaan printer yang sangat banyak untuk mengeprint. Hal yang sangat fatal yang biasanya sering dilakukan adalah saat terjadi kertas macet ditengah kemudian menarik kertas keatas dengan kuat dan keras sehingga menyebabkan kerusakan pada asf rollernya. Seharusnya ketika terjadi kertas macet adalah menarik kertas kebawah atau kearah depan printer, Apabila memang terpaksa harus menarik kertas dari atas sebaiknya lakukan dengan hati-hati dan juga dengan pelan. Solusinya adalah ganti gigi gear ASF dengan yang baru dan tentunya sesuai serinya, dikarenakan gear epson L3110 L1110 L3150 berbeda dari seri epson lainnya seperti L310 L210 L360 L220 dll.

Baca juga : Printer Epson L3110 Error Bunyi Keras /  Berisik

PF Paper Feed / Dinamo Motor penggulung kertas rusak
Sensor kertas rusak pada bagian mainboard
Motherboard Epson rusak, biasanya kasus paper jam yang diakibatkan oleh mainboard yang rusak akan cukup sulit dilakukan perbaikan/servis. Solusi terahir adalah ganti mainboard baru.

Demikian postingan kali ini Cara Mengatasi Error Code 000041 atau Paper Jam Printer Epson L3110 L1110 L3150 yang bisa kami sampaikan, kasus tersebut diatas adalah merupakan kerusakan yang paling umum terjadi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Error Code 000041 Pada Printer Epson"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel