Printer Epson Dinyalakan Sebentar Kemudian Mati Lagi

Printer Epson Dinyalakan Sebentar Kemudian Mati Lagi


Printer Epson Nyala Sebentar Saat Dihidupkan - Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang printer epson L seris diantaranya seri L110 L210 L300 L310 dan lainnya yang ketika dinyalakan hanya kedip-kedip sebentar pada indikatornya kemudian printer mati lagi ataupun terkadang apabila sudah bisa hidup/menyala pada saat dimatikan sudah tidak bisa menyala lagi dan harus dicabut kabel powernya yang terhubung dengan stop kontak listrik, kemudian dibiarkan beberapa saat lalu pasang kembali, baru printernya mau menyala.

Ada beberapa sebab yang mengakibatkan terjadinya Printer Epson nyala Sebentar Kemudian Mati Lagi

Power Supply / Adaptor Printer Lemah

Apabila adaptor ini sudah lemah maka pada saat printer dinyalakan maka akan hidup sebentar kemudian mati lagi karena power atau listrik yang disuply ke motherboard printer tidak mencukupi sehingga printer hanya menyala sebentar. Kerusakan pada adaptor printer ini biasanya disebabkan karena ada komponen terutama elco yang sudah kering atau menggembung.

Untuk memastikan apakah yang menjadi penyebab hal tersebut adalah power supply-nya, silahkan ganti dengan yang baru atau pinjam dari printer lain yang memang masih normal.

Print Head Rusak / Konslet

Untuk memastikan dan mengecek apakah headprint benar-benar konslet atau tidak, maka perlu membuka casingnya terlebih dahulu, bagi yang belum terbiasa membongkar casing printer dapat melihat panduannya pada postingan ini. Setelah itu cabut kabel data atau flexible penghubung dari Print head ke motherboard kemudian hidupkan printernya.

Apabila printer mau menyala walaupun terjadi blinking atau lampu indikator berkedip-kedip serta peringatan general error dikarenakan kabel printheadnya dicabut, itu berarti head nya mengalami masalah, biasanya terjadi konslet karena terkena percikan dari tinta ataupun karena terjadi korosi pada soket kabel flexible nya. Kerusakan pada headprint/printhead terkadang bisa terlihat secara fisik misalkan gosong, namun terkadang juga tidak terlihat. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan cara mengganti Print Head yang rusak.

Motherboard Printer Rusak

Apabila Setelah melakukan pemeriksaan kedua komponen diatas ternyata masih bagus kemungkinan berikutnya yang menjadi penyebab adalah mainboard-nya. Kerusakan pada board printer ini juga menyebabkan printer susah untuk dinyalakan.

Kerusakan pada board printer juga dapat diakibatkan oleh konslet-nya print head, namun biasanya hal ini akan menyebabkan printer epson mati total. Cara Memperbaiki Printer Epson T13, L100 dan L200 Mati Total 

Demikian postingan kali ini tentang Printer Epson Dinyalakan Sebentar hanya beberapa detik Kemudian Mati Lagi atau susah untuk dinyalakan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Printer Epson Dinyalakan Sebentar Kemudian Mati Lagi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel