Error Code 6800 E29 Pada Printer Canon dan Solusinya

Error Code 6800 E29 Pada Printer Canon
Error Code 6800/E29 pada printer canon - Printer canon merupakan merek printer yang sudah sangat familiar terutama di indonesia karena harganya yang terjangkau dengan kualitas cetak yang tidak mengecewakan, pengguna printer ini mulai dari rumahan hingga perkantoran. Namun printer ini juga dibatasi dalam hal jumlah kemampuan cetaknya dengan IC counter yang bertugas untuk menyimpan semua kegiatan pengeprinan atau pembersihan (cleaning) sehingga apabila sudah mencapai batas maksimal yang ditentukan maka printer akan berhenti dan tidak dapat digunakan yang ditandai dengan blinking lampu berkedip bergantian error code 5b00 atau P07/E08 waste ink full dan harus direset dengan software resetter service tool.

Untuk melakukan reset printer canon ada dua cara yaitu dengan reset manual dan reset software. Reset manual caranya memencet kombinasi tombol yang ada pada panel printer dengan jumlah tertentu sedangkan reset software menggunakan bantuan resetter atau service tool. Ada banyak versi yang dapat digunakan untuk mereset printer seperti ST3400, V4720, ST4905, service tool v5103 atau yang lainnya.

Kesalahan dalam mereset printer baik reset manual atau reset software maka akan menyebabkan kerusakan lainnya yaitu Error Code 6800 atau error E29 "A problem occurred in reading from or writing to the EEPROM"

Penyebab Printer Canon Error Code 6800 atau Error E29

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan printer mengalami permasalahan tersebut
  • Printer tiba-tiba mati saat sedang proses pencetakan
  • Salah pada saat masuk Safe Mode / reset manual
  • Gagal pada saat melakukan reset printer dengan software (service tool)
  • Penggantian IC Eeprom / IC Counter yang tidak sesuai

Cara Memperbaiki Error Code 6800 E29 Printer Canon


Untuk memperbaikinya permasalahan ini diperlukan penggantian IC Eeprom atau IC Counter yang baru dan sudah di isi dengan program. Penggantian ic ini diperlukan pengetahuan serta kemampuan menyolder, sebab kalau tidak malah akan menyebabkan kerusakan pada motherboard atau komponen lainnya. Untuk lebih mudahnya ganti satu unit motherboard printer.

Demikian Cara Memperbaiki Error 6800 E29 Printer Canon semoga bermanfaat. Cara diatas dapat digunakan untuk memperbaiki seri MP misal MP237, MP258, MP287 dll, seri MG misal MG2570 MG2470, Seri IP2770 dll. 

0 Response to "Error Code 6800 E29 Pada Printer Canon dan Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel